Jelaskan Sistem Kekerabatan Yang Dibangun Dalam Kehidupan Masyarakat Aceh?

0 Comments

Jelaskan Sistem Kekerabatan Yang Dibangun Dalam Kehidupan Masyarakat Aceh
Halo Adam, kakak bantu jawab ya! Jawabannya adalah sistem kekerabatan pada masyarakat Aceh adalah patrilineal. Berikut penjelasannya ya! Secara umum, sistem kekerabatan di Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu sistem patrilineal atau berdasarkan garis keturunan Ayah dan matrilineal atau berdasarkan garis keturunan Ibu.

Apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan berikan contohnya?

Jawaban: Sitem kekerabatan Patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah. Contoh : dari suku batak yang mempunyai ciri khas dengan ada nya MARGA di setiap akhir nama masyarakat disana. Seperti sinaga, siregar, sitompul dan banyak macam lagi. Penjelasan: semoga membantu, maaf kalo salah:)

Bagaimana sistem kekerabatan masyarakat Aceh?

Masyarakat Aceh menganut sistem kekerabatan parental artinya sistem waris dalam memberikan kedudukan anak laki-laki dan anak perempuan yaitu sama-sama mempunyai peluang untuk menjadi ahli waris. Sistem kekerabatan pada masyarakat parental didasarkan pada kedua orang tua.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Perbandingan hubungan kekerabatan pada beberapa budaya Hubungan kekerabatan atau kekeluargaan merupakan hubungan antara tiap entitas yang memiliki asal usul silsilah yang sama, baik melalui keturunan biologis, sosial, maupun budaya. Dalam antropologi, sistem kekerabatan termasuk keturunan dan pernikahan, sementara dalam biologi istilah ini termasuk keturunan dan perkawinan,

Hubungan kekerabatan manusia melalui pernikahan umum disebut sebagai “hubungan dekat” ketimbang “keturunan” (juga disebut ” konsanguitas “), meskipun kedua hal itu bisa tumpang tindih dalam pernikahan di antara orang-orang yang satu moyang. Hubungan kekeluargaan sebagaimana genealogi budaya dapat ditarik kembali pada Tuhan (lihat mitologi, agama ), hewan yang berada dalam daerah atau fenomena alam (seperti pada kisah penciptaan).

Hubungan kekerabatan adalah salah satu prinsip mendasar untuk mengelompokkan tiap orang ke dalam kelompok sosial, peran, kategori, dan silsilah, Hubungan keluarga dapat dihadirkan secara nyata ( ibu, saudara, kakek ) atau secara abstrak menurut tingkatan kekerabatan.

You might be interested:  Persipura Vs Persiraja Banda Aceh?

Apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan patrilineal dan matrilineal?

Kehidupan Hukum Masyarakat Batak dan Minangkabau di Daerah Istimewa Yogyakarta Khususnya di Bidang Hukum Perkawinan, Kekerabatan, dan Hukum Waris Jenis: Article from Books Dalam koleksi: Karya Penelitian Universitas Atma Jaya Yogyakarta, page 117-128. Topik: Masyarakat Batak dan Minangkabau ; Hukum Perkawinan ; Hukum Waris Ketersediaan Isi artikel Peristiwa rantau-merantau sering terjadi dalam masyarakat.

  • Seseorang pergi merantau biasanya didorong oleh berbagai macara motivasi, misalnya: menuntut ilmu atau mencari nafkah.
  • Peristiwa seperti itu juga dialami oleh anggota masyarakat suku Batak dan suku Minangkabau.
  • Anggota masyarakat suku Batak dan suku Minangkabau banyak yang merantau ke berbagai daerah, baik ke Jawa maupun di luar Jawa bahkan ada yang ke luar negeri.

Hal tersebut mereka lakukan dengan tujuan menuntut ilmu atau mencari nafkah. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang mereka tuju. DIY menjadi sasaran tempat perantauan mereka karena dikenal sebagai kota pelajar yang memungkinkan mereka menuntut ilmu sekaligus mencari pekerjaan.

  1. Di samping itu predikat “kota pelajar” itu menarik perhatian mereka yang ingin mencari nafkah dengan cara wiraswasta, misalnya: membuka warung makan, toko buku dan alat-alat tulis.
  2. Para perantau itu akhirnya banyak yang menetap di DIY karena merasa sudah mapan hidupnya.
  3. Mereka yang semula hanya ingin menuntut ilmu akhirnya mendapat pekerjaan di DIY bakan banyak pula yang mendapatkan jodoh di DIY, baik dengan sesama suku maupun antar suku.

Banyak di antara mereka yang menikah dengan warga masyarakat Jawa di DIY. Setiap daerah di Indonesia mempunyai hukum adat yang berbeda-beda. Menurut van Vollenhoven wilayah Indonesia terbagi menjadi 19 lingkungan hukum adat. Dengan demikian suku Batak, suku Minangkabau, dan suku Jawa berbeda hukum adatnya.

Suku batak, suku Minangkabau, dan suku Jawa menganut sistem kekerabatan yang berbeda. Suku Batak menganut sistem patrilineal, suku Minangkabau menganut sistem Matrilineal, sedangkan suku Jawa (penduduk asli DIY) menganut sistem parental. Sistem kekerabatan patrilineal melacak anggota kerabatnya melalui garis keturunan laki-laki.

Sistem kekerabatan matrilineal melacak anggota kerabatnya melalui garis keturunan perempuan. Sistem kekerabatan parental melacak anggota kerabatnya melalui garis keturunan laki-laki dan perempuan. Sistem kekerabatan sangat besar pengaruhnya terhadap hukum perkawinan, hukum kekerabatan, dan hukum waris adat.

Bagaimana sistem kekerabatan yang ada di Indonesia?

Sistem kekerabatan di Indonesia adalah:

Sistem kekerabatan patrilineal : mengikuti garis keturunan ayah, misalnya pada suku bangsa Batak (Sumatera Utara), Minahasa (Sulawesi Utara) dan berbagai suku bangsa di Maluku dan Papua. Sistem kekerabatan matrilineal : mengikuti garis keturunan ibu, misalnya pada suku bangsa Minangkabau (Sumatera Barat). Sistem kekerabatan bilineal : mengikuti garis keturunan kedua orang tua, misalnya pada suku bangsa Jawa (pulau Jawa).

Pembahasan : Sistem kekerabatan (kinship) adalah sistem dimana anggota suatu kelompok kekerabatan atau keluarga merunut keturunannya. Sistem kekerabatan merupakan bagian yang sangat penting dalam struktur sosial. Pada umumnya, sistem kekerabatan dibagi menjadi tiga macam yaitu: 1.

Sistem kekerabatan patrilineal Pada sistem ini seseorang menjadi anggota kelompok kekerabatan yang sama dan sesuai dengan keturunan ayah orang tersebut. Umumnya kelompok ini memiliki nama keluarga, klan atau marga yang diwariskan dari ayah ke anak. Contoh suku bangsa yang menggunakan sistem kekerabatan ini adalah suku bangsa Batak (Sumatera Utara), Minahasa (Sulawesi Utara) dan berbagai suku bangsa di Maluku dan Papua,

Misalnya, orang Batak akan mewarisi kekerabatan dan marga ayahnya (seperti marga Siregar, Tobing dan sebagainya).2. Sistem kekerabatan matrilineal Pada sistem ini seseorang menjadi anggota kelompok kekerabatan yang sama dan sesuai dengan keturunan ibu orang tersebut.

  • Dengan kata lain mengikuti garis keturunan dari pihak ibu.
  • Contoh suku bangsa yang menggunakan sistem kekerabatan ini adalah suku bangsa Minangkabau (Sumatera Barat).
  • Pada suku bangsa ini klan seseorang dan harta warisan mengikuti garis keturunan dari pihak ibu.3.
  • Sistem kekerabatan bilineal Pada sistem ini seseorang menjadi anggota kelompok kekerabatan ditentukan oleh garis keturunan ayah dan ibu orang tersebut.
You might be interested:  Tempat Makan Keluarga Di Banda Aceh?

Dengan kata lain keturunan dari pihak ayah dan ibu sama-sama penting. Contoh suku bangsa yang menggunakan sistem kekerabatan ini adalah suku bangsa Jawa, Pada suku bangsa ini tidak mengenal marga atau nama keluarga, namun anak akan memiliki kekerabatan dengan keluarga ayah dan ibu, yang sama pentingnya.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan matrilineal?

Matrilineal merupakan sistem garis keturunan yang menempatkan ibu sebagai penentu garis keturunan, misalnya suku Minangkabau.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan unilateral?

Sistem kekerabatan unilateral merupakan sistem kekerabatan yang angota-anggotanya menarik garis keturunan hanya dari satu pihak saja yakni pihak ayah (Δ) atau ibu (O). F O L L O W A K U Y A : ” )

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan patrilineal?

Pengertian sistem kekerabatan patrilineal dan matrilineal Menurut Lilik Mulyadi dalam buku Eksistensi dan Dinamika Hukum Adat Waris Bali dalam Perspektif Masyarakat dan Putusan Pengadilan (2022), patrilineal adalah sistem kekerabatan yang bertumpu pada garis keturunan bapak.

Masyarakat Pepadun menganut sistem kekerabatan apa?

Masyarakat suku Lampung Pepadun menganut prinsip garis keturunan dari pihak ayah (patrilineal), dimana anak laki-laki tertua dari keturunan tertua (penyimbang) memegang kekuasaan adat.

Apakah yang dimaksud dengan sistem kekerabatan Alternerend?

Sistem Kekerabatan Altenerend Sistem kekerabatan yang anggota-anggotanya menarik garis keturunan secara berganti gantisesuai dengan pola perkawinan yang diterapkan orangtua,maka patrilineal dan matrilinea berlaku bergantian.

Suku Minangkabau merupakan suku yang ada di Indonesia yang menerapkan adat istiadat dimana garis keturunan di tarik dari sang ibu yang di sebut dengan istilah?

Salah satu ciri adat matrilinealisme Minangkabau adalah garis keturunan yang ditarik berdasarkan garis ibu, yang secara lebih luas kemudian membentuk kelompok kaum (lineages) dan suku (clans), dan penguasaan harta pusaka ada di tangan kaum ibu yang dipimpin oleh seorang wanita senior yang disebut bundo kanduang.

You might be interested:  Kerajaan Aceh Dipimpin Oleh Seorang Raja Yang Bernama?

Apa saja yang termasuk dalam sistem kemasyarakatan?

Jawaban: Sistem Kemasyarakatan sejatinya adlaah mencakup ke dalam sebuah sistem kekerabatan, organisasi baik itu politik dan juga sosial, serta sebuah sistem dari perkawinan yang ada. Penjelasan: m a a f k l o s a l a h : )

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan parental dan berikan contohnya?

TRIBUNNEWS.COM – Berikut adalah penjelasan sistem kekerabatan yang masih kuat dianut oleh masyarakat Indonesia, yakni Parental, Patrilineal dan Matrilineal. Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai ragam suku, budaya, bahasa hingga adat istiadat.

  • Mereka hidup berdampingan dan saling menjaga kerukunan walaupun memiliki banyak perbedaan.
  • Baca juga: Apa Itu Ide Pokok? Berikut Pengertian, Ciri, dan Contohnya Baca juga: Modernisasi dan Globalisasi: Pengertian, Perbedaan, Dampak Positif dan Negatif Ada beberapa daerah di wilayah Indonesia yang memiliki sistem kekerabatan yang masih kuat dianut oleh masyarakat.

Sistem kekerabatan itu di antaranya sebagai berikut: 1. Parental Sistem kekerabatan parental menarik garis keturunan dari kedua belah pihak (ayah dan ibu), kedudukan laki-laki dan perempuan sama. Misalnya, di daerah Aceh dan Jawa Barat. Di daerah parental, apabila suatu anggota masyarakat akan menyelenggarakan pesta perkawinan, maka menurut adatnya biaya pesta ditanggung oleh kedua belah pihak, atau berdasarkan kesepakatan masing-masing pihak.

Apa yang dimaksud dengan suku bangsa dan jelaskan karakteristik suku bangsa berdasarkan sistem kekerabatan?

Suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan khususnya bahasa. Sistem kekerabatan unilateral merupakan sistem kekerabatan yang anggota-anggotanya menarik garis keturunan hanya dari satu pihak saja yakni pihak ayah atau ibu.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan parental dan berikan contohnya?

TRIBUNNEWS.COM – Berikut adalah penjelasan sistem kekerabatan yang masih kuat dianut oleh masyarakat Indonesia, yakni Parental, Patrilineal dan Matrilineal. Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai ragam suku, budaya, bahasa hingga adat istiadat.

Mereka hidup berdampingan dan saling menjaga kerukunan walaupun memiliki banyak perbedaan. Baca juga: Apa Itu Ide Pokok? Berikut Pengertian, Ciri, dan Contohnya Baca juga: Modernisasi dan Globalisasi: Pengertian, Perbedaan, Dampak Positif dan Negatif Ada beberapa daerah di wilayah Indonesia yang memiliki sistem kekerabatan yang masih kuat dianut oleh masyarakat.

Sistem kekerabatan itu di antaranya sebagai berikut: 1. Parental Sistem kekerabatan parental menarik garis keturunan dari kedua belah pihak (ayah dan ibu), kedudukan laki-laki dan perempuan sama. Misalnya, di daerah Aceh dan Jawa Barat. Di daerah parental, apabila suatu anggota masyarakat akan menyelenggarakan pesta perkawinan, maka menurut adatnya biaya pesta ditanggung oleh kedua belah pihak, atau berdasarkan kesepakatan masing-masing pihak.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kekerabatan matrilineal dan berikan contohnya?

Matrilineal merupakan sistem garis keturunan yang menempatkan ibu sebagai penentu garis keturunan, misalnya suku Minangkabau.