Garis Lantai Yang Digunakan Pada Tari Seudati Dari Aceh Adalah?

0 Comments

Garis Lantai Yang Digunakan Pada Tari Seudati Dari Aceh Adalah
GridKids.id – Kids, kamu pasti sudah tahu kalau Indonesia memiliki beragam kebudayaan dan kesenian yang kha s, salah satunya adalah ragam kesenian tari, Pada buku tematik kelas 6 SD tema 2 halaman 34, kamu diperlihatkan beberapa ilustrasi tarian daerah di Indonesia,

Salah satunya adalah Tari Seudati yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam, Tari Seudari diyakini sebagai bentuk baru dari Tari Ratoh atau Ratoih yang berkembang di daerah pesisir aceh. Baca Juga: Ciri-Ciri Tari Tradisional Beserta Contoh Tariannya yang Khas Tari Ratoh atau Ratoih bisanya dipentaskan untuk mengawali permainan sabung ayam dan berbagai ritual sosial lain seperti menyambut masa panen atau bulan purnama.

Pasca agama Islam masuk ke nusantara, terjadi proses akulturasi kebudayaan yang menghasilkan tarian seudati ini. Garis Lantai Yang Digunakan Pada Tari Seudati Dari Aceh Adalah Tangkap layar buku tematik kelas 6 SD tema 2 halaman 34 Gambaran pola lantai tari seudati, yaitu pola garis lurus vertikal Pada halaman yang sama ditampilkan tabel nama tarian dan pola lantainya. Kamu diminta untuk mengisi pola lantai sesuai dengan tarian daerahnya.

Pola lantai tarian seudati adalah pola lantai garis lurus vertikal. Pola lantai ini membentuk garis lurus menyudut ke kanan atas, ke kiri atas, ke kanan bawah atau ke kiri bawah. Pola lantai ini mencoba menunjukkan kedinamisan dan kekuatan dari para penarinya. Tarian ini dibawakan oleh delapan orang laki-laki sebagai penari utama, yang terdiri dari pemimpin yang disebut syeikh, satu orang pembantu syeikh, dua orang pembantu di sebelah kiri yang disebut apeetwie, satu orang pembantu di bagian belakang yang disebut apeet bak, dan tiga orang pembantu biasa.

Baca Juga: Fungsi dan Pola Tari Saman yang Berasal dari Provinsi Aceh, Sudah Tahu? Selain delapan orang penari utama itu, ada juga dua penyanyi yang mengiringi tarian yang disebut dengan aneuk syahi. Itulah jawaban dari pertanyaan pada halaman 35 tentang pola lantai tari seudati.

  • Pola lantai yang dibentuk oleh tarian ini berusaha untuk menunjukkan kekompakan dan kegagahan dari para penari laki-laki.
  • Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu.
  • Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
You might be interested:  Rumah Adat Yang Ada Di Provinsi Aceh?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Pola lantai apa yang digunakan pada tari Seudati dari Aceh?

ABSTRAK Kata kunci : analisis pola lantai tari kreasi seudati inong Penelitian yang berjudul “Analisis pola lantai tari kreasi seudati inong di sanggar lempia di Lampaseh Kota, Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh” mengangkat masalah tentang analisis pola lantai dan syair tari kreasi seudati inong di sanggar Lempia Banda Aceh.

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pola lantai tari kreasi seudati inong di desa Lampaseh Kota khususnya di sanggar Lempia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriftif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data dengan mereduksi, display, serta verifkasi.

Pola lantai tari kreasi seudati inong yang mana tarian tersebut ditarikan untuk pertujukan masyarakat di Aceh, tari kreasi seudati inong di tarikan oleh 8 perempuan. Pola lantai tari kreasi seudati inong memiliki keunikan di mana perpindahan pola lantai dilakukan sangat cepat berdasarkan syair yang dinyanyikan sehingga tarian ini sangat disukai oleh masyarakat Aceh maupun masyarakat luar Aceh.

  1. Tari kreasi seudati inong memiliki 12 pola lantai yaitu: dua bershaf, satu bershaf, pharangkang/jambo, rangkang, likok pesawat, blong, giring, jurung, jalan sago, nyap, puta ule, dua banjar.
  2. Sumber data dan lokasi peneitian ini adalah di sanggar Lempia Banda Aceh adapun beberapa nara sumbernya yaitu: Zufli Hermi (koreografer sanggar lempia sekaligus coordinator sanggar), Samsidar (pelatih sanggar lempia), Humaira (sebagai penari), Khana Ervina (sebagai penari), Salahudi (sebagai syahi di sanggar lempia).
You might be interested:  Tarif Jalan Tol Banda Aceh?

Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa tari kreasi seudati inong merupakan hasil dari penciptaan Zulfi Hermi.

Apa saja pola lantai tari andun?

JAKARTA, celebrities.id – Pola lantai tari Andun menggunakan pola lantai melingkar dimana para penarinya membentuk lingkaran yang bermakna supaya orang yang di dalam lingkaran penari itu dapat saling mendoakan. Biasanya, tari Andun ditampilkan di acara pernikahan pada malam hari.

Zaman dulu, tari ini digunakan sebagai sarana mencari jodoh setelah selesai musim panen padi. Namun saat ini, tari Andun digunakan sebagai sarana hiburan masyarakat di pesta pernikahan dan pelestarian tari daerah. Tarian ini dilakukan juga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat akan hasil panen yang mereka dapatkan.

Umumnya dilakukan oleh para pria bujang dan gadis perawan secara berpasangan pada malam hari dengan diringi musik kolintang. Musik untuk iringan tarian ini akan dimainkan dengan tempo yang cepat dan menyesuaikan dengan gerakan penari sehingga menampilkan gerakan tarian yang indah dan menawan.

Bagaimana pola lantai garis lurus?

Pola Lantai Garis Lurus –

Pola lantai garis lurus sering kita temui dalam pertunjukan tari tradisi di Indonesia. Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal (mendatar), vertikal (tegak), dan diagonal (menyudut). Dari bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.

  • Pola lantai garis lurus memberikan kesan sederhana tapi kuat.
  • Garis-garis mendatar akan memberikan kesan istirahat.
  • Sedangkan garis yang tegak lurus dapat memberikan kesan keseimbangan dan ketenangan.
  • Garis-garis lurus juga dimaknai sebagai sikap jujur.
  • Pola lantai garis lurus secara horizontal adalah pola yang menunjukkan hubungan antarmanusia.
You might be interested:  Umk Kota Banda Aceh 2021?

Contoh tarian tradisional yang menggunakan pola lantai garis lurus horizontal adalah tari Gantar dari Kalimantan Timur, dan tari Ratoh Jaroe dari Aceh. Pola garis lurus ini dalam bentuk vertikal menyimbolkan hubungan dengan Sang pencipta. Contoh tarian tradisional yang menggunakan pola lantai garis lurus vertikal adalah tari Srimpi Pandelori dari Yogyakarta, dan tari Baris Cengkedan dari Bali.

  • Apakah yang dimaksud dengan pola lantai garis diagonal?

    Pola lantai garis diagonal – Merupakan pola lantai yang mana penarinya harus membentuk garis menyudut ke kanan atau kiri. Pola ini memungkinkan para penari bergerak secara bergantian ke depan dan belakang. Kesan yang ditimbulkan dari jenis pola lantai ini adalah dinamis serta lincah.