Kemajuan Yang Berhasil Dicapai Oleh Kerajaan Aceh Pada Masa Pemerintahan?

0 Comments

Kemajuan Yang Berhasil Dicapai Oleh Kerajaan Aceh Pada Masa Pemerintahan
Kesultanan Aceh mencapai puncak kejayaannya pada permulaan abad ke-17, pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

Apa keberhasilan Sultan Iskandar Muda dalam memimpin kerajaannya?

Sultan Iskandar Muda telah berhasil menyatukan seluruh wilayah semenanjung tanah Melayu di bawah panji kebesaran Kerajaan Aceh Darussalam.

Bagaimana tata pemerintahan Kerajaan Aceh?

Struktur Kerajaan Aceh – Pada masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda, Aceh membentuk sistem politik yang sangat rapi dan sistematis. Salah satunya yaitu terkait pembentukan struktur kekuasaan yang dipegang oleh kerajaan. Berikut adalah rincian penjelasannya:

  1. Kekuasaan Aceh berbentuk kerajaan yang dipimpin oleh seorang sultan. Pengangkatan sultan tersebut dilakukan secara turun temurun warisan dari sultan sebelumnya. Namun, dalam kondisi tertentu, boleh diangkat seorang sultan bukan turunan kerajaan dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan.
  2. Nama kerajaan adalah Kerajaan Aceh Darussalam yang memiliki ibukota di Banda Aceh. Adapun struktur pemerintahan terdiri atas, pemerintah pusat (kerajaan), pemerintah daerahh (keulelbalangan), dan pemerintah desa (kampung). Selain itu, juga terdapat daerah federasi yang disebut dengan Sangoe.
  3. Adapun kepala negara memiliki gelar Sultan Imam Adil sebagai orang pertama dalam kerajaan. Dalam menjalankan pemerintahannya, sultan dibantu oleh seorang sekertaris negara yang memiliki gelar Rama Seutia Keureukon Katibul Muluk.

Bagaimanakah kejayaan Kerajaan Aceh?

Kerajaan Aceh mencapai puncak kejayaan di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Perkembangan pesat yang dialami Kerajaan Aceh tidak lepas dari letaknya yang strategis, yakni berada dekat jalur pelayaran perdagangan internasional pada masa itu.

You might be interested:  Alamat Kodam Iskandar Muda Banda Aceh?

Pada masa pemerintahan siapa Kerajaan Aceh mengalami kemunduran?

Kerajaan Aceh merupakan salah satu kerajaan maritim terbesar di Nusantara. Kerajaan ini berhasil mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Kemudian, posisinya digantikan oleh Sultan Iskandar Thani. Sultan Iskandar Thani hanya menjabat selama empat tahun.

Pada masa pemerintahannya, Kerajaan Aceh tidak melakukan perluasan wilayah dan lebih mementingkan kondisi dalam negerinya. Setelah ia wafat, Kerajaan Aceh mengalami kemunduran. Hal ini ditandai dengan melemahnya militer Kerajaan Aceh yang diikuti dengan pelepasan daerah kekuasaannya. Adapun daerah-daerah yang melepaskan diri dari Kerajaan Aceh di antaranya adalah Kerajaan Johor dan Penang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.