Jarak Banda Aceh Sabang?

0 Comments

Jarak Banda Aceh Sabang

Jarak Banda Aceh — Sabang di kilometer, mil
Jarak antara dua titik pada peta, dihitung dengan menggunakan koordinat yang ada. 38 km 23 mil
Ketika bepergian dengan mobil dengan kecepatan rata-rata 70 km/ jam, Anda akan dapat mencapai tujuan Anda dalam waktu sekitar waktu yang ditentukan. 1 h.0.0 hari

Nog 2 rijen

Berapa menit Banda Aceh ke Sabang?

Minggu, 17 Oktober 2021 09:04 WIB – Jarak Banda Aceh Sabang Wisatawan berenang di Pantai Rubiah, Sabang, Aceh, Sabtu, 9 Oktober 2021. ANTARA/Muhammad Adimaja TEMPO.CO, Jakarta – Sabang di Provinsi Aceh adalah wilayah paling barat Indonesia. Untuk sampai ke sana, wisatawan bisa naik kapal Aceh Hebat. Untuk diketahui, ada tiga jenis kapal Aceh Hebat dengan rute yang berbeda.

Kapal Aceh Hebat 1 berlayar dari Kabupaten Aceh Barat ke Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, dan sebaliknya. Kapal Aceh Hebat 2 berlayar dari Banda Aceh ke Kota Sabang, dan sebaliknya. Ada pula Kapal Aceh Hebat 3 yang melewati Aceh Singkil menuju Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin naik kapal Aceh Hebat 2 di Banda Aceh sebelum berangkat ke Sabang.

Menurut dia, kapal ini sangat membantu wisatawan yang ingin berkunjung ke daerah paling ujung barat Indonesia itu. “Ini sangat mendukung kemajuan pariwisata di Sabang,” kata Safaruddin pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Dengan mudahnya akses transportasi ke Sabang, Safaruddin berharap, semakin banyak wisatawan dan investor yang datang ke sana. Jarak Banda Aceh Sabang Sejumlah warga yang akan berlibur ke Pulau Wisata Sabang, Aceh, menumpang KMP BRR, di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh, Aceh, 23 Desember 2017. Menurut pihak ASDP setempat, volume penumpang yang berlibur pada hari Natal dan Tahun Baru 2018 ke Pulau Wisata Sabang mengalami lonjakan peningkatan.

ANTARA Menurut dia, tiga kapal Aceh Hebat itu memiliki teknologi terbaru dan lebih cepat dari kapal sebelumnya. Perjalanan dari Banda Aceh ke Sabang juga lebih cepat 30 menit. Jadi, durasi perjalanan hanya 1,5 jam dan berangkat-pulang lima kali dalam sehari. Pemerintah Aceh membeli tiga kapal penumpang jenis roll on roll (ro-ro) -yang kemudian bernama Aceh Hebat, ini dengan anggaran sebesar Rp 178 miliar.

Mengenai informasi yang viral di media sosial tentang kapal Aceh Hebat 2 yang kemasukan air saat hujan, Safaruddin mengatakan telah mengkonfirmasi peristiwa tersebut ke wakil kapten kapal. “Itu karena atap kapal ada yang bocor. Jadi, air hujan masuk. Sekarang sudah diperbaiki,” uajrnya.

You might be interested:  Tokoh Dari Aceh Yang Memimpin Perlawanan Terhadap Belanda Adalah?

Berapa km jarak Medan Banda Aceh?

JARAK TEMPUH 32 KM B. ACEH – SABANG

Jarak Banda Aceh – Medan sekitar 428 km dengan tiga maskapai yang melayani penerbangan langsung Banda Aceh – Medan yaitu Batik Air, Citilink dan Lion Air.

Sabang dekat dengan negara apa?

Kota Sabang berada di Pulau Weh yang terletak di ujung Pulau Sumatra dan merupakan zona ekonomi bebas dan daerah Indonesia yang terletak paling barat. Sejak lama Sabang terkenal dengan titik 0 kilometer-nya, yaitu bagian paling barat dari wilayah Indonesia.

Secara geografis Kota Sabang terletak di antara 95° 13′ 02″ dan 95° 22′ 36″ BT, dan antara 05° 46′ 28″ dan 05° 54′ 28″ LU. Dari segi geografis Indonesia, wilayah Kota Sabang merupakan wilayah administratif paling barat, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand dan India.

Wilayah Kota Sabang dikelilingi oleh Selat Malaka di Utara dan Timur, dan Samudera Indonesia di sebelah Barat dan Selatan. Kota Sabang terdiri atas lima buah pulau yaitu Pulau Weh (121 km2), Pulau Rubiah (0,357 km2), Pulau Seulako (0,055 km2), Pulau Klah (0,186 km2), dan Pulau Rondo (0,650 km2).

  1. Ota Sabang secara administratif terdiri dari dua kecamatan dan 18 desa atau kelurahan, dengan jumlah penduduk sebanyak 35.220 jiwa.
  2. Di wilayah Kota Sabang, terdapat beberapa kelompok etnis dimana antara satu dan yang lainnya tidak jauh berbeda baik dalam kehidupan maupun dalam berbahasa.
  3. Pola hidup pada umumnya memiliki kesamaan dengan pola hidup masyarakat Aceh di daratan.

Penduduk di wilayah kota Sabang pada umumnya bermata pencarian dalam bidang pertanian dan perikanan, diikuti penduduk yang bekerja di bidang perdagangan, jasa, angkutan, pegawai, dan lainnya.

You might be interested:  Apa Yang Menjadi Penyebab Kemunduran Kesultanan Aceh Darussalam?

Apakah nama kota di ujung timur Indonesia?

Jarak Banda Aceh Sabang Merauke, berasal dari sebuah cerita dimana pada saat bangsa Belanda pertama memasuki wilayah Merauke, tepatnya di sekitar sungai Maro. Mereka bertanya pada suku Marind (suku asli Merauke) tentang nama wilayah ini. Suku Marind tidak mengerti bahasa Belanda maupun Indonesia, mereka akhirnya hanya bisa mengatakan bahwa sungai ini adalah sungai Maro, yang dalam bahasa Marind berbunyi “Maro Ka Ehe”.

  1. Sejak itulah, wilayah tersebut dinamai “Maro Ka Ehe” dan dikenal hingga kini menjadi Merauke.
  2. Ota Merauke adalah kota kabupaten yang terletak jauh di ujung timur Indonesia.
  3. Eistimewaannya tidak hanya itu, Kota ini juga merupakan titik terakhir wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini.

Hal ini membuat keberadaan kota ini sungguh berarti dan istimewa bagi sejarah perjuangan berdirinya Indonesia hingga menjadi bagian dari sebuah lagu perjuangan yang berjudul “Dari Sabang sampai Merauke”. Sebagai wilayah yang sarat akan nilai sejarah perjuangan Indonesia, tentu di kota ini terdapat banyak tempat-tempat bersejarah yang peringatan berdirinya Indonesia.

  1. Salah satunya adalah tugu kembar yang terdapat di distrik Sota.
  2. Tugu ini hanya ada dua di Indonesia, satu terdapat di Merauke dan lainnya di Sabang.
  3. Tugu ini menjadi sebuah peringatan akan batas paling timur dan paling barat dari Negara Indonesia.
  4. Selain itu juga ada taman Sota, di tempat ini terdapat tugu peringatan batas wilayah timur paling akhir dari Indonesia beserta informasi koordinatnya.

Taman ini tidak hanya menjadi penanda wilayah Indonesia, tetapi juga tempat wisata bagi masyarakat sekitarnya. Tidak hanya wisata sejarah, Merauke juga mempunyai tempat-tempat wisata menarik untuk didatangi, seperti Pantai Lampu Satu yang begitu luas menghampar.

  • Di pantai ini, kita dapat melihat salah satu mercusuar penunjuk arah bagi para pelaut yang sedang berlayar.
  • Tempat ini juga merupakan desa nelayan yang berisi masyarakat komunitas Bugis dan Makasar.
  • Umumnya mereka adalah pendatang yang mengadu nasib di perantauan Merauke.
  • Wisata alam pun juga menjadi pilihan yang menarik untuk didatangi.
You might be interested:  Senjata Tradisional Tersebut Berasal Dari Aceh Yang Bernama?

Salah satu yang terkenal adalah Taman Nasional Wasur. Dalam Taman Nasional ini, kita dapat menyaksikan kondisi alam asli Merauke yang merupakan perpaduan wilayah rawa dan padang savanna. Kemudian, hewan-hewan khas Merauke seperti rusa dan sejenis kangguru kecil pun banyak dapat kita temukan di Taman Nasional ini.

Belum lagi, sarang rayap Musamus yang menjulang tinggi hingga 5 meter dan banyak ditemukan di sepanjang perjalanan ke Sota. Kondisi alam Merauke memang sedikit berbeda dengan kondisi alam Papua secara umum. Merauke memiliki kondisi alam yang tidak jauh berbeda dari Australia utara. Bila kita ingin membeli barang-barang kerajinan khas Merauke, ada satu kerajinan khas menarik yang layak dibeli.

Kerajinan ini adalah barang-barang yang berbahan dasar kulit buaya. Kulit buaya menjadi salah satu industri rumah unggulan bagi masyarakat Merauke, hal ini disebabkan karena populasi buaya yang begitu besar di Merauke.