Buat Npwp Di Banda Aceh?

0 Comments

Buat Npwp Di Banda Aceh
Vragen en antwoorden Een vraag stellen Alle vragen bekijken (19)

Dimana kita bisa mengurus NPWP?

Fungsi NPWP dan Cara Membuatnya – Berdasarkan Pasal 1 Nomor 6 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007, NPWP adalah identitas atau tanda pengenal bagi wajib pajak yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). NPWP terdiri dari 15 digit angka sebagai kode unik. Kode unik inilah yang nantinya menjamin data perpajakan Anda tidak tertukar dengan wajib pajak lainnya.

  1. Lalu apa arti dari kode seri NPWP? Contoh NPWP: 12.345.678.9-001.002 Sembilan digit pertama pada NPWP merupakan kode unik dari identitas Wajib Pajak.
  2. Tiga digit selanjutnya adalah kode unik dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
  3. Jika terdaftar sebagai Wajib Pajak baru, kode tersebut merupakan kode tempat Wajib Pajak melakukan pendaftaran.

Sedangkan bila statusnya sebagai Wajib Pajak lama, maka itu adalah kode tempat wajib pajak saat ini. Tiga digit terakhir menandakan status Wajib Pajak.000 berarti pusat atau tunggal.00x (001,002) berarti cabang dengan nomor terakhir menunjukkan urutan cabang.

Siapa yang perlu punya NPWP? 1. Orang Pribadi, wanita yang sudah menikah pun akan dikenai pajak secara terpisah dikarenakan : Memiliki kehidupan yang terpisah berdasarkan keputusan dari hakim. Adanya penghendakan secara tertulis berdasarkan dari perjanjian pada pemisahan penghasilan dan harta. Memilih dalam melaksanakan hak dan juga memenuhi semua kewajiban pajaknya yang dilakukan secara terpisah dari suami walaupun tidak terdapat adanya perjanjian dari pemisahan penghasilan dan harta.2.

Wajib Pajak Badan, yang mana memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai yang membayarkan pajak, memotong dan memungut pajak yang disesuaikan dengan peraturan Undang-Undang perpajakan.3. Wajib Pajak Badan, yang mana hanya memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai yang memotong atau memungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan Undang-Undang perpajakan.4.

Bendahara yang mana ditunjuk sebagai yang memotong atau memungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan Undang-Undang perpajakan.5. Wajib Pajak Pribadi, selain semua yang disebutkan diatas dan dapat memilih mendaftarkan dirinya untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Jenis NPWP Menurut jenisnya, NPWP dibedakan menjadi dua, yaitu: 1.

NPWP Pribadi, diberikan kepada setiap orang yang mempunyai penghasilan di Indonesia.2. NPWP Badan, diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang mempunyai penghasilan di Indonesia. Manfaat memiliki NPWP Identitas wajib pajak ini memberikan banyak manfaat baik untuk keperluan administrasi perpajakan atau untuk urusan administrasi di luar perpajakan.

Berapa biaya untuk membuat NPWP?

Untuk biaya pengurusan dan pembuatan NPWP, serta semua layanan di Kantor Pelayanan Pajak adalah gratis atau tanpa dipungut biaya.

Buat NPWP Online bayar berapa?

Biaya Membuat Kartu NPWP 2021 – Budaya mengeluarkan biaya memang sudah melekat di masyarakat dan tidak bisa dipungkiri jika tidak semua biaya itu bersifat legal. Yang artinya ada biaya-biaya yang tidak seharusnya ada namun diada-ada. Termasuk juga dengan biaya pembuatan NPWP.

Berapa biaya pembuatan NPWP menurut Anda? Mungkin Anda pernah dengar dari rekan Anda yang kebetulan pernah mengurus NPWP. Atau mungkin Anda pernah ditawari oleh seseorang untuk menguruskan NPWP. Berapa angka nominal yang sering Anda dengar? Rp 50.000? Rp 100.000? Rp 500.000? Atau Rp 1 Juta? Biaya-biaya tersebut tidak ada yang salah.

Jika Anda mengurus NPWP melalui pihak lain entah itu notaris, konsultan keuangan, atau konsultan pajak tentu saja mereka memberikan tarif atas jasa yang mereka berikan. Namun bagaimana jika Anda sendiri yang mengurus? Jadi, biaya mengurus NPWP sendiri adalah gratis.

Baik yang dilakukan secara manual maupun secara online. Kantor pajak tidak mengenakan biaya atas jasa pembuatan NPWP. Biaya ini juga tidak berlaku ketika Anda mengurus secara online. Jika Anda membuat NPWP secara online, maka kartu NPWP akan dikirim ke alamat yang Anda gunakan saat mendaftar, dan biaya atas pengiriman kartu NPWP ini adalah gratis.

Kantor pajak sama sekali tidak memungut biaya atas proses pembuatan NPWP.

Apakah kartu NPWP bisa langsung jadi?

Secara Aturan, NPWP Anda akan langsung diproses saat itu juga jika sudah dinyatakan lengkap, namun yang perlu Anda tahu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar harus dikirim lewat POS ke alamat yang Anda cantumkan saat mendaftar.

NPWP untuk umur berapa?

Mohon petunjuk dan ketentuan yang terkait. klo sudah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif, wajib memiliki NPWP umunya klo batasan umur, 21 tahun tapi klo belom memiliki penghasilan, belom wajib

You might be interested:  Alamat Shopee Express Banda Aceh?

NPWP untuk apa sih?

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP merupakan identitas yang dimiliki wajib pajak di Indonesia. Lembaga yang mengeluarkan NPWP yakni Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Kartu NPWP bisa dikatakan sama pentingnya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

  • Nomor ini wajib dimiliki orang yang telah memenuhi persyaratan tertentu sebagai wajib pajak.
  • Terkait hal ini, pemerintah juga telah mengesahkan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan bersama DPR.
  • Salah satu ketentuannya yakni penambahan fungsi Nomor Induk Kependuduk (NIK) sebagai instrumen data perpajakan atau pengganti NPWP orang pribadi.

Untuk itu, penting bagi masyarakat memahami definisi NPWP, Apa fungsi dan manfaat memiliki NPWP? Siapa yang wajib memiliki NPWP? Apakah ada warga negara Indonesia yang tidak wajib memiliki NPWP? Menurut UU Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan.

  • NPWP ini dipergunakan sebagai tanda pengenal wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
  • Selain sebagai identitas wajib pajak, NPWP juga berfungsi untuk menjaga ketaatan dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.
  • Sebab, seseorang yang telah memiliki NPWP akan lebih mudah terakses oleh DJP.

Segala hal yang berhubungan dengan dokumen perpajakan seperti pelaporan SPT Tahunan maupun SPT Masa wajib menyertakan NPWP. Bagi wajib pajak, kartu NPWP berfungsi sebagai tanda pengenal diri atau identitas. Hal ini karena satu nomor NPWP hanya berlaku untuk satu wajib pajak.

  1. Sehingga dapat dipastikan bahwa tidak mungkin ada NPWP yang sama untuk lebih dari satu orang di seluruh Indonesia.
  2. NPWP juga berfungsi untuk menjaga ketertiban dalam administrasi perpajakan sehingga memungkinkan wajib pajak untuk memenuhi hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak.
  3. NPWP biasanya terdiri atas 15 angka sebagai kode unik yang diacu para wajib pajak agar tidak tertukar satu sama lain.

NPWP terdiri dari 15 digit. Rinciannya, sembilan digit pertama NPWP adalah kode wajib pajak, sedangkan enam digit berikutnya merupakan kode administrasi perpajakan. Penerbit NPWP yaitu kantor pajak yang berwenang, dan telah diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak.

Apakah orang yang punya NPWP harus bayar pajak?

Dalam keadaan tertentu, punya NPWP tapi tidak bayar pajak adalah perbuatan melanggar hukum. Namun, bagi wajib pajak non-efektif, diperbolehkan untuk tidak membayar dan melaporkan pajak. Banyak orang bertanya-tanya, jika punya NPWP tapi tidak bayar pajak apakah merupakan perbuatan melanggar hukum? Faktanya, masih banyak pemilik NPWP yang tidak taat pajak.

Apa saja keuntungan memiliki NPWP?

2. Mempermudah Urusan Perpajakan – Manfaat lain dari NPWP adalah berkaitan langsung dengan kemudahan pengurusan segala bentuk administrasi perpajakan. Jika tidak memiliki NPWP, bisa jadi tidak diperkenankan untuk membuat dokumen-dokumen tersebut. Berikut adalah beberapa kemudahan yang akan didapatkan bagi mereka yang memiliki NPWP.

Mengurusi Restitusi Pajak

Apa yang dirasakan jika sudah terlanjur membayar pajak yang pembayarannya melebihi angka seharusnya? Sudah pasti akan berusaha untuk mengambil kembali kelebihan uang yang dibayarkan. Nah inilah yang disebut restitusi, yaitu pembayaran pajak yang melebihi batas seharusnya. Selainnya tidak diperkenankan untuk proses pengambilan, karena kepemilikan NPWP adalah syarat utama dalam hal tersebut. Nah bagi yang sudah memiliki NPWP, tidak usah terlalu khawatir jika ternyata uang yang dibayarkan berlebih.

Pengajuan Pengurangan Pembayaran Pajak

Setiap orang memiliki tingkat kemampuan finansial yang berbeda-beda. Kondisi ini jelas mempengaruhi seseorang dalam hal pembayaran pajak, khususnya lagi bagi mereka yang terkena wajib pajak. Jika si wajib pajak ingin melakukan pengajuan keberatannya berkenaan dengan jumlah pajak yang mesti dibayarkan, maka NPWP akan sangat dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk memperlancar proses tersebut.

Mengetahui Jumlah Pajak yang Mesti Dibayarkan

Apa yang dirasakan jika lupa atau bahkan tidak mengetahui sama sekali jumlah pajak yang harus dibayarkan? Tentu bingung dan tidak tahu harus membayar berapa. Nah solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan kepemilikan NPWP. Alat ini akan bermanfaat di saat melakukan pelaporan berkenaan dengan jumlah pajak yang mesti dibayarkan serta pada saat hendak menyetorkan pajak tersebut.

Pemotongan Pajak yang Rendah

Inilah yang akan sangat terasa manfaatnya jika seseorang memiliki NPWP. Bagi mereka yang terkena wajib pajak perorangan namun tidak memiliki NPWP maka pemotongan pajak pada penghasilannya adalah sebesar 20% lebih tinggi dari jumlah pajak yang mesti dibayarkan.

Apa itu NPWP dan apa saja syaratnya?

Apa Itu NPWP Pribadi? – Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan NPWP, dalam hal ini NPWP Pribadi? NPWP pribadi adalah Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan Ditjen Pajak untuk orang perorangan. Wajib pajak orang pribadi tersebut membutuhkan NPWP sebagai Kartu identitas resmi untuk transaksi perpajakan seperti hitung, setor, dan lapor pajak pribadi dan tidak ditujukan untuk transaksi perpajakan badan usaha.

Apakah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak itu wajib? Jika Anda menerima penghasilan kena pajak dari suatu perusahaan ataupun usaha sendiri, Anda wajib menyetorkan pajak terutang tersebut pada negara. Oleh karena itu, Anda diwajibkan memiliki NPWP untuk semua transaksi perpajakan Anda. Bagaimana jika tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak? Konsekuensinya bila Anda tidak memiliki NPWP, maka Anda akan dikenakan sanksi tarif pajak yang lebih tinggi dari tarif normal,

You might be interested:  Pemimpin Rakyat Aceh Dan Ternate Yang Melakukan Perlawanan Jawaban?

Jadi, lebih baik punya bukan? Buat Npwp Di Banda Aceh

Apakah kartu NPWP berlaku seumur hidup?

Cara Mengaktifkan NPWP Non-Efektif – NPWP bisa saja dinonaktifkan dan tidak dapat dipergunakan untuk keperluan perpajakan, meski masa berlaku NPWP adalah seumur hidup. Dalam hal ini, status NPWP yang dinonaktifkan tersebut dikenal dengan istilah NPWP Non-Efektif atau NPWP NE.

Dimana membuat NPWP offline?

Cara membuat NPWP offline Permohonan itu disampaikan ke KPP atau KP2KP di tempat tinggal atau tempat kegiatan usaha Wajib Pajak.

Apa yg dimaksud NPWP pribadi?

NPWP Orang Pribadi (NPWP OP) – NPWP Orang Pribadi adalah sebuah Nomor Pokok Wajib Pajak yang dimiliki per-individu oleh setiap orang yang sudah memiliki pekerjaan atau berpenghasilan tetap di Indonesia. Adapun beberapa kategori dalam WP OP diantaranya yaitu :

Orang Pribadi (Induk)

Bagi WP yang belum menikah dan suami sebagai kepala keluarga maka diwajibkan untuk memiliki NPWP Orang Pribadi (Induk).

Hidup Berpisah (HB)

Bagi WP yang merupakan wanita berstatus menikah yang dikenakan pajak secara terpisah karena hidup berpisah dengan suami berdasarkan putusan hakim diwajibkan untuk memiliki NPWP Hidup Berpisah (HB).

Pisah Harta (PH)

Bagi WP yang merupakan suami-istri yang dikenakan pajak secara terpisah karena menghendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan secara tertulis diwajibkan untuk memiliki NPWP Pisah Harta (PH).

Berapa lama proses pengiriman kartu NPWP?

‘KPP akan menerbitkan Kartu NPWP, SKT, dan EFIN paling lama 1 hari kerja dalam hal sudah sesuai ketentuan,’ tulis Kring Pajak merespons keluhan wajib pajak melalui Twitter.

Apakah membuat NPWP bisa di wakilkan?

Cara Membuat NPWP – Untuk menjaga kerahasiaan sesuai amanat Undang-undang, maka pembuatan NPWP tidak dapat diwakilkan, Namun tidak usah bimbang, karena DJP telah menyediakan saluran-saluran yang dapat dimanfaatkan, seperti pengiriman permohonan melalui pos/jasa ekspedisi/kurir tercatat, datang langsung ke kantor pajak sesuai domisili di KTP, atau melalui Dashboard Pendaftaran NPWP Online di laman https://ereg.pajak.go.id/, Nah, karena ‘zaman now’ internet adalah sesuatu yang tidak asing, maka channel online ini bisa menjadi pilihan, berikut tahapannya:

Berapa lama proses pembuatan NPWP di kantor pajak?

Cara Membuat NPWP – NPWP dibutuhkan tak hanya oleh wajib pajak orang pribadi, namun juga wajib pajak badan. Dengan demikian, jenis NPWP pun ada dua macam, yakni NPWP pribadi yang diberikan kepada setiap orang yang memiliki penghasilan di Indonesia dan NPWP Badan untuk perusahaan atau badan usaha yang berpenghasilan di Indonesia.

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi Warga Negara Indonesia; atau
  • Fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), bagi Warga Negara Asing.

Wajib Pajak orang pribadi, yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas berupa:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi Warga Negara Indonesia, atau fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), bagi Warga Negara Asing, dan fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa atau lembar tagihan listrik dari Perusahaan Listrik/ bukti pembayaran listrik; atau
  • Fotokopi e-KTP bagi Warga Negara Indonesia dan surat pernyataan di atas meterai dari Wajib Pajak orang pribadi yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menghitung Besaran Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Dalam hal Wajib Pajak orang pribadi adalah wanita kawin yang dikenai pajak secara terpisah karena menghendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, dan wanita kawin yang memilih melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya secara terpisah, permohonan juga harus dilampiri dengan:

  • Fotokopi Kartu NPWP suami;
  • Fotokopi Kartu Keluarga; dan
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.

Wajib Pajak Badan Untuk Wajib Pajak badan yang memiliki kewajiban perpajakan sebagai pembayar pajak, pemotong dan/atau pemungut pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk bentuk usaha tetap dan kontraktor dan/atau operator di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi yangberorientasi pada profit (profit oriented) berupa :

  • Fotokopi akta pendirian atau dokumen pendirian dan perubahan bagi Wajib Pajak badan dalam negeri, atau surat keterangan penunjukan dari kantor pusat bagi bentuk usaha tetap;
  • Fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak salah satu pengurus, atau fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa dalam hal penanggung jawab adalah Warga Negara Asing; dan
  • Fotokopi dokumen izin usaha dan/atau kegiatan yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa atau lembar tagihan listrik dari Perusahaan Listrik/bukti pembayaran listrik.
You might be interested:  Suku Bangsa Yang Berasal Dari Daerah Aceh?

Baca juga: Jika Punya NPWP Elektronik, Apakah Masih Perlu Kartu Fisik? Wajib Pajak badan yang tidak berorientasi pada profit dokumen yang dipersyaratkan hanya berupa:

Fotokopi e-KTP salah satu pengurus badan atau organisasi; dan surat keterangan domisili dari pengurus Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW).

Wajib Pajak badan yang hanya memiliki kewajiban perpajakan sebagai pemotong dan/atau pemungut pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk bentuk kerja sama operasi (Joint Operation), berupa :

  • Fotokopi Perjanjian Kerjasama/Akte Pendirian sebagai bentuk kerja sama operasi (Joint Operation);
  • Fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak masing-masing anggota bentuk kerja sama operasi (Joint Operation) yang diwajibkan untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak;
  • Fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak orang pribadi salah satu pengurus perusahaan anggota bentuk kerja sama operasi (Joint Operation), atau fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa dalam hal penanggung jawab adalah Warga Negara Asing; dan
  • Fotokopi dokumen izin usaha dan/atau kegiatan yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa.

Wajib Pajak Bendaharawan Untuk Bendahara yang ditunjuk sebagai pemotong dan/atau pemungut pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan berupa:

  • Fotokopi surat penunjukan sebagai Bendahara; dan
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk.

Wajib Pajak dengan status cabang dan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu Dokumen yang dilampirkan berupa:

  • Fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak pusat atau induk;
  • Surat keterangan sebagai cabang untuk Wajib Pajak Badan; dan
  • Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa bagi Wajib Pajak badan; atau
  • Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa atau lembar tagihan listrik dari Perusahaan Listrik/ bukti pembayaran listrik atau surat pernyataan di atas meterai dari Wajib Pajak orang pribadi yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu.

Baca juga: Syarat dan Cara Membuat NPWP Cara Membuat Buat NPWP Offline

  1. Mendatangi kantor pelayanan pajak.

    NPWP untuk apa sih?

    NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP merupakan identitas yang dimiliki wajib pajak di Indonesia. Lembaga yang mengeluarkan NPWP yakni Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Kartu NPWP bisa dikatakan sama pentingnya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

    1. Nomor ini wajib dimiliki orang yang telah memenuhi persyaratan tertentu sebagai wajib pajak.
    2. Terkait hal ini, pemerintah juga telah mengesahkan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan bersama DPR.
    3. Salah satu ketentuannya yakni penambahan fungsi Nomor Induk Kependuduk (NIK) sebagai instrumen data perpajakan atau pengganti NPWP orang pribadi.

    Untuk itu, penting bagi masyarakat memahami definisi NPWP, Apa fungsi dan manfaat memiliki NPWP? Siapa yang wajib memiliki NPWP? Apakah ada warga negara Indonesia yang tidak wajib memiliki NPWP? Menurut UU Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan.

    1. NPWP ini dipergunakan sebagai tanda pengenal wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
    2. Selain sebagai identitas wajib pajak, NPWP juga berfungsi untuk menjaga ketaatan dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.
    3. Sebab, seseorang yang telah memiliki NPWP akan lebih mudah terakses oleh DJP.

    Segala hal yang berhubungan dengan dokumen perpajakan seperti pelaporan SPT Tahunan maupun SPT Masa wajib menyertakan NPWP. Bagi wajib pajak, kartu NPWP berfungsi sebagai tanda pengenal diri atau identitas. Hal ini karena satu nomor NPWP hanya berlaku untuk satu wajib pajak.

    Sehingga dapat dipastikan bahwa tidak mungkin ada NPWP yang sama untuk lebih dari satu orang di seluruh Indonesia. NPWP juga berfungsi untuk menjaga ketertiban dalam administrasi perpajakan sehingga memungkinkan wajib pajak untuk memenuhi hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak. NPWP biasanya terdiri atas 15 angka sebagai kode unik yang diacu para wajib pajak agar tidak tertukar satu sama lain.

    NPWP terdiri dari 15 digit. Rinciannya, sembilan digit pertama NPWP adalah kode wajib pajak, sedangkan enam digit berikutnya merupakan kode administrasi perpajakan. Penerbit NPWP yaitu kantor pajak yang berwenang, dan telah diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak.

    NPWP bisa digunakan untuk apa saja?

    Dilansir dari Direktorat Jenderal Pajak, pengertian dari Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

    Dimana membuat NPWP offline?

    Cara membuat NPWP offline Permohonan itu disampaikan ke KPP atau KP2KP di tempat tinggal atau tempat kegiatan usaha Wajib Pajak.