Isi Plakat Pendek Yang Mengakhiri Perlawanan Aceh?

0 Comments

Isi Plakat Pendek Yang Mengakhiri Perlawanan Aceh
KOMPAS.com – Plakat Pendek atau Korte Verklaring adalah surat pendek atau perjanjian yang ditandatangani oleh para pemimpin Aceh pada 1904. Isi Plakat Pendek adalah Kerajaan Aceh harus mengakui kekuasaan Belanda di Indonesia. Plakat Pendek merupakan buntut dari Perang Aceh yang berlangsung selama tiga dekade, yakni sejak 1873 hingga 1904. Baca juga: Sebab Khusus Terjadinya Perang Aceh

Apakah isi dari perjanjian pendek yg diberikan oleh Belanda ketika telah memenangkan peperangan dengan rakyat Aceh?

1. Aceh mengakui kedaulatan belanda atas daerahnya.2. Aceh tidak boleh berhubungan dengan bangsa lain selain dengan bangsa belanda.3. Aceh menaati perintah dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah belanda.

Apa isi dari plakat pendek?

Aceh 3.000 angkat Seujata Baru Goncang Dunia (Abulaot Nagan raya)

Pada tahun 1904, Sultan Aceh dipaksa untuk menandatangani Plakat Pendek yang isinya sebagai berikut.1. Aceh mengakui kedaulatan Belanda atas daerahnya.2. Aceh tidak diperbolehkan berhubungan dengan bangsa lain selain dengan belanda.3. Aceh menaati perintah dan peraturan Belanda.

Apa saja isi Plakat Panjang?

Maka Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1833 mengeluarkan pengumuman yang disebut ‘ Plakat Panjang ‘ berisi sebuah pernyataan bahwa kedatangan Belanda ke Minangkabau tidaklah bermaksud untuk menguasai negeri tersebut, mereka hanya datang untuk berdagang dan menjaga keamanan, penduduk Minangkabau akan tetap diperintah

Kapankah perang Aceh berakhir?

Kemudian peperangan beralih melawan Jepang yang datang pada tahun 1942. Peperangan ini berakhir dengan menyerahnya Jepang kepada Sekutu pada tahun 1945.