Masjid Di Daerah Aceh Yang Sangat Terkenal Bernama Masjid?

0 Comments

Masjid Di Daerah Aceh Yang Sangat Terkenal Bernama Masjid
Banda Aceh – Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh salah satu destinasi wisata religi favorit wisatawan di Kota Banda Aceh. Masjid bersejarah ini bukan hanya ikon Serambi Mekkah, tapi juga simbol perjuangan dan penyebaran Islam di Indonesia hingga semenjung Asia Tenggara.

Apa yang kamu ketahui tentang masjid Agung di Aceh?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Koordinat : 5°33′13″N 95°19′1.9″E  /  5.55361°N 95.317194°E

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman
Informasi umum
Letak Banda Aceh, Aceh, Indonesia
Afiliasi agama Islam
Deskripsi arsitektur
Arsitek Gerrit Bruins
Jenis arsitektur Masjid
Gaya arsitektur Kebangkitan Mughal
Peletakan batu pertama 1879
Rampung 1881
Spesifikasi
Kapasitas 30.000
Luas bangunan 1.500 m 2 (16.000 sq ft)
Kubah 7
Menara 8

Masjid Raya Baiturrahman ( Pegon :مسجد راي بايتوررحمن) adalah sebuah Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia. Masjid Raya Baiturrahman adalah simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh. Masjid ini adalah landmark Banda Aceh sejak era Kesultanan Aceh dan selamat dari bencana gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

Masjid Baiturrahman Aceh peninggalan kerajaan apa?

Sementara, sumber yang lain menyebutkan masjid ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada 1612 M. Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Aceh yang sampai saat ini masih sangat terjaga meski telah melewati berbagai ‘cobaan’.

You might be interested:  Raja Yang Dapat Mencapai Puncak Kejayaan Di Kerajaan Aceh Adalah?

Apa nama masjid yang paling megah di Banda Aceh?

Lukisan Masjid Raya Kesultanan Aceh yang asli, Masjid ini merupakan yang paling megah pada abad ke-18 di Banda Aceh Kerajaan Belanda membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman pada saat Sultan Muhammad Daud Syah Johan Berdaulat masih bertahta sebagai Sultan Aceh yang terakhir

Apakah ada masjid di Bireuen?

Masjid Agung Sultan Jeumpa, Bireuen Masjid Agung Sultan Jeumpa, yang terletak di pusat kota Kabupaten Bireuen, Aceh, menjadi tujuan banyak wisatawan saat bulan Ramadhan datang.

Apa itu masjid kerajaan?

Masjid Kerajaan yang asli menampilkan atap jerami berlapis-lapis yang merupakan fitur khas arsitektur Aceh. Ketika Kolonial Hindia Belanda menyerang Kesultanan Aceh pada 10 April 1873, masyarakat Aceh menggunakan Masjid Raya yang asli sebagai benteng pertempuran, dan menyerang pasukan Royal Belanda dari dalam masjid.

Apa yang terjadi pada Masjid Raya?

Ketika Kolonial Hindia Belanda menyerang Kesultanan Aceh pada 10 April 1873, masyarakat Aceh menggunakan Masjid Raya yang asli sebagai benteng pertempuran, dan menyerang pasukan Royal Belanda dari dalam masjid. Pasukan Royal Belanda pun membalas dengan menembakkan suar ke atap jerami masjid, yang menyebabkan masjid terbakar.