Jarak Medan Banda Aceh?

0 Comments

Jarak Medan Banda Aceh
Jarak Banda Aceh – Medan sekitar 428 km dengan tiga maskapai yang melayani penerbangan langsung Banda Aceh – Medan yaitu Batik Air, Citilink dan Lion Air.

Medan mayoritas suku apa?

Persentase Penduduk Sumatera Utara Menurut Suku Bangsa (Sensus Penduduk 2010)

A Font Kecil A Font Sedang A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, sebanyak 44,75% etnis di Sumatera Utara adalah suku Batak berdasarkan Sensus Penduduk 2010. Rinciannya, sebanyak 25,62% Tapanuli/Toba, 11,27% Mandailing, 5,09% Karo, 2,04% Simalungun, dan 0,73% Pakpak. Selain suku Batak, penduduk Sumatera Utara juga banyak berasal dari Pulau Jawa, yaitu Betawi, Banten, Sunda, Jawa, dan Madura.

Persentase dari etnis ini mencapai 33,4%. Kemudian, sebanyak 6,36% berasal dari etnis Nias, 5,86% Melayu, dan 2,71% Tionghoa. Ada juga 2,66% penduduk yang merupakan suku Minang dan 0,97% Aceh. Sementara itu, sebanyak 3,29% di luar etnis yang telah disebutkan. Kementerian Agama Sumatera Utara juga menyebutkan, mayoritas penduduk di Sumatera Utara beragama Islam,

Persentasenya mencapai 63,29%. Selanjutnya, sebanyak 26,66% dari Protestan, 7,33% Katolik, dan 2,43% Budha. Lalu, sebanyak 0,18% penduduk tercatat beragama Kong Hu Cu dan 0,1% Hindu. (Baca: 1,2 Persen Penduduk Indonesia Adalah Etnis Cina )

Medan terkenal dengan apa?

INDOZONE.ID – Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Kota ini memiliki berbagai keunikan mulai dari segi bahasa, budaya hingga penduduknya. Selain itu, meskipun sudah sangat urban, Kota Medan masih menyimpan banyak sekali kearifan lokal yang membuatnya makin menarik untuk dikunjungi.

Nah, untuk mengetahui hal-hal menarik atau fakta unik seputar Medan. Yuk simak ulasannya berikut ini! 1. Bahasa dan logatnya yang unik Dalam hal berbahasa orang Medan sering kali dianggap kasar. Hal ini dikarenakan aksen bicara orang Medan selalu menyebut huruf e biasa menjadi e nada tinggi. Selain itu karakteristik orang Medan memang tegas dan ceplas-ceplos.

Sehingga ketika kita melihat orang-orang Medan ngobrol satu sama lain terkesan seperti marah. Padahal dari dulu kebiasaan mereka memang seperti itu. Tak hanya itu, keunikan lain juga terdapat dalam berbagai istilah yang hanya ada di Medan, Misalnya saja motor diganti kereta dan motor adalah istilah untuk mobil.

  1. Begitu juga dengan pasar yang artinya adalah jalan besar.
  2. Sementara untuk pasar tempat berbelanja orang Medan menyebutnya dengan pajak.
  3. Serta tak ada permen di Medan, masyarakat menyebutnya ‘bombon’.2.
  4. Arakter yang kuat Selain logat yang kental itu, ciri khas Kota Medan lainnya adalah penduduknya yang memiliki karakter yang kuat.
You might be interested:  Bagaimana Sejarah Terbentuknya Kerajaan Aceh?

Karakter orang Medan yang sudah jadi trademark. Misalnya saja soal percaya diri dan berpegang pada prinsip, orang Medan dianggap paling ahli dalam hal ini. Karakter orang Medan yang lain, mereka sangat mendominasi. Ya, mereka sangat aktif dalam sebuah grup.

Mereka jarang mau mengalah ketika dalam obrolan atau diskusi. Akan tetapi biasanya paling ringan tangan dibanding yang lain.3. Masyarakat yang plural Selain sebagai kota metropolitan, Medan sepertinya bisa untuk diberi gelar Little Indonesia atau Indonesia kecil. Pasalnya, Kota Medan penuh dengan keberagaman.

Tak hanya penduduk yang tinggal, tapi juga tentang keagamaan, budaya dan sebagainya. Dari segi penduduknya, Kota Medan ternyata tidak hanya diisi oleh oleh orang-orang Batak saja, namun ada banyak sekali orang Jawa, Tionghoa, Minangkabau, sampai Tamil atau India Indonesia yang tinggal di Medan.

Soal keagamaan juga sama. Meski mayoritas penduduk beragama Islam, namun mereka bisa hidup rukun berdampingan dengan masyarakat Batak yang Kristen atau orang Tionghoa yang beragama Buddha dan Konghucu.4. Pria dan wanita yang rupawan Bukan rahasia lagi jika sederet arti-artis yang berasal dari Kota Medan memiliki rupa yang rupawan, sebut saja seperti Chicco Jerikho dan Raline Shah.

Tak hanya tampan dan cantik secara fisik, pria dan wanita di Medan juga terkenal dengan karakter khasnya. Duh sangat ideal bila dijadikan pasangan hidup.5. Makanan dan obyek wisata Berbicara kuliner dan wisata di Medan tentu tidak ada habisnya, Kota ini memiliki banyak sekali makanan lezat seperti lemang, lontong Medan, mie gomak, kolak durian serta masih banyak lagi.

Apa julukan kota Medan?

Asal-usul Kota Medan Dikenal dengan Sebutan ‘ Kota Ketua’