Faktor Yang Mempengaruhi Aceh Menjadi Kerjaan Besar Dan Kuat Adalah:?

0 Comments

Faktor Yang Mempengaruhi Aceh Menjadi Kerjaan Besar Dan Kuat Adalah:
Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah E. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Kesultanan Aceh berdiri pada awal abad ke-16 oleh sultan pertamanya, yaitu Ali Mughayat Syah (1514-1530 M) yang bersamaan dengan datangnya armada Portugis ke Malaka.

Letak ibu kota aceh strategis. Aceh menjadi pintu gerbang pelayaran dari India dan Timur Tengah yang akan ke Malaka, China atau Jawa. Pelabuhan Aceh (Olele) memiliki persyaratan baik sebagai pelabuhan dagang. Daerah Aceh kaya tanaman lada sebagai mata dagang ekspor yang penting dalam mengadakan perdagangan internasional. Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis menyebabkan pedagang Islam banyak yang singgah ke Aceh, apalagi setelah jalur pelayaran beralih melalui sepanjang barat Sumatra.

Dengan demikian, faktor yang menyebabkan Aceh menjadi kota pelabuhan yang besar dan akhirnya menjadi kerajaan kuat dan mendominasi Selat Malaka adalah karena memiliki letak yang strategis, pelabuhannya memiliki persyaratan baik sebagai pelabuhan dagang, kaya akan rempah-rempah, dan jatuhnya Malaka ke Portugis.

Apa sajakah faktor yang mempengaruhi Aceh menjadi kerajaan besar?

Kerajaan Aceh memiliki wilayah yang luas. Selain itu, juga mampu melakukan perdagangan ke wilayah China, India, Gujarat, Timur Tengah sampai ke Turki. Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Aceh berkembang pesat menjadi kerajaan besar. Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Aceh berkembang pesat menjadi kerajaan besar. Beberapa faktor pendukung Kerajaan Aceh berkembang pesat yaitu:

letak ibu kota aceh strategis di pintu gerbang pelayaran dari India dan Timur Tengah yang akan ke Malaka, China atau Jawa, pelabuhan Aceh (Olele) memiliki persyaratan baik sebagai pelabuhan dagang. Pelabuhan itu terlindung dari ombak besar oleh Pulau We, Pulau Nasi dan Pulau Breuen, daerah Aceh kaya tanaman lada sebagai mata dagang ekspor yang penting dalam mengadakan perdagangan internasional, jatuhnya Malaka ke tangan Portugis menyebabkan pedagang Islam banyak yang singgah ke Aceh, apalagi setelah jalur pelayaran beralih melalui sepanjang barat Sumatera.

You might be interested:  Biaya Pembuatan Sim Di Banda Aceh?

Dengan demikian, Aceh dapat berkembang menjadi sebuah kerajaan dengan bandar dagang yang sangat ramai dan maju karena letak yang strategis, memiliki persyaratan baik sebagai pelabuhan dagang, Aceh kaya tanaman lada sebagai mata dagang ekspor, Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis.

Mengapa pelabuhan Aceh menjadi pusat perdagangan yang ramai dan kuat?

Jawaban: Letak nya yg strategis Penjelasan: Pelabuhan aceh terletak di jalur perdagangan lintas dunia yg ramai (selat malaka). Hal ini mengakibatkan, pelabuhan aceh menjadi pusat perdagangan yg ramai dan kuat. maaf kalo salah