Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal?

0 Comments

Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal
32. Dendeng Aceh – Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal Sumber Gambar: Pesona Nusantara Berbeda dengan dendeng pada umumnya yang terbuat dari daging sapi, makanan khas Aceh satu ini terbuat dari daging rusa yang diolah hingga kering. Dengan rasa gurih yang menggoda, panganan asal Aceh ini tak hanya digemari masyarakat Aceh tapi juga menjadi komoditi oleh-oleh khas Aceh yang cukup populer.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sentul, Sedang Hits dan Terbaru 2021 Kaya sekali bukan kuliner tradisional khas Aceh? Berbagai jenis dan cita rasa yang bervariasi membuat bertualang mencicipi makanan khas Aceh nggak akan ada habisnya! Berencana singgah ke Kota Serambi Mekkah ini? Yuk, persiapkan dulu kebutuhan traveling kamu lewat Tokopedia.

Mulai dari pesan tiket pesawat hingga beli tas traveling baru bisa dilakukan di aplikasi Tokopedia. Makanan Khas Aceh Yang Paling Terkenal Dapatkan tiket pesawat ke seluruh destinasi dengan harga terbaik hanya di Tokopedia.

Apakah Memek makanan khas Aceh?

Simeulue – Wisatawan yang berlibur ke Pulau Simeulue, Aceh wajib mencoba makanan khas satu ini. Namanya memek. Bentuknya mirip bubur. Namun bahan dasar pembuatan makanan dengan nama unik ini adalah dengan pisang, beras ketan dan santan. Dalam bahasa Aceh, memek berasal dari kata mamemek yang artinya mengunyah beras. Memek, salah satu makanan khas Aceh. (Foto: Agus Setyadi) Ketika dimakan, rasa pisang dan beras gongseng lebih terasa. Butiran beras ketan yang agak kasar bertemu lembutnya pisang, membawa sensasi tersendiri saat mencicipi makanan satu ini. Wangi beras yang digongseng pelan-pelan membawa sensasi ketenangan atau semacam aroma terapi yang memanjakan hidung.

Perpaduan sensasi rasa itu makin segar dengan tambahan sedikit es. Perpaduan kasar-lembut beras dan pisang itu, makin gurih dengan campuran santan. Di sana ada manis santan, manis pisang ditambah wangi ketan. Ada juga sensasi asin dari sedikit garam yang dibubuhkan saat pembuatan memek. “Ini makanan khas Simeulue, warisan lelulur,” kata seorang warga Simeulue, Almawati baru-baru ini.

You might be interested:  Banda Aceh Ke Sabang Berapa Jam?

Almawati menjelaskan, bahan yang harus disiapkan untuk membuat memek antara lain beras ketan, pisang, santan, garam serta gula. Pisang ditumbuk kasar, dan beras digongseng. Memek, salah satu makanan khas Aceh. (Foto: Agus Setyadi) Setelah itu, semua bahan tadi dicampur menjadi satu. Dan memek siap untuk disantap. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar satu jam. Menurut Almawati, masyarakat Simeulue sejak zaman dulu membuat memek untuk disantap bersama keluarga.

Wisatawan yang datang ke sana, dapat meminta warga membuat kuliner tersebut. Soalnya, kuliner itu mulai jarang dijumpai di hari-hari biasa. Alasannya, karena terbuat dengan campuran santan, makanan ini tidak tahan lama. Saat ini memek hanya dibikin pada hari-hari besar atau bulan tertentu saja, seperti Ramadan,

10 Makanan Khas Aceh

Selama bulan puasa, hampir setiap rumah di daerah penghasil lobster itu membuat memek sebagai salah satu sajian berbuka. Simak Video ” TRANS7 Bagikan Santunan untuk 150 Dhuafa dan Anak Yatim ” (agse/dpw)

Aceh suku bangsa apa?

Provinsi Aceh terdiri dari 23 Kabupaten, 13 suku dan memiliki 11 bahasa daerah. BPCB Aceh : Aceh adalah sebuah Provinsi yang terletak pada bagian Barat paling ujung Pulau Sumatera di wilayah Indonesia, banyak meyimpan ragam kekayaan budaya, suku, adat dan ragam bahasa.

Bahasa Aceh

Bahasa Aceh adalah bahasa yang digunakan masyarakat aceh sehari-hari yang memiliki penutur paling banyak dibandingkan dengan bahasa daerah Aceh lainnya. Masyarakat suku Aceh yang menggunakan Bahasa Aceh pada umumnya dimengerti oleh suku lainnya di Aceh karena bahasa Aceh sebagai lambang kebanggaan masyarakat Aceh.

Bahasa Jamee ( Aneuk Jamee)

Bahasa Jamee atau bahasa Aneuk Jamee atau orang Aceh menyebut dengan bahasa Baiko adalah Bahasa yang umumnya dan mayoritas digunakan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan sebagian kecil masyarakat Aceh Barat, Simeulue dan Singkil.

You might be interested:  Apa Arti Papma Dalam Bahasa Aceh?

Bahasa Singkil

Kabupaten Aceh Singkil adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 1999 dan sebagian wilayahnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Terdiri dari dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan Bahasa yang digunakan masyarakat di kabupaten Singkil ada beberapa bahasa yaitu bahasa Pakpak aslinya adalah bahasa dari propinsi Sumatera Utara, hanya saja karena Singkil termasuk salah satu kabupaten yang berbatasan dengan propinsi Sumatera Utara, terjadilah asimilasi antara kedua daerah ini.