Kerajaan Islam Yang Terletak Di Daerah Pantai Timur Aceh Adalah?

0 Comments

Kerajaan Islam Yang Terletak Di Daerah Pantai Timur Aceh Adalah
Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh, dan merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Meurah Silu pada tahun 1267 M. Bukti-bukti arkeologis keberadaan kerajaan ini adalah ditemukannya makam raja-raja Pasai di kampung Geudong, Aceh Utara.

Kerajaan Aceh terletak di mana?

Wilayah kekuasaan Kerajaan Aceh meliputi Provinsi Aceh, Pesisir Sumatera Utara, dan Semenanjung Melayu. Kerajaan Aceh mencapai puncak kejayaan di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda (1607-1636).

Kerajaan Perlak didirikan oleh raja siapa?

Perkembangan dan pergolakan – Sultan pertama Perlak adalah Sultan Alaiddin Syed Maulana Abdul Aziz Shah, yang beraliran syi’ah dan merupakan keturunan Arab dengan perempuan setempat, yang mendirikan Kesultanan Perlak pada 1 Muharram 225 H ( 840 M). Ia mengubah nama ibu kota kerajaan dari Bandar Perlak menjadi Bandar Khalifah.

Sultan ini bersama istrinya, Putri Meurah Mahdum Khudawi, kemudian dimakamkan di Paya Meuligo, Peureulak, Aceh Timur, Pada masa pemerintahan sultan ketiga, Sultan Alaiddin Syed Maulana Abbas Shah, islam mulai luas dikenal ke Perlak. Setelah wafatnya sultan pada tahun 363 H ( 913 M), terjadi perang saudara antara kaum muslimin korban adu domba sehingga selama dua tahun berikutnya tak ada sultan.

Sultan Ali Mughat Shah memenangkan perang dan pada tahun 302 H ( 915 M), Sultan Alaiddin Syed Maulana Ali Mughat Shah naik tahta. Pada akhir pemerintahannya terjadi lagi pergolakan antara kaum muslimin sebab adu domba yang kali ini dimenangkan oleh Sultan Abdul Malik Shah Johan Berdaulat, sehingga sultan-sultan berikutnya diambil dari golongan Johan Berdaulat.

  • Perlak Pesisir dipimpin oleh Sultan Alaiddin Syed Maulana Shah ( 986 – 988 )
  • Perlak Pedalaman dipimpin oleh Sultan Makhdum Alaiddin Malik Ibrahim Shah Johan Berdaulat (986 – 1023 )
You might be interested:  Siapakah Tokoh Belanda Yang Dapat Menundukkan Perlawanan Aceh?

Sultan Alaiddin Syed Maulana Shah meninggal sewaktu Kedatuan Sriwijaya menyerang Perlak dan seluruh Perlak kembali bersatu di bawah pimpinan Sultan Makhdum Alaiddin Malik Ibrahim Shah Johan Berdaulat yang melanjutkan perjuangan melawan Sriwijaya hingga tahun 1006,

Dimanakah letak kerajaan Islam pertama di Indonesia?

Jakarta – Pasti kita sering mendengar bahwa kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Samudra Pasai. Padahal, kerajaan pertama dan tertua di Indonesia adalah Kerajaan Perlak yang didirikan pada tahun 840 M. Berlokasi di Aceh bagian Timur, Kerajaan Perlak berdiri cukup lama yaitu hingga tahun 1292.

Bagaimana akhir dari Kerajaan Perlak?

Kemunduran Kerajaan Perlak – Ketika masih berkuasa, Sultan Makhdum Alaiddin Malik Muhammad Amin II mengawinkan putrinya, Putri Ganggang Sari dengan raja Kerajaan Samudera Pasai, Malik Al-Saleh. Kesultanan Perlak berakhir setelah rajanya yang ke-18, Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Johan Berdaulat wafat pada 1292 M.

Amarseto, Binuko. (2017). Ensiklopedia Kerajaan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa bukti Kerajaan Perlak?

Jawaban ini terverifikasi. bukti peninggalan sejarah berupa mata uang Perlak, stempel kerajaan dan makam Raja Benoa.