Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Runtuhnya Kerajaan Aceh Antara Lain?

0 Comments

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Runtuhnya Kerajaan Aceh Antara Lain
Kerajaan Aceh merupakan kerajaan yang terletak di bagian utara Pulau Sumatra. Kerajaan ini mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Hal ini ditandai dengan perluasan wilayah dan perkembangan ekonomi yang pesat. Akan tetapi, lambat laun Kerajaan Aceh mengalami kemunduran.

  • Terdapat beberapa faktor umum di balik kemunduran Kerajaan Aceh.
  • Pertama, tidak adanya pemimpin yang cakap setelah wafatnya Sultan Iskandar Muda.
  • Edua, terjadi perpecahan internal antara kaum bangsawan kerajaan dengan kaum agama.
  • Etiga, banyak wilayah yang memisahkan diri, termasuk Johor, Pahang, Perlak, Minangkabau, Siak, dan lainnya.

Selain faktor-faktor umum di atas, terdapat pula faktor khusus yang mendorong keruntuhan Kerajaan Aceh. Pada tahun 1873, Kerajaan Aceh mulai berperang dengan Belanda. Meskipun telah berjuang selama 30 tahun, akhirnya Kerajaan Aceh menyerah kepada Belanda.

Apa yang menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit?

Faktor Penyebab Kemajuan Hingga Keruntuhan Kerajaan Aceh

Perebutan takhta – Setelah kematian Hayam Wuruk, internal Majapahit mengalami gejolak akibat adanya perebutan kekuasaan atas jabatan raja. Adapun perebutan kekuasaan atas takhta kerajaan ini melibatkan Bhre Wirabhumi, yang merupakan anak dari selir Hayam Wuruk, melawan Wikramawardhana, menantu Hayam Wuruk.

Apa saja faktor yang menyebabkan jatuhnya kerajaan Medang Kamulan?

Runtuhnya Medang Kamulan – Ketika pesta pernikahan putri Raja Dharmawangsa dengan Airlangga, terjadi serangan mendadak dari Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya menyerang Medang Kamulan dengan bantuan dari Kerajaan Wurawari. Serangan tersebut mengakibatkan meninggalnya keluarga Kerajaan Medang.

Sementara itu, Airlangga dan pengikut setianya berhasil selamat. Pada 1031, Airlangga berupaya memulihkan kejayaan Dinasti Isyana dengan mengangkat dirinya sebagai raja. Baca juga: Pembangunan pada Masa Pemerintahan Raja Airlangga di Kahuripan Airlangga menggunakan gelar Rakai Hali Sri Lakeswara Dharmawangsa Airlangga Teguh Ananta Wikramatunggadewa.

Ia kemudian memindahkan pusat pemerintahan ke wilayah Kahuripan. Airlangga secara perlahan mengembalikan Dinasti Isyana dengan mendirikan Kerajaan Kahuripan. Referensi:

You might be interested:  Bagaimana Ciri Khas Gerakan Tari Daerah Aceh?

Wignjosoebroto, Wiranto. (2016). Mencari Jejak Kahuripan: Kerajaan Hindu Tertua dan Terlama di Tanah Jawa, Yogyakarta: K-Media.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa penyebab runtuhnya Kerajaan Samudera Pasai Malaka dan Aceh?

Runtuhnya kerajaan Samudra Pasai adalah disebabkan karena masalah internal dan eksternal. Adapun faktor internal yang dimaksud adalah perang antar saudara di dalam tubuh kerajaan, yakni kaitannya dengan perebutan kekuasaan.Selain itu, penyebab keruntuhan kerajaan Samudra Pasai yang kedua adalah karena kedatangan Portugis ke Nusantara.

Erajaan Samudra Pasai dikuasai oleh Portugis pada tahun 1924 selama tiga tahun Di mana Selat Malaka yang dikuasai Portugis itu adalah lingkup wilayah Samudra Pasai yang kemudian dengan mudahnya Portugis masuk ke wilayah kerajaan.Selanjutnya, pada tahun 1345, Gajah Mada memimpin pasukan Majapahit untuk menaklukkan kekuasaan Sultan Ahmad Malik Az-Zahir.

Dengan demikian, faktor penyebab runtuhnya Samudra Pasai adalah perebutan kekuasaan di dalam kerajaan, serangan dari Portugis dan serangan dari Kerajaan Majapahit. – Runtuhnya kerajaan Samudra Pasai adalah disebabkan karena masalah internal dan eksternal.

  • Adapun faktor internal yang dimaksud adalah perang antar saudara di dalam tubuh kerajaan, yakni kaitannya dengan perebutan kekuasaan.
  • Selain itu, penyebab keruntuhan kerajaan Samudra Pasai yang kedua adalah karena kedatangan Portugis ke Nusantara.
  • Erajaan Samudra Pasai dikuasai oleh Portugis pada tahun 1924 selama tiga tahun Di mana Selat Malaka yang dikuasai Portugis itu adalah lingkup wilayah Samudra Pasai yang kemudian dengan mudahnya Portugis masuk ke wilayah kerajaan.
You might be interested:  Sebutkan Pahlawan Yang Berasal Dari Aceh?

Selanjutnya, pada tahun 1345, Gajah Mada memimpin pasukan Majapahit untuk menaklukkan kekuasaan Sultan Ahmad Malik Az-Zahir. Dengan demikian, faktor penyebab runtuhnya Samudra Pasai adalah perebutan kekuasaan di dalam kerajaan, serangan dari Portugis dan serangan dari Kerajaan Majapahit.