Masjid Di Aceh Yang Tidak Kena Tsunami?

0 Comments

Masjid Di Aceh Yang Tidak Kena Tsunami
Aceh, CNN Indonesia – Mengenal Masjid Jami’ Baiturrahim, Ulee Lheue, Banda Aceh tidak terlepas dari bencana tsunami yang melanda Aceh 2004 silam. Masjid ini tetap berdiri kokoh di antara puing bangunan sekitar yang telah hancur dihempas ombak. Padahal rumah ibadah yang dikenal warga sekitar dengan sebutan Masjid Ulee Lheue ini tidak begitu jauh dengan bibir pantai yang terletak di Kecamatan Meuraxa.

Masjid ini hanya mengalami kerusakan sekitar 20 persen pada bagian samping dan belakang saat itu. Memang masjid ini bukan satu-satunya di Aceh yang masih berdiri tegak saat diterjang tsunami, karena keistimewaan Masjid Baiturrahim ini juga terletak dari nilai historisnya, karena didirikan sekitar abad ke 17 masa Kesultanan Aceh.

Seorang pengurus Masjid Baiturrahim, Nurmazli menceritakan, saat tsunami masjid ini menjadi tempat berlindung warga sekitar. Mereka menyesaki lantai satu dan dua masjid ketika gulungan ombak menghempas. Mereka satu persatu bahkan diseret arus ke luar dan hilang ditelan pekatnya air bah. Foto: cnnindonesia/danirandi Masjid Jami’ Baiturrahim Ulee Lheue Banda Aceh. CNN Indonesia/Dani Randi Setiap gelombang selalu pecah saat menimpa masjid, kemudian bergulung-gulung melumat bangunan-bangunan yang ada di sekelilingnya. Tinggi gelombang mencapai atap masjid atau lebih dari 10 meter.

Namun dia heran, kondisi air di dalam masjid saat itu begitu tenang dan orang bisa berenang dari tiang ke tiang masjid. “Kalau di luar masjid kondisi air bergulung, sangat ganas,” ucapnya. Versi Nurmazli, ketika gelombang surut, masjid bersih dari jenazah manusia. Dia mengenang, Al-Qur’an berserakan di lantai dalam kondisi terbuka dan utuh di dalam masjid, tak ada yang dibawa arus.

BUKTI KUASA ALLAH!! 4 KEAJAIBAN SAAT TSUNAMI ACEH TAHUN 2004

Bangunan masjid juga tidak mengalami kerusakan yang parah atau runtuh. Sementara bangunan di sekelilingnya rata dengan tanah. Pascatsunami, masjid ini jadi menarik perhatian banyak orang dari berbagai belahan dunia. Sebagai salah satu rumah ibadah yang selamat dari bencana, keberadaan masjid ini menjadi daya tarik wisata bernuansa religi.

  • Bahkan masjid ini rutin dikunjungi wisatawan dari Negeri Jiran Malaysia.
  • Mereka rata-rata ingin melihat secara langsung Masjid Baiturrahim.
  • Sebelum Covid itu paling banyak dari Malaysia, hampir tiap pekan ada yang ke sini,” kata Nurmazli.
  • Selama ini tidak ada perubahan yang berarti dari struktur bangunan dalam masjid pascatsunami.
You might be interested:  Mengapa Pertempuran Di Aceh Dirasa Sulit Oleh Belanda Jelaskan?

Hanya saja, beberapa bangunan pendukung dibangun di area pekarangan masjid.

Berapa km jarak tsunami Aceh?

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki ( Edit ) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template } ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke [email protected]

Terimakasih. Pada 26 Desember 2004 terjadi gempa sekitar 150 km di lepas pantai kota Calang, Nanggroe Aceh Darussalam (Aceh). Gempa tektonik ini merupakan gempa terbesar kedua di dunia sepanjang sejarah. Empat puluh lima menit setelah gempa terjadi, gelombang tsunami datang menghancurkan kota Banda Aceh dan beberapa kota lain.

Hanya dalam hitungan menit, tsunami setinggi di atas pucuk pohon kelapa (10-15 meter) mencapai bibir pantainya sehingga meratakan wilayah sepanjang 800 km, sejauh 5 km ke daratan, mulai dari Langsa hingga Singkil. Gempa besar lain menyusul terjadi pada 28 Maret 2005, menambah jumlah korban di Nias, sebuah pulau di barat Sumatera Utara dan pulau Simeulue, di sebelah selatan Aceh.

  • Bencana alam ini menimbulkan dampak yang sangat besar bagi kehidupan orang-orang di Aceh dan Nias.
  • Dipicu dua lempeng bumi, paparan Indo-Australia dan paparan Eurasia yang berhimpit di sepanjang lebih dari 1500 km, telah berdiam selama 1000-an tahun tiba-tiba melesak.
  • Pergeseran dua lempeng bumi tersebut sekira 6-7 cm setiap tahun, menyimpan enerji pelepasan yang besar.

Pertemuan lempeng terbentang dari ujung utara di Myanmar hingga Samudera Hindia di selatan pulau Sumatera tersebut setelah menahan desakan terus menerus akhirnya melepaskan enerjinya. Lempeng Indo-Australia melepakan enerji dari dasar laut hingga membuat riak raksasa di atasnya yang kemudian menjelma menjadi Tsunami Samudera Hindia. Indonesia dihimpit tiga lempeng bumi Dahsyatnya Tsunami Samudera Hindia itu dapat digambarkan dari direnggutnya 132,000 korban jiwa tewas dan 37,000 korban hilang. Perlu dibangunnya kembali 139,000 rumah, 2,224 sekolah, 693 puskesmas, 3,000 km jalan, 17 unit dari 14 unit pelabuhan laut yang rusak, dan infrastruktur lainnya.

  1. Diperkirakan diperlukan anggaran sebesar lebih dari Rp 70 trilyun untuk membangunnya kembali menjadi lebih baik (build back better).
  2. Sebagai gambaran, gempa yang terjadi di Aceh pada bulan Desember menyebabkan kepulauan Simeulue, pulau dengan luas sekitar 2,000 km persegi dengan jumlah populasi sebesar 78,000 jiwa, tenggelam sekitar satu meter.
You might be interested:  Apa Dalam Bahasa Aceh Disebut Juga?

Memperhatikan besarnya bencana pada Desember 2004, Pemerintah Indonesia segera menetapkan dan mengumumkan bahwa bencana tsunami di Aceh merupakan bencana nasional.

Dimana terjadinya tsunami di Indonesia?

Bencana Tsunami yang Menimbulkan Korban Jiwa Terbesar di Indonesia

A Font Kecil A Font Sedang A Font Besar

Sepanjang sejarah, sejumlah benana tsunami terbesar pernah melanda Indonesia. Akibat bencana alam tersebut, ratusan hingga ribuan orang menjadi korban meninggal dunia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, bencana tsunami terbesar di Indonesia terjadi di Aceh pada tahun 2004 silam.

  • Jumlah korban meninggal dunia dari peristiwa alam tsunami Aceh itu disebut mencapai 227.898 jiwa.
  • Gelombang tsunami menyapu pesisir Aceh pasca gempa dangkal berkekuatan 9 Skala Richter (SR).
  • Daerah yang terdampak atas peristiwa itu tak hanya di Aceh, tetapi juga di negara-negara sekitar Samudera Hindia turut mengalami bencana ini.

Tsunami terbesar kedua terjadi pada tahun 1883. Kejadian bencana itu menyapu pantai-pantai Lampung dan Banten bahkan sampai ke Jakarta. Letusan besar aktifitas vulkanik gunung Krakatau menjadi pemicu tsunami tersebut yang menelan korban meninggal dunia sebanyak 36.000 jiwa.

Emudian, Pulau Flores mengalami tsunami pada tahun 1992 akibat gempa berkekuatan 7,8 SR dan menelan korban 2.500 jiwa meninggal. Selanjutnya, Pulau Banda mengalami bencana tsunami besar sebanyak dua kali, yaitu pada 1899 dengan korban meninggal dunia mencapai 2.460 jiwa dan pada tahun 1674 dengan 2.243 korban jiwa meninggal dunia.

Berikut deretan tsunami terbesar dengan korban meninggal dunia terbanyak di Indonesia: 1. Tsunami Aceh (2004): 227,898 korban meninggal 2. Tsunami Pantai Lampung (1883): 36,000 korban meninggal 3. Tsunami Pulau Flores (1992): 2,500 korban meninggal 4. Tsunami Pulau Banda (1899): 2,460 korban meninggal 5.

  • Tsunami Pulau Banda (1674): 2,243 korban meninggal 6.
  • Tsunami Palu (2018): 2,037 korban meninggal 7.
  • Tsunami Pulau Bali (1815): 1,200 korban meninggal 8.
  • Tsunami Pangandaran (2006): 664 korban meninggal 9.
  • Tsunami Kepulauan Mentawai (2010): 456 korban meninggal 10.
  • Tsunami Banyuwangi (1994): 250 korban meninggal Bencana Tsunami di Indonesia mewarnai pemberitaan kemarin 14 Desember 2021.
You might be interested:  Bahasa Yang Digunakan Suku Aceh Tamiang?

BMKG menyebut, tsunami setinggi 7 centimeter menerjang dua wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tsunami itu terjadi pasca-gempa bumi dengan magnitudo 7,4 yang mengguncang Larantuka, NTT. (Baca: Banjir Dominasi Bencana Alam Indonesia pada 2021 )