Kapan Islam Masuk Ke Aceh?

0 Comments

Kapan Islam Masuk Ke Aceh
Jakarta – Islam merupakan agama yang banyak dianut oleh masyarakat di Indonesia. Dari berbagai wilayah di Indonesia, mayoritas masyarakatnya adalah muslim atau pemeluk agama Islam. Mengutip buku Sejarah Indonesia Masuknya Islam Hingga Kolonialisme karya Ahmad Fakhri Hutauruk (2020), masuknya Islam ke Indonesia sedikit berbeda dengan negara lainnya.

Hal ini karena datangnya Islam ke Indonesia dibawa dengan damai melalui pedagang atau mubaligh. Sedangkan di negara-negara lainnya seperti Iran, Irak, Mesir dan Afrika Islam masuk karena penaklukkan. Masuknya Islam ke Indonesia sendiri diketahui terjadi secara berangsur-angsur sejak abad ke-7 Masehi hingga abad ke-13 Masehi.

Belum ada teori pasti yang menyebutkan kapan masuknya Islam ke Indonesia, namun ada 3 teori yang menjelaskan masuknya Islam ke Nusantara yakni Teori Gujarat, Teori Makkah, dan Teori Persia. Bicara tentang hadirnya Islam di Indonesia disebut-sebut bermula di Provinsi paling ujung Pulau Sumatera yaitu Aceh.

Dosen Ilmu Sastra Universitas Sumatera Utara (USU) Supriyatno melalui laman resmi Pemerintah Provinsi Aceh yang dikutip Selasa (21/6/2022) menyebutkan Aceh merupakan wilayah Indonesia pertama yang memeluk agama Islam. Berdasarkan penuturannya, pada abad ke-7 Masehi wilayah di Aceh yang pertama kali menerima kedatangan Islam yakni Pasai, Aceh Utara, dan Peurelak.

“Proses awal kedatangan Islam di Sumatera terlebih Indonesia bisa dilihat dengan rujukan sejumlah data, khususnya data prasasti Islam yakni batu nisan Aceh,” terang Suprayitno. Rujukan sumber lama yang dimaksud tersebut di antaranya yakni, dua buah naskah lokal yang berjudul Idhahul Hak Fi Mamlakatil Peureulak karya Abu Ishaq Al Makarany dan Tawarich raja-raja kerajaan dari Aceh.

  • Sementara itu, sumber batu nisan yang ditemukan di Aceh berupa prasasti Islam dan makam berjumlah kurang lebih 300 prasasti.
  • Umpulan prasasti tersebut mengandung isi yang mengungkap secara singkat tokoh yang pernah menjadi pelaku ataupun saksi dalam peristiwa tersebut.
  • Hingga berabad-abad penyebaran agama Islam di Indonesia terus berlanjut.

Dikutip dari buku Jejak Masuknya Islam di Indonesia karya Hanatul Ula Maulidya menuliskan pada abad ke-15 Masehi pedagang arab dan negara-negara lain mendarat di Jawa dan mulai terjadi penyebaran Islam melalui perdagangan sambil berdakwah. Penyebaran Islam di Jawa yang awalnya terbatas di mulai menyebar ke seluruh tanah Jawa melalui proses pernikahan dengan perempuan-perempuan Jawa serta menduduki posisi sosial dalam hubungan masyarakat.

Pada tahun berapakah Islam masuk ke Aceh?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Islam di Aceh merupakan agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Aceh. Banyak ahli sejarah baik dalam maupun luar negeri yang berpendapat bahwa agama Islam pertama sekali masuk ke Indonesia melalui Aceh,

Keterangan Marco Polo yang singgah di Perlak pada tahun 1292 menyatakan bahwa negeri itu sudah menganut agama Islam. Begitu juga Samudera-Pasai, berdasarkan makam yang diketemukan di bekas kerajaan tersebut dan berita sumber-sumber yang ada seperti yang sudah kita uraikan bahwa kerajaan ini sudah menjadi kerajaan Islam sekitar 1270.

Tentang sejarah perkembangan Islam di daerah Aceh pada zaman-zaman permulaan itu petunjuk yang ada selain yang telah kita sebutkan pada bagian-bagian yang lalu ada pada naskah-naskah yang berasal dari dalam negeri sendiri seperti Kitab Sejarah Melayu, Hikayat Raja-Raja Pasai,

  • Menurut kedua kitab tersebut, seorang mubaligh yang bernama Syekh Ismail telah datang dari Mekkah sengaja menuju Samudera untuk mengislamkan penduduk di sana.
  • Sesudah menyebarkan agama Islam seperlunya, Svekh Ismail pun pulang kembali ke Mekkah,
  • Perlu juga disebutkan di sini bahwa dalam kedua kitab ini disebutkan pula negeri-negeri lain di Aceh yang turut diislamkan, antara lain: Perlak, Lamuri, Barus dan lain-lain.

Berdasarkan keterangan kedua sumber itu dapatlah diperkirakan bahwa sebagian tempat-tempat di Aceh, terutama tempat-tempat di tepi pantai telah memeluk agama Islam. Islam yang masuk ke Aceh khususnya dan Indonesia umumnya pada mulanya mengikuti jalan-jalan dan kota-kota dagang di pantai, kemudian barulah menyebar ke pedalaman.

Para pedagang dan mubaligh telah memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam. Secara historis sosiologis, masuk dan berkembangnya Islam ke suatu daerah sangat kompleks. Terdapat banyak permasalahan yang terkait dengannya, misalnya dari mana asalnya, siapa yang membawa, apa latar belakangnya dan bagaimana dinamikanya, baik dari segi ajaran Islam maupun pemeluknya.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan kapan masuknya Islam ke Aceh. Hamka berpendapat Islam masuk ke Aceh sejak abad pertama Hijriah (ke-7 atau 8 M) namun ia menjadi sebuah agama populis pada abad ke-9 seperti pendapat Ali Hasjmy, Sedangkan para orientalis seperti Snouck Hourgronje berpendapat Islam masuk pada abad ke-13 M yang ditandai dengan berdirinya Kesultanan Samudra Pasai,

You might be interested:  Siapa Saja Tokoh Pahlawan Aceh?

Mengapa Aceh mayoritas Islam?

Sejarah – Aceh merupakan daerah pertama masuknya agama Islam di wilayah Indonesia. Selain itu juga tempat berdirinya Kerajaan Islam pertama di Indonesia, yaitu Peureulak dan Pasai. Baca juga: Aturan Jam Kerja Wanita di Aceh Maksimal Pukul 21.00 WIB Berlaku Pekan Depan, Pelanggar Akan Dirazia Lokasi Aceh sangat strategis di Selat Malaka, sehingga memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam.

  1. Baik di wilayah Aceh maupun di Asia Tenggara.
  2. Dilansir situs resmi Provinsi Aceh, pada abad ke-7 para pedagang India memperkenalkan agama Hindu dan Budha.
  3. Namun, peran Aceh menonjol sejalan dengan masuk dan berkembangnya agama Islam di Aceh.
  4. Itu yang diperkenalkan oleh pedagang Gujarat dari jajaran Arab pada abad ke-9.

Kerajaan Islam pertama di Aceh dibangun oleh Sultan Ali Mughayatsyah dengan ibu kota di Bandar Aceh Darussalam. Lambat laut luas kerajaan bertambah luas yang meliputi sebagian besar pantai barat dan timur Sumatera hingga Semenanjung Malaka. Kehadiran daerah itu semakin kokoh dengan dibentuknya Kesultanan Aceh.

  1. Di mana mempersatukan seluruh kota kecil yang berada di daerah tersebut.
  2. Pada awal abad ke-17, Kesultanan Aceh mengalami puncak kejayaannya pada masa Sultan Iskandar Muda.
  3. Pada masa itu pengaruh agama dan kebudayaan Islam begitu besar dalam kehidupan masyarakat.
  4. Baca juga: Sempat Mendarat Darurat di Aceh Utara, Pesawat Hercules TNI Dinyatakan Laik Terbang Sehingga pada masa itu Aceh mendapat julukan “Seuramo Mekkah” (Serambi Mekkah).

Perekonomian di Aceh waktu cukup maju yang bertumpu pada perdagangan rempah-rempah. Banyak saudagar dari berbagai penjuru Nusantara dan dari luar negeri seperti Arab, India, Iran dan China yang berlabuh. Mereka juga membawa ulama dan pelajar. Aceh juga sebagai tempat singgah sebelum berangkat ke Mekkah.

Di daerah mana Islam pertama kali masuk dan tahun berapa?

Merdeka.com – Ada banyak agama yang ada di Indonesia, salah satunya adalah agama Islam. Mungkin kamu sudah pernah tahu bahwa agama Islam datang ke Indonesia sesudah agama Hindu dan Buddha. Ada juga banyak kerajaan bercorak Islam di Indonesia, misalnya kerajaan Samudera Pasai.

  1. Lalu, kapan Islam masuk ke Indonesia? Ada banyak juga pendapat yang bilang tentang kapan Islam masuk pertama kali di Indonesia.
  2. Menurut sarjana barat, Islam pertama kali masuk ke Kepulauan Indonesia sekitar abad 13 Masehi atau 7 Hijriah dan berasal dari Gujarat.
  3. Gujarat terletak di India bagian barat dekat dengan laut arab.

Letak ini sangat strategis karena ada di antara jalur dagang barat dan timur. Menurut sejarah, ada pedagang arab yang yang bermazhab Syafi’i sudah bermukim di Gujarat dan Malabar sejak awal tahun Hijriah atau sekitar abad ke 7. Menurut Pijnapel, yang menyebarkan agama Islam bukanlah orang Arab asli, melainkan para pedagang Gujarat yang telah memeluk agama Islam dan telah berdagang ke bagian timur dunia. Pendapat Pijnapel ini didukung oleh C. Snouck Hurgronye dan J.P. Moquetta pada tahun 1912.

  1. Pernyataan dua orang ini di dasarkan ke batu nisan milik Sultan Malik Al Saleh yang wafat pada tanggal 17 Dzulhijah tahun 831 Hijriah atau 1297 Masehi di Pasai, Aceh.
  2. Menurut mereka berdua, bentuk batu nisan di pasai dan makam Maulana Malik Ibrahim yang ada di gresik punya bentuk yang sama seperti yang ada di Kambay, Gujarat.

Ada juga pendapat lain yang menyatakan kapan sebenarnya Islam masuk di Indonesia, seperti pendapat Buya Hamka atau Hoesein Djajadiningrat. Nah, sekarang kamu mau belajar lebih lanjut kan?

Apa bukti Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13?

Bukti Masuknya Islam ke Indonesia Abad 13 M – Pendapat yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Nusantara abad 13 mengaitkannya dengan keruntuhan Dinasti Abbasiyah di Baghdad tahun 1258, berita dari Marcopolo tahun 1292, dan berita dari Ibnu Battuta tahun 1354.

You might be interested:  Apa Saja Keunikan Rumah Aceh?

Kapan pertama kali Islam masuk ke Indonesia?

Di Indonesia terkenal dengan penduduknya yang mayoritas memeluk agama islam, budaya nya, alamnya yang luas dan hasil bumi yang cukup banyak. Sejarah masuknya islam awalnya di bawa oleh pedagang Gujarat lalu di ikuti oleh pedagang arab dan Persia. Sambil berdagang mereka menyebarkan agama islam ke tempat mereka berlabuh di seluruh indonesia.

Banyak yang berspekulasi jika islam masuk ke indonesia di abad ke 7 atau 8, karena pada abad tersebut terdapat perkampungan islam di sekitar selat Malaka. Selain pedagang ada juga dengan cara mendakwah, seperti penyebaran di tanah jawa yang di lakukan oleh para walisongo, Mereka lah sang pendakwah dan sang ulama yang menyebarkan islam dengan cara pendekatan sosial budaya.

Di jawa islam masuk melalui pesisir utara pulau jawa dengan di temukannya makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah. Di Mojokerto juga telah di temukannya ratusan makam islam kuno. Di perkikan makam ini adalah makam para keluarga istana Majapahit. Di kalimantan, islam masuk melalui pontianak pada abad 18.

Di hulu sungai Pawan, kalimantan barat di temukan pemakaman islam kuno. Di kalimantan timur islam masuk melalui kerajaan Kutai, di kalimantan selatan melalui kerajaan banjar, dan dari kalimantan tengah di temukannya masjid gede di kota Waringin yang di bangun pada tahun 1434 M. Di sulawesi islam masuk melalui raja dan masyarakat Gowa-Tallo.

Demikian sedikit penjelasan tentang sejarah islam masuk ke indonesia. Kita harus bangga dengan para ulama yang telah menyebarkan agama islam di indonesia tanpa adanya perang. Dengan peran para ulama yang bijaksana, agama islam dengan mudah di terima di seluruh nusantara.

Berapa persen orang Islam di Aceh?

Jumlah Penduduk Beragama Islam Aceh Menurut Kabupaten/Kota (2021)

A Font Kecil A Font Sedang A Font Besar

Aceh merupakan provinsi yang terletak di ujung bagian barat wilayah Indonesia. Di wilayah ini, ajaran Islam pertama kali masuk ke wilayah Nusantara. Pengaruh kebudayaan Islam begitu besar di Aceh sehingga mendapat julukan Seuramo Mekkah (Serambi Mekkah).

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat penduduk Aceh berjumlah 5,38 juta jiwa pada 2021. Dari jumlah tersebut, terdapat 5,26 juta jiwa (98,4%) beragama Islam, Dengan demikian mayaoritas penduduk Aceh adalah muslim, Secara spasial, sebaran penduduk yang memeluk agama Islam terbesar berada di Kabupaten Aceh Utara dengan jumlah mencapai 599,89 ribu jiwa.

Diikuti Kabupaten Bireuen sebanyak 443,87 ribu jiwa, serta Kabupaten Pidie sebanyak 435,58 ribu jiwa. (Baca: Sebanyak 86,93% Penduduk Indonesia Beragama Islam pada 31 Desember 2021 ) Sedangkan penduduk Islam di Kota Sabang sebanyak 33,47 ribu jiwa. Jumlah ini merupakan yang paling sedikit dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya.

  1. Setelahnya ada Kota Subulussalam dengan penduduk muslim 91,3 ribu jiwa.
  2. Serta Kabupaten Simeulue sebanyak 94,01 ribu jiwa.
  3. Sementara, penduduk Aceh yang memeluk agama Kristen mencapai 1,19%, yang beragama Katolik 0,1%, yang beragama Buddha 0,13%.
  4. Sedangkan yang beragama Hindu, Konghucu, serta yang menganut kepercayaan kurang dari 0,01%.

(Baca: 10 Provinsi dengan Persentase Muslim Terbesar Tahun 2021 )

Agama Islam lahir tahun berapa?

Agama ini muncul pertama kali di wilayah Arab, yaitu tahun 610 M yang ditandai dengan diterimanya wahyu Al-Qur’an yang pertama di Makkah oleh Muhammad Saw. Setelah itu, ajaran Islam menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk ke wilayah Indonesia.

Agama Apa yang pertama kali ada di Indonesia?

Agama Hindu – Hindu menjadi agama yang diakui di Indonesia berikutnya. Persebaran agama ini ada diseluruh Nusantara. Melansir dari kmhd.ipb.ac.id, agama Hindu pertama kali masuk pada awal tahun masehi. Hal ini diketahui bari bukti prastati pubakala di abada 4 masehi berupa tujuh Yupa peninggalan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

  1. Prasasti Ciaruteun, Kebonkopi, Jamu, Pasir Awi, Muara Cianten, Tugu, dan Lebak di Jawa Barat. Prasasti tersebut menggunakan bahasa Sansekerta dengan huruf Pallawa.
  2. Kompleks Candi Arjuna dan Candi Srikandi di Dieng, Wonosobo.
  3. Prasasti Dinaya di dekat Kota Malang.
  4. Candi Badut di daerah Malang.
  5. Arca Siwa dan Pura Putra Bhatara Desa Bedahulu, Gianyar di Bali.

Pada tahun berapakah para pedagang Islam dari Malaka pindah ke Aceh?

Kesultanan Aceh semakin berkembang dan menjadi pusat perdagangan setelah jatuhnya Malaka ke tangan Portugis pada tahun 1511. Hal itu karena para pedagang Muslim banyak yang memindahkan kegiatan perdagangannya ke Aceh. Para pedagang Islam yang semula berdatangan ke Malaka, tidak ingin berhubungan dengan pedagang Portugis.

Kapal-kapal pedagang muslim yang sebelumnya biasa lewat di Selat Malaka berpindah dan singgah ke pelabuhan Aceh. Kesultanan Aceh dikenal sebagai salah satu kesultanan yang cukup maju karena didukung beberapa faktor antara lain seperti tata pemerintahan yang rapi, militer yang kuat, dan hubungan yang baik dengan negara-negara lain.

– Kesultanan Aceh semakin berkembang dan menjadi pusat perdagangan setelah jatuhnya Malaka ke tangan Portugis pada tahun 1511. Hal itu karena para pedagang Muslim banyak yang memindahkan kegiatan perdagangannya ke Aceh. Para pedagang Islam yang semula berdatangan ke Malaka, tidak ingin berhubungan dengan pedagang Portugis.

You might be interested:  Syarat Pembuatan Sim Di Banda Aceh?

Islam masuk ke Indonesia pada tahun berapa?

Masuknya Islam di Indonesia – Beberapa sejarawan menyebut Islam pertama kali memasuki wilayah di Indonesia pada abad ke-7. Bukti sejarah masuknya agama Islam di Indonesia dimulai pada abad ke-7 Masehi ditunjukkan oleh berita China dari zaman Dinasti Tang.

  • Catatan tersebut menerangkan bahwa pada 674 M, di pantai barat Sumatera telah terdapat perkampungan bernama Barus atau Fansur, yang dihuni oleh orang-orang Arab yang memeluk Islam.
  • Hal ini juga didukung oleh keterangan para pedagang Muslim Arab dan Persia, yang telah memiliki hubungan dagang dengan Kerajaan Sriwijaya di Palembang.

Sangat mungkin bahwa melalui kontak bisnis, terjadi pula kontak budaya dan agama antara masyarakat lokal dengan pedagang Muslim. Baca juga: Historiografi pada Masa Islam di Nusantara

Agama Islam masuk ke Indonesia tahun berapa?

Di Indonesia terkenal dengan penduduknya yang mayoritas memeluk agama islam, budaya nya, alamnya yang luas dan hasil bumi yang cukup banyak. Sejarah masuknya islam awalnya di bawa oleh pedagang Gujarat lalu di ikuti oleh pedagang arab dan Persia. Sambil berdagang mereka menyebarkan agama islam ke tempat mereka berlabuh di seluruh indonesia.

  1. Banyak yang berspekulasi jika islam masuk ke indonesia di abad ke 7 atau 8, karena pada abad tersebut terdapat perkampungan islam di sekitar selat Malaka.
  2. Selain pedagang ada juga dengan cara mendakwah, seperti penyebaran di tanah jawa yang di lakukan oleh para walisongo,
  3. Mereka lah sang pendakwah dan sang ulama yang menyebarkan islam dengan cara pendekatan sosial budaya.

Di jawa islam masuk melalui pesisir utara pulau jawa dengan di temukannya makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah. Di Mojokerto juga telah di temukannya ratusan makam islam kuno. Di perkikan makam ini adalah makam para keluarga istana Majapahit. Di kalimantan, islam masuk melalui pontianak pada abad 18.

Di hulu sungai Pawan, kalimantan barat di temukan pemakaman islam kuno. Di kalimantan timur islam masuk melalui kerajaan Kutai, di kalimantan selatan melalui kerajaan banjar, dan dari kalimantan tengah di temukannya masjid gede di kota Waringin yang di bangun pada tahun 1434 M. Di sulawesi islam masuk melalui raja dan masyarakat Gowa-Tallo.

Demikian sedikit penjelasan tentang sejarah islam masuk ke indonesia. Kita harus bangga dengan para ulama yang telah menyebarkan agama islam di indonesia tanpa adanya perang. Dengan peran para ulama yang bijaksana, agama islam dengan mudah di terima di seluruh nusantara.

Pada waktu abad berapakah Islam masuk dari Gujarat ke Samudra Pasai?

Apr 11, 2018 • 4 min read Kapan Islam Masuk Ke Aceh Sebelum menjadi agama yang paling banyak dianut oleh orang Indonesia, Islam adalah salah satu agama yang diperkirakan datang karena adanya pedagang yang singgah di Nusantara Squad. Lalu, bagaimana ya awal mula Islam masuk ke Nusantara ? Supaya lebih jelas, yuk simak penjelasan tentang 4 teori masuknya Islam ke Nusantara. Kapan Islam Masuk Ke Aceh Pedagang Arab (sumber: tugassekolah.com) Para ahli sejarah memberikan 4 teori bagaimana proses masuknya Islam ke Nusantara. Masing-masing teori dijelaskan berdasarkan rentan waktu yang berbeda. Mulai dari abad ke 7, hingga ada pula yang menyebutkan abad ke 13,

  • Nah apa saja ya teori-teori yang dimaksud? 1.
  • Teori Gujarat Teori ini beranggapan bahwa agama dan kebudayaan Islam dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka.
  • Teori ini menjelaskan bahwa kedatangan Islam ke Nusantara sekitar abad ke 13, melalui kontak para pedagang dan kerajaan Samudera Pasai yang menguasai selat Malaka pada saat itu.

Teori ini juga diperkuat dengan penemuan makam Sultan Samudera Pasai, Malik As-Saleh pada tahun 1297 yang bercorak Gujarat. Teori ini dikemukakan oleh S. Hurgronje dan J. Pijnapel, Kapan Islam Masuk Ke Aceh Makam Sultan Malik As-Saleh (sumber: steemit.com) 2.