Jarak Banda Aceh Ke Papua?

0 Comments

Jarak Banda Aceh Ke Papua
JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang Liga 1 2020 mendatang akan menjadi momen saling bersuanya Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura untuk pertama kalinya dalam sebuah kompetisi resmi era profesional di Indonesia. Saat masa-masa awal Liga Indonesia, kompetisi masih menggunakan format per wilayah, belum kompetisi penuh seperti saat ini.

  • Etika itu, Persiraja masih berada di Grup Barat, sedangkan Persipura di Grup Timur.
  • Dengan diterapkannya sistem kompetisi penuh, Persiraja harus menjalani laga away terjauh ke markas Persipura di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, demikian juga sebaliknya.
  • Banda Aceh dan Jayapura tercatat terpisah dalam jarak garis lurus mencapai sekitar 5.121 kilometer.

Baca juga: Peta Liga 1 2020, 12 di Jawa, 6 Luar Jawa, Tandang dari Aceh ke Papua Jarak tersebut bahkan lebih jauh dibanding jarak yang harus ditempuh klub-klub London apabila harus away Liga Champions ke Moskwa. Ibu kota Inggris dan Ibu kota Rusia itu tercatat “hanya” terpisah jarak garis lurus sekitar 2.540 kilometer.

Tak cuma itu, jarak Banda Aceh ke Jayapura, Papua, ternyata bahkan lebih jauh dari London ke Baku, Azerbaijan, Sebagai informasi, Baku adalah kota yang menjadi perbincangan karena dikeluhkan oleh para pendukung Arsenal dan Chelsea, jelang final Liga Europa, Mei lalu. Baca juga: Federasi Azerbaijan Kecewa Klopp Sindir Lokasi Final Liga Europa Pasalnya, kota tersebut terletak sangat jauh dari London.

Berada di ujung Eropa Timur, BBC menyebut lokasi Baku dari London disebut lebih jauh ketimbang ke Riyadh, Arab Saudi, atau Baghdad, Irak.

Berapa lama perjalanan dari Aceh ke Papua?

Waktu transit di setiap kota itu tetap dihitung, makanya 9 jam.

Berapa jauh Indonesia Jepang?

Rata-rata durasi penerbangan nonstop dari Indonesia ke Jepang adalah 18j 10m, mencakup jarak 5455 km. Rute paling populer adalah Jakarta – Tokyo dengan rata-rata waktu penerbangan 7j 20m.

Berapa kilo meter dari Sabang sampai Merauke?

KOMPAS.com – Wilayah Indonesia membentang dari Sabang di ujung Sumatera hingga Merauke di ujung timur Papua. Kedua kota ini, Sabang dan Merauke menjadi dua kota paling ujung Indonesia, sekaligus menjadi pintu masuk dari masing-masing sisi. Jika diukur dengan garis imajiner, jarak Sabang dan Merauke mencapai 5.245 kilometer jauhnya.

Namun, berdasarkan pemberitaan Kompas.com (24/10/2013) berdasarkan Perjalanan Tim Ekspedisi Sabang-Merauke Kompas, jarak tempuh Sabang ke Merauke mencapai 8.514,22 kilometer. Baca juga: 8.514 Kilometer dari Sabang ke Merauke Jarak tersebut ditempuh dengan perjalanan darat dan perjalanan laut, yaitu perjalanan darat sejauh 5.307,32 kilometer, dan perjalanan laut sejauh 3.206,9 kilometer.

Mengingat pentingnya Sabang dan Merauke sebagai dua kota paling ujung Indonesia, maka penting rasanya untuk mengenal lebih jauh tentang dua kota tersebut. Berikut ulasan ringkas terkait kota Sabang dan Merauke.

You might be interested:  Negara Manakah Yang Akan Diserang Kesultanan Aceh Pada Tahun 1529?

Berapa jarak dari Indonesia ke arab?

FAQ seputar pesan tiket pesawat Arab Saudi Rata-rata durasi penerbangan nonstop dari Indonesia ke Arab Saudi adalah 17j 04m, mencakup jarak 7633 km. Rute paling populer adalah Jakarta – Jeddah dengan rata-rata waktu penerbangan 9j 20m.

Berapa jarak Indonesia Rusia?

Rata-rata durasi penerbangan nonstop dari Indonesia ke Rusia adalah 34j 40m, mencakup jarak 9089 km. Rute paling populer adalah Jakarta – Moskwa dengan rata-rata waktu penerbangan 41j 10m.

Berapa jarak dari Indonesia ke Korea?

Rata-rata durasi penerbangan nonstop dari Indonesia ke Korea Selatan adalah 17j 25m, mencakup jarak 4990 km. Rute paling populer adalah Jakarta – Incheon dengan rata-rata waktu penerbangan 7j 00m.

Berapa Meter Indonesia ke Spanyol?

Berapa lama penerbangan ke Spanyol? Rata-rata durasi penerbangan nonstop dari Indonesia ke Spanyol adalah 30j 52m, mencakup jarak 12774 km. Rute paling populer adalah Jakarta – Barcelona dengan rata-rata waktu penerbangan 22j 10m.

Apa nama kota di ujung timur Indonesia?

Jarak Banda Aceh Ke Papua Merauke, berasal dari sebuah cerita dimana pada saat bangsa Belanda pertama memasuki wilayah Merauke, tepatnya di sekitar sungai Maro. Mereka bertanya pada suku Marind (suku asli Merauke) tentang nama wilayah ini. Suku Marind tidak mengerti bahasa Belanda maupun Indonesia, mereka akhirnya hanya bisa mengatakan bahwa sungai ini adalah sungai Maro, yang dalam bahasa Marind berbunyi “Maro Ka Ehe”.

Sejak itulah, wilayah tersebut dinamai “Maro Ka Ehe” dan dikenal hingga kini menjadi Merauke. Kota Merauke adalah kota kabupaten yang terletak jauh di ujung timur Indonesia. Keistimewaannya tidak hanya itu, Kota ini juga merupakan titik terakhir wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini.

Hal ini membuat keberadaan kota ini sungguh berarti dan istimewa bagi sejarah perjuangan berdirinya Indonesia hingga menjadi bagian dari sebuah lagu perjuangan yang berjudul “Dari Sabang sampai Merauke”. Sebagai wilayah yang sarat akan nilai sejarah perjuangan Indonesia, tentu di kota ini terdapat banyak tempat-tempat bersejarah yang peringatan berdirinya Indonesia.

  1. Salah satunya adalah tugu kembar yang terdapat di distrik Sota.
  2. Tugu ini hanya ada dua di Indonesia, satu terdapat di Merauke dan lainnya di Sabang.
  3. Tugu ini menjadi sebuah peringatan akan batas paling timur dan paling barat dari Negara Indonesia.
  4. Selain itu juga ada taman Sota, di tempat ini terdapat tugu peringatan batas wilayah timur paling akhir dari Indonesia beserta informasi koordinatnya.

Taman ini tidak hanya menjadi penanda wilayah Indonesia, tetapi juga tempat wisata bagi masyarakat sekitarnya. Tidak hanya wisata sejarah, Merauke juga mempunyai tempat-tempat wisata menarik untuk didatangi, seperti Pantai Lampu Satu yang begitu luas menghampar.

  1. Di pantai ini, kita dapat melihat salah satu mercusuar penunjuk arah bagi para pelaut yang sedang berlayar.
  2. Tempat ini juga merupakan desa nelayan yang berisi masyarakat komunitas Bugis dan Makasar.
  3. Umumnya mereka adalah pendatang yang mengadu nasib di perantauan Merauke.
  4. Wisata alam pun juga menjadi pilihan yang menarik untuk didatangi.

Salah satu yang terkenal adalah Taman Nasional Wasur. Dalam Taman Nasional ini, kita dapat menyaksikan kondisi alam asli Merauke yang merupakan perpaduan wilayah rawa dan padang savanna. Kemudian, hewan-hewan khas Merauke seperti rusa dan sejenis kangguru kecil pun banyak dapat kita temukan di Taman Nasional ini.

Belum lagi, sarang rayap Musamus yang menjulang tinggi hingga 5 meter dan banyak ditemukan di sepanjang perjalanan ke Sota. Kondisi alam Merauke memang sedikit berbeda dengan kondisi alam Papua secara umum. Merauke memiliki kondisi alam yang tidak jauh berbeda dari Australia utara. Bila kita ingin membeli barang-barang kerajinan khas Merauke, ada satu kerajinan khas menarik yang layak dibeli.

Kerajinan ini adalah barang-barang yang berbahan dasar kulit buaya. Kulit buaya menjadi salah satu industri rumah unggulan bagi masyarakat Merauke, hal ini disebabkan karena populasi buaya yang begitu besar di Merauke.

You might be interested:  Rumah Makan Hasan 2 Banda Aceh?

Berapa jam naik mobil dari Sabang sampai Merauke?

km mil Tidak ada data Tidak dapat mendapatkan arah 5248 km 3148.8 mil 65.6 jam 3936.0 menit 75.0 jam 4498.3 menit 5.8 jam 349.9 menit 4.4 jam 264.4 menit 0.0 jam 0.0 menit

Kalkulator Konsumsi bahan bakar per 100 km: Konsumsi bahan bakar per 100 mil: Informasi Jarak antara kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia dan Merauke, Papua, Indonesia di jalan umum adalah — km atau mil. Jarak antara titik-titik dalam koordinat — 5248 km atau 3148.8 mil. Indonesia, Sabang, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia Lalu lintas kiri Indonesia, Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, Indonesia Lalu lintas kiri

Apakah nama kota yang ada di ujung barat Indonesia?

Kota Sabang berada di Pulau Weh yang terletak di ujung Pulau Sumatra dan merupakan zona ekonomi bebas dan daerah Indonesia yang terletak paling barat. Sejak lama Sabang terkenal dengan titik 0 kilometer-nya, yaitu bagian paling barat dari wilayah Indonesia.

  1. Secara geografis Kota Sabang terletak di antara 95° 13′ 02″ dan 95° 22′ 36″ BT, dan antara 05° 46′ 28″ dan 05° 54′ 28″ LU.
  2. Dari segi geografis Indonesia, wilayah Kota Sabang merupakan wilayah administratif paling barat, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand dan India.

Wilayah Kota Sabang dikelilingi oleh Selat Malaka di Utara dan Timur, dan Samudera Indonesia di sebelah Barat dan Selatan. Kota Sabang terdiri atas lima buah pulau yaitu Pulau Weh (121 km2), Pulau Rubiah (0,357 km2), Pulau Seulako (0,055 km2), Pulau Klah (0,186 km2), dan Pulau Rondo (0,650 km2).

  • Ota Sabang secara administratif terdiri dari dua kecamatan dan 18 desa atau kelurahan, dengan jumlah penduduk sebanyak 35.220 jiwa.
  • Di wilayah Kota Sabang, terdapat beberapa kelompok etnis dimana antara satu dan yang lainnya tidak jauh berbeda baik dalam kehidupan maupun dalam berbahasa.
  • Pola hidup pada umumnya memiliki kesamaan dengan pola hidup masyarakat Aceh di daratan.

Penduduk di wilayah kota Sabang pada umumnya bermata pencarian dalam bidang pertanian dan perikanan, diikuti penduduk yang bekerja di bidang perdagangan, jasa, angkutan, pegawai, dan lainnya.

Berapa lama perjalanan dari Indonesia ke Jepang?

7 jam 29 menit adalah rata-rata waktu penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta ke Tokyo Narita.

Berapa jam dari Tokyo ke Indonesia?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk terbang dari Tokyo (TYO) ke Jakarta (JKT)? – Dibutuhkan sekitar 7 jam 50 menit untuk terbang dari Tokyo (TYO) ke Jakarta (JKT).

You might be interested:  Lagu Daerah Yang Berasal Dari Daerah Istimewa Aceh Adalah?

Berapa Meter Indonesia ke Thailand?

Rata-rata durasi penerbangan nonstop dari Indonesia ke Thailand adalah 16j 28m, mencakup jarak 2403 km. Rute paling populer adalah Jakarta – Bangkok dengan rata-rata waktu penerbangan 3j 25m.

Berapa meter dari Indonesia ke Amerika?

Anda pasti bertanya apa maksudnya Indonesia-Amerika Serikat itu dekat? Berdasarkan jarak jelas jarak antara keduanya jauh. Perjalanan melalui udara menggunakan pesawat terbang saja menempuh jarak 14.440,78 KM dengan waktu yang dihabiskan di perjalanan hampir 18 jam.

  • Menggunakan kapal laut jaraknya bisa lebih jauh dan waktunya bisa lebih lama, bisa berminggu-minggu.
  • Dari segi waktu, berdasarkan Greenwich Mean Time ( GMT) waktu Time zone Jakarta itu +7 sedangkan California -8.
  • Jadi perbedaan jam antara Jakarta (Waktu Indonesia Barat) dengan Los Angeles (Westside USA) mencapai 13 jam.

Bahkan selisih dengan kota Santa Barbara tempat saya tinggal bisa setengah jam lebih lama, 13,5 jam. Sekalipun berdasarkan peta (lihat google map), Indonesia timur tepatnya pulau Maluku berbatasan dengan Los Angeles Amerika. Namun penghalang antara keduanya bukan selat seperti antara Batam Indonesia dengan Singapura, bukan pula laut seperti antara Cilacap dengan Australia.

Penghalang keduanya adalah Samudra Pasifik. Samudra terbesar se-dunia. (Iyalah samudra kan hanya ada dua, Pasific dan Atlantik). Jadi judul tulisan yang menyebutkan Indonesia-Amerika Serikat itu dekat pasti menurut anda salah. Kalau anda menghitung jarak berdasarkan fisika Newtonian yang melihat dimensi jarak itu berdasarkan waktu ( time ) dan tempat ( space ), maka memang benar Indonesia-Amerika itu jauh.

Tapi, kalau anda menghitung dengan fisika Quantum Einstein, ditambah fasilitas teknologi informasi, maka jarak antara keduanya itu sangat-sangat dekat. Kok sampai bawa-bawa fisika segala kayak ilmuwan sains saja? OK, saya hanya menjumput sedikit ilmu dan diolah untuk mempertahankan judul tulisan ini.

Ini bisa jadi benar, bisa jadi salah, tolong anda koreksi bila saya salah. Dalam fisika kuantum benda itu terdiri atas partikel, partikel terdiri atas atom dan atom terdiri atas subatom. Mereka pada hakekatnya adalah kumpulan gelombang-gelombanginformasi dan konsentrasi energi sebuah benda. Jadi tangan, mata atau laptop yang anda gunakan untuk membaca tulisan ini adalah tidak lain dari energi dan informasi.

Yang membedakan anda dengan benda lain atau dengan orang lain adalah getaran frekuensi energinya. Salah satu energi yang terus bergetar dan menjadi urat nadi manusia adalah hati atau pikiran. Pikiran kita itu bergetar sama dengan seseorang yang kita sayangi atau kita cintai ketika bertemu.

Getaran frekuensi energi pikiran kita itu ada dalam level yang sama dengan orang tersebut. Lalu apa kaitannya dengan jarak Indonesia-Amerika Serikat? Menurut Marshal McLuhan saat ini bumi sudah menjadi desa global ( global village ). Setiap orang tinggal seperti di sebuah desa buana yang bisa saling mengenal dan saling menyapa dengan mudah.

Apa yang menjadikannya mudah? tentu saja teknologi: televisi, radio, internet, dan telephone. Peristiwa yang terjadi di Indonesia dalam waktu yang hampir bersamaan (sekalipun ada delay beberapa detik) bisa saya ketahui melalui media massa online. Saya bisa melihat berita tentang bencana banjir yang menerjang Jakarta atau meletus Gunung Sinabung di Sumatra Utara langsung melalui media konvergen (koran online : okezone.com, kompas.com, republika.co.id ; atau TV streaming : http://www.tvonenews.tv/streaming, http://www.rcti.tv/streaming dll).