Berikut Ini Alat Musik Yang Berasal Dari Aceh?

0 Comments

Berikut Ini Alat Musik Yang Berasal Dari Aceh
7. Alat Musik Rapai atau Rebana – Alat musik tradisional Aceh selanjutnya adalah Rapai. Sama seperti rebana pada umumnya, Rapai merupakan instrumen ritmis yang dibuat dari bahan kayu dan kulit lembu. Ia dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan.

  1. Berdasarkan sejarahnya, alat musik ini diperkirakan berasal dari Irak.
  2. Rapai sendiri berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi 6 jenis, di antaranya Rapai Pasee, Rapai Daboih, Rapai Geurimpheng, Rapai Pulot, Rapai Anak, dan Rapai Kisah.
  3. Adapun dalam peruntukannya, instrumen ini dapat dimainkan secara tunggal sebagai pengiring tarian maupun sebagai sebagai pelengkap dalam pertunjukan orkestra Serune Kalee.

Baca Juga:

Apa alat musik yang berasal dari Aceh?

Serune Kalee merupakan isntrumen tradisional Aceh yang telah lama berkembang dan dihayati oleh masyarakat Aceh. Musik ini populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat. Biasanya alat musik ini dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang pada acara-acara hiburan, tarian, penyambutan tamu kehormatan.

Serune Kalee merupakan alat musik untuk mengiringi tarian daerah berasal dari daerah manakah Serune kalee?

MENGENAL ALAT MUSIK TRADISIONAL PROVINSI ACEH DAN PROVINSI SUMATERA UTARA

KOMPAS.com – Indonesia dikenal memiliki beragam kebudayaan dari Sabang sampai Merauke. Sama seperti daerah lainnya, Aceh yang dikenal sebagai rumah dari berbagai suku tentu memiliki kebudayaan khasnya. Hal tersebut dapat dilihat dari alat musik tradisional Aceh yang sering dijumpai dalam perayaan besar maupun untuk menyambut tamu yang datang. Berikut tujuh alat musik tradisional Aceh:

Serune Kalee

Serune kale merupakan alat musik tiup yang berbentuk seperti seruling dan klarinet. Surya Rahman dalam modul berjudul Teknik Instrumen Tiup (2019) menyebutkan nama serune kale berasal dari serune yang berarti alat musik tradisional Aceh dan kale yang merujuk pada daerah Kale di kabupaten Aceh Besar. Serune kalee dimainkan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan kebudayaan Aceh.

You might be interested:  Sebutkan Persiapan Yang Dilakukan Bangsa Aceh Untuk Melawan Portugis?

Berikut Ini Alat Musik Yang Berasal Dari Aceh wikipedia.org/Tropenmuseum Alat musik Geundrang Aceh Geundrang

Dilansir dari Warisan Budaya Takbenda Indonesia, geundrang merupakan alat musik bagian dari perangkat musik Serune Kalee dan dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan ataupun kayu. Baca juga: Daftar Alat Musik Tradisional di Indonesia Geundrang berbentuk seperti gendang yang terbuat dari kayu dan kulit kambing yang diikat dengan rotan.

Canang

Canang adalah alat musik tradisional aceh berbentuk gong kecil yang dibuat dari kuningan atau perunggu. Jalil Irfandi dkk dalam jurnal berjudul Mecanang Gung Pada Pesta Pernikahan Suku Kluet Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan (2016), menyebutkan canang merupakan gong medium yang nadanya tidak terlampau rendah sehingga memiliki bunyi yang melengking.

Arbab

Arbab adalah alat musik tradisional Aceh yang memiliki bentuk mirip dengan biola. Arbab terbuat dari tempurung kelapa, bambu, kulit kambing, dan dawai yang terbuat dari benang hori. Sementara alat geseknya terbuat dari bulu ekor kuda ataupun ijuk pohon enau yang kuat. Berikut Ini Alat Musik Yang Berasal Dari Aceh wikipedia.org/commons Alat musik Bangsi Alas, tradisional Aceh

Bangsi Alas

Bangsi Alas atau bensi merupakan alat musik tiup tradisional Aceh yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan bentuk yang mirip dengan seruling. Bensi dibuat dengan dari bambu pilihan agar dapat menghasilkan nada yang bagus. Baca juga: Alat Musik Daerah Bengkulu Beberapa buah bamboo akan dihanyutkan secara bersamaanke sungai, bamboo yang paling pertama hanyutlah yang akan dipilih untuk membuat Bengsi Alas.