Bahasa Yang Digunakan Oleh Suku Aceh?

0 Comments

Bahasa Yang Digunakan Oleh Suku Aceh
Daerah Aceh yang terletak di bagian paling barat gugusan kepulauan Nusantara, menduduki posisi strategis sebagai pintu gerbang lalu lintas perniagaan dan kebudayaan yang menghubungkan Timur dan Barat sejak berabad-abad lampau. Aceh sering disebut-sebut sebagai tempat persinggahan para pedagang Cina, Eropa, India dan Arab, sehingga menjadikan daerah Aceh pertama masuknya budaya dan agama di Nusantara.

Pada abad ke-7 para pedagang India memperkenalkan agama Hindu dan Budha. Namun peran Aceh menonjol sejalan dengan masuk dan berkembangnya agama Islam di daerah ini, yang diperkenalkan oleh pedagang Gujarat dari jajaran Arab menjelang abad ke-9. Menurut catatan sejarah, Aceh adalah tempat pertama masuknya agama Islam di Indonesia dan sebagai tempat timbulnya kerajaan Islam pertama di Indonesia, yaitu Peureulak dan Pasai.

INILAH FAKTA TENTANG 12 SUKU dan BAHASA DI ACEH

Kerajaan yang dibangun oleh Sultan Ali Mughayatsyah dengan ibukotanya di Bandar Aceh Darussalam (Banda Aceh sekarang) lambat laun bertambah luas wilayahnya yang meliputi sebagaian besar pantai Barat dan Timur Sumatra hingga ke Semenanjung Malaka. Kehadiran daerah ini semakin bertambah kokoh dengan terbentuknya Kesultanan Aceh yang mempersatukan seluruh kerajaan-kerajaan kecil yang terdapat di daerah itu.

  1. Dengan demikian kesultanan Aceh mencapai puncak kejayaannya pada permulaan abad ke-17, pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.
  2. Pada masa itu pengaruh agama dan kebudayaan Islam begitu besar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Aceh, sehingga daerah ini mendapat julukan ” Seuramo Mekkah” (Serambi Mekkah).

Keadaan ini tidak berlangsung lama, karena sepeninggal Sultan Iskandar Muda para penggantinya tidak mampu mempertahankan kebesaran kerajaan tersebut. Sehingga kedudukan daerah ini sebagai salah satu kerajaan besar di Asia Tenggara melemah. Hal ini menyebabkan wibawa kerajaan semakin merosot dan mulai dimasuki pengaruh dari luar.

Kesultanan Aceh menjadi incaran bangsa Barat yang ditandai dengan penandatanganan Traktat London dan Traktat Sumatera antara Inggris dan Belanda mengenai pengaturan kepentingan mereka di Sumatera. Sikap bangsa Barat untuk menguasai wilayah Aceh menjadi kenyataan pada tanggal 26 Maret 1873, ketika Belanda menyatakan perang kepada Sultan Aceh.

Tantangan yang disebut ‘Perang Sabi’ ini berlangsung selama 30 tahun dengan menelan jiwa yang cukup besar tersebut memaksa Sultan Aceh terakhir, Twk. Muhd. Daud untuk mengakui kedaulatan Belanda di tanah Aceh. Dengan pengakuan kedaulatan tersebut, daerah Aceh secara resmi dimasukkan secara administratif ke dalam Hindia Timur Belanda (Nederlansch Oost-Indie) dalam bentuk propinsi yang sejak tahun 1937 berubah menjadi karesidenan hingga kekuasaan kolonial Belanda di Indonesia berakhir.

You might be interested:  Mengapa Aceh Menjadi Daerah Istimewa?

Apa bahasa Acehnya sudah?

Adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh masyarakat Aceh sehari-hari. Kamu bisa menjawabnya dengan ka ( sudah ) atau goh lom (belum)

bahasa Aceh Samakah dengan bahasa daerah Aceh?

Perlu saya garisbawahi bahwa bahasa daerah Aceh bukan berarti bahasa Aceh. Bahasa daerah Aceh adalah sekumpulan bahasa daerah yang dipakai oleh masyarakat di propinsi Aceh, apapun sukunya, apapun bahasanya, termasuk di dalamnya bahasa Aceh. Jadi, bahasa Aceh adalah bagian dari bahasa daerah Aceh.

Apa bahasa Aceh nya kamu lagi apa?

Bahasa aceh ‘kamu sedang apa? ‘ = kam tengah ngune?

bahasa Aceh apa kabar hari ini?

Berikut obrolan sehari-hari informal dalam bahasa aceh yang dapat anda gunakan ketika mengunjungi Aceh : Aceh: Peu haba? Bahasa : Apa kabar? Aceh: maah Teungku, numpang/neukjak tanyeng? Bahasa: mohon maaf mas, izin mau bertanya? Aceh: nyoe neuk tajak ue mesjid raya? Rheut teuh Tengku? Bahasa: jika ingin pergi ke mesjid raya?lewat arah mana ya mas? Aceh: padup ungkoh ue mesjid raya? Bahasa: berapa ongkos ke mesjid raya? Aceh: meuhai that lagoe, jeut kureung lom? Bahasa: kok mahal sekali, boleh kurang lagi? Lihat Sosbud Selengkapnya Beri Komentar Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Kenapa dalam bahasa Aceh?

Jika kamu penasaran tentang penyebab suatu kejadian, kamu bisa menggunakan kata pakön yang berarti ‘ kenapa ‘

Apa arti Papma di Aceh?

Arti dari jak pap ma adalah mengajak ibumu untuk bercinta.

Apa arti jeut bahasa Aceh?

Droen Jeut Bahasa Aceh? Bahasa Yang Digunakan Oleh Suku Aceh Dok.foto Penulis Muhammad Syawal Djamil JUDUL tulisan yang tersebut di atas merupakan pertanyaan yang keluar dari mulut seorang laki-laki dalam sebuah potongan video ketika ia diminta pendapatnya oleh wartawan. Ya, dalam video yang beredar dan viral beberapa pekan lalu di kalangan masyarakat Aceh, menampilkan seorang laki-laki, kisaran umur 60 tahun ke atas, dimana ia ditengarai sedang diwawancarai secara langsung oleh seorang wartawan.

Wartawan tersebut menanyakan pendapatnya tentang musibah banjir dengan menggunakan bahasa nasional (bahasa Indonesia). Dan jawaban laki-laki tersebut adalah di luar dugaan kita semua. Bukanlah pernyataan-pernyataan sebagai jawaban untuk pertanyaan dari wartawan itu, malah ia menanyakan wartawan itu dengan bahasa Acehnya yang khas; “Droen jeut bahasa Aceh?” Satu sisi, dan bagi sebagian orang mungkin menggangap, apa yang terlihat dari seorang kakek itu menunjukkan bahwa rendahnya skill berbahasa dari kakek tersebut.

Dan dengan gayanya itu cukup memberikan kita hiburan. Meskipun besar juga keyakinan saya bahwa beliau mampu berbicara dan memahami bahasa nasional dengan baik. Mari kita merenung sejenak, bila pertanyaan serupa itu ditanyakan pada kita, “droen jeut bahasa Aceh?” Kira-kira apa yang akan kita jawab.

You might be interested:  Apa Penyebab Masyarakat Kesultanan Aceh Hidup Makmur?

Sekilas pertanyaan itu memang sederhana, karena jawabannya pasti bermuara pada tiga sudut; jeut (bisa), kureung jeut (kurang bisa), hanajeut (tidak bisa). Namun demikian, bila direnung pertanyaan itu (meski tidak kasar) cukup untuk “menggampar” kita masyarakat Aceh, yang dewasa ini sudah kadung nyaman meletakkan bahasa nasional sebagai alat komunikasi utama dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan bahasa daerah, bahasa kita sendiri, sudah kita nomorduakan. Yang menyedihkan lagi, hari ini muncul semacam isme bahwa yang menggunakan bahasa Aceh itu kampungan, kuno, kulot atau istilah-istilah peminggiran lainnya. Padahal, bahasa Aceh merupakan bagian dari identitas yang tidak boleh disepelekan, yang terhubung dengan latar belakang kelompok, etnis, suku, dan budaya kita Aceh.

Enapa Aceh menarik dimata wisatawan asing? Salah satu sebabnya ialah karena Aceh kaya akan nilai budayanya, yang didalamnya termasuk karena memiliki bahasa yang khas. Sehingga itu pula yang menjadi cermin dan memantulkan ke dunia luar, tentang kita sebagai bangsa yang kaya akan budaya dan bahasa. Lalu pertanyaannya, apa yang menyebabkan eksistensi bahasa Aceh kian meredup? Penulis melihat, setidaknya ada tiga faktor penyebabnya.

Pertama, dikarenakan kurangnya peran para orang tua di Aceh dalam menggunakan bahasa Aceh di lingkungan keluarganya. Orang tua dirumah, mestinya mengajarkan bahasa pertama untuk anaknya yaitu bahasa Aceh, baru kemudian dituntut untuk bisa berbicara bahasa nasional, dan tidak boleh lupa juga mengajaknya untuk belajar bahasa Asing -bahasa yang seyogyanya nanti mampu menjembatani ia dalam aktivitas kehidupan dengan manusia di berbagai belahan dunia.

Apa bahasa Acehnya selamat pagi?

Magazine on Instagram: ‘Seulamat beungoh 🙂 Ucapan selamat pagi dalam bahasa Aceh. Salah satu tips travel menjadi menyenangkan adalah dengan mempelajari bahasa ‘

You might be interested:  Contoh Tarian Berkelompok Yang Berasal Dari Aceh?

Apa arti dari kata UAN?

UAN adalah singkatan dari kata Ujian Akhir Nasional, Istilah Ujian Akhir Nasional apabila disingkat yaitu menjadi UAN. Akronim UAN (Ujian Akhir Nasional) merupakan singkatan/akronim tidak resmi dalam Bahasa Indonesia. Penjelasan / Informasi Lebih Rinci (Detil) : Akronim / Singkatan : UAN Nama Diri / Kepanjangan : Ujian Akhir Nasional Kependekan Alternatif : – Kepanjangan Alternatif : – Kesimpulan 1 : UAN adalah singkatan dari Ujian Akhir Nasional Kesimpulan 2 : Ujian Akhir Nasional adalah kepanjangan dari UAN Kesimpulan 3 : Ujian Akhir Nasional apabila disingkat menjadi UAN Kesimpulan 4 : UAN apabila dipanjangkan menjadi Ujian Akhir Nasional Bahasa : Bahasa Indonesia tidak resmi Sumber informasi singkatan UAN : Berbagai sumber Huruf Awal Akronim : U Keterangan : – Kembali Ke : – Daftar Semua Singkatan Bahasa Indonesia – Daftar Singkatan Huruf Depan / Awalan U Tuliskan komentar anda mengenai UAN (Ujian Akhir Nasional)!