Belanda Mengutus Seorang Ahli Yang Mencari Kelemahan Rakyat Aceh Yang Bernama?

0 Comments

Belanda Mengutus Seorang Ahli Yang Mencari Kelemahan Rakyat Aceh Yang Bernama
Temuan penting Dr. Snouck Hurgronje – Pada 23 Mei 1892, Dr. Snouck Hurgronje menulis sebuah laporan kepada pemerintah Belanda yang diberi judul Atjeh Verslag. Laporan tersebut berisi temuannya selama menyamar dan beberapa cara menaklukkan Aceh berdasarkan pihak yang akan dihadapi.

  1. Meskipun sultan berhasil ditundukkan, bukan berarti para kepala daerah akan menyerah begitu saja kepada Belanda.
  2. Terlebih lagi, pengaruh para ulama terhadap rakyat sangat kuat.
  3. Itulah mengapa, sangat sulit untuk mengalahkan pertahanan rakyat Aceh yang keyakinan agamanya sangat kuat. Dr.
  4. Snouck Hurgronje juga menyatakan bahwa satu-satunya jalan baik untuk ditempuh dan akan membawa hasil adalah dengan memecah belah kekuatan yang ada dalam masyarakat Aceh.

Kaum ulama yang memimpin perlawanan harus dihadapi dengan kekuatan senjata. Terkait masalah ini, Dr.Snouck Hurgronje mengusulkan untuk mengadakan serangan umum di Aceh yang dipimpin oleh tokoh Belanda yang bernama J.B van Heutz, Gubernur Sipil dan Militer Aceh.

Di samping itu, Belanda akan membuka kesempatan bagi bangsawan Aceh dan anak-anaknya untuk masuk dalam korps pamong praja pemerintah kolonial. Beberapa usulan Dr.Snouck Hurgronje kemudian digunakan oleh Belanda untuk membuat siasat perang yang baru. Penugasan Dr.Snouck Hurgronje pun terbukti mampu membalikkan keberuntungan Belanda.

Pasalnya, beberapa serangan gerilnya berhasil dipatahkan dan Kesultanan Aceh takluk pada 1903. Referensi:

Poesponegoro, Marwati Djoened dan Nugroho Notosusanto (Eds). (2008). Sejarah Nasional Indonesia IV: Kemunculan Penjajahan di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa saran Snouck Hurgronje kepada Belanda untuk memenangkan Perang Aceh?

Snouck Hurgronje adalah seorang sarjana Belanda budaya Oriental dan penasehat urusan Pribumi untuk pemerintah kolonial Hindia Belanda. Snouck Hurgronje ini diberikan tugas oleh Belanda untuk melakukan kajian tentang seluk beluk kehidupan dan semangat juang orang-orang Aceh, agar segera ditemukan strategi untuk mengalahkan rakyat Aceh.Ia kemudian menyamar dan memasuki kehidupan orang-orang Aceh dengan namasamaran Abdul Gafar.Ia kemudian mempelajari Islam dan adat istiadat orang Aceh.

Snouck Hurgronje berhasil menyimpulkan bahwa semangat jihad dengan tali ukhuwah Islamiyah orang-orang Aceh menjadi kekuatan yang sulit untuk dikalahkan. Akhirnya, Snouck Hurgronje memberikan usulan untuk melawan perjuangan rakyat Aceh yaitu dengan cara: perlu memecah belah persatuan dan kekuatan masyarakat Aceh.

menghadapi kaum ulama yang fanatik dalam memimpin perlawanan harus dengan kekerasan. bersifat lunak terhadap kaum bangsawan dan keluarganya serta diberi kesempatan untuk masuk kedalam korps pamong praja dalam pemerintahan kolonial Belanda. menggunakan siasat untuk kemakmuran rakyat dengan membangun mesjid, memperbaiki jalan serta irigasi yang mampu menarik simpati rakyat Aceh.

You might be interested:  Suzuya Banda Aceh Punya Siapa?

Apa siasat yang dipakai Belanda untuk menghadapi perlawanan rakyat Aceh?

Strategi yang digunakan pemerintah Belanda dalam menghadapi perlawanan rakyat Aceh ialah dengan melakukan strategi Devide Et Impera atau ‘politik pecah belah’ sehingga membuat perlawanan menjadi lemah dan pemerintah Belanda dapat dengan mudah menaklukan perlawanan rakyat Aceh.