Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Tsunami Di Aceh?

0 Comments

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Tsunami Di Aceh
Liputan6.com, Jakarta Penyebab tsunami Aceh tahun 2004 dan kronologinya selalu menjadi materi yang menarik untuk dipelajari sebagai pengingat akan salah satu bencana alam terparah yang terjadi selama sejarah modern. Hal ini berdasarkan tinjauan dari national Science Foundation (NFS) dengan melihat aspek jumlah korban dan juga aspek geologi.

  1. Penyebab tsunami Aceh tahun 2004 sendiri diketahui dipicu oleh adanya gempa tektonik yang juga merupakan gempa terbesar ketiga yang pernah tercatat di dunia dan memiliki patahan lempeng terpanjang yang pernah diamati oleh para peneliti.
  2. Gempa tektonik pada Samudra Hindia ini menyebabkan gempa dengan kekuatan magnitude 9.2 skala richter dan tsunami setinggi 15 meter atau 50 kaki yang kemudian menerjang daratan aceh dan meluluhlantahkannya.

Bencana ini juga meninggalkan bekas luka yang dalam untuk para penduduk yang tinggal di Desa Gampong di Ulee Lheue, Banda Aceh. Dipicu oleh pergerakan dua lempeng bumi yang terletak di Samudra Hindia, berikut ini Liputan6.com tangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022) tentang kronologi dan penyebab Tsunami Aceh serta fakta yang menyertainya.

Apa yang menyebabkan terjadinya tsunami Aceh?

Minggu, 26 Desember 2021 19:40 WIB – Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Tsunami Di Aceh Pandangan dari udara memperlihatkan kota Banda Aceh yang hancur akibat tsunami Aceh, 28 Januari 2005. BNPB mencatat 166.080 orang tewas dan 6.245 lainnya hilang akibat disapu gelombang tsunami. REUTERS/Kimimasa Mayama TEMPO.CO, Banda Aceh – Tsunami Aceh merupakan bencana alam dahsyat yang tercatat jelas dalam sejarah dunia.

Entah itu tercatat sebagai kajian dalam badan riset, atau tercatat sebagai duka bagi umat masyarakat sedunia. Kejadian ini dimulai oleh gempa tektonik berkekuatan 9,1 skala Ritcher pada pukul 07.59 WIB, 26 Desember 2004. Gempa ini mengingarkan dasar laut di Sumatera bagian barat daya, sekitar 20 sampai 25 kilometer dari pantai.

You might be interested:  Jelaskan Mengapa Terjadi Perlawanan Rakyat Aceh Terhadap Portugis?

Tidak lama setelah itu, tsunami menghempas Banda Aceh. Tercatat tinggi ombak mencapai 20 sampai 30 meter dan kecepatan rambat gelombang tsunami mencapai 800 kilometer per jam. Tsunami Aceh memberikan dampak ke wilayah Aceh dan sebagian wilayah Sumatera Utara,

  • Pada 27 Desember 2004, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa tsunami Aceh merupakan bencana kemanusiaan terbesar yang pernah ada.
  • Tsunami Aceh memberikan dampak ke berbagai tempat di Asia Tenggara dan Selatan.
  • Wilayah yang terdampak paling parah adalah Aceh, Khaolak di Thailand, dan sebagian dari Sri Langka dan India Tsunami Aceh menyibukkan satu dunia untuk mengerahkan bala bantuan, serta melakukan riset lanjutan untuk memitigasi bencana tsunami.M.

IHSAN NURHIDAYAH Baca: Museum Tsunami Aceh Jadi Destinasi Wisata Unik Terpopuler API 2020

Kapan tsunami akan datang?

Tanda-Tanda Tsunami – Ilustrasi tsunami (Unsplash.com) Setelah mengetahui penyebab terjadinya tsunami, anda juga perlu mengenali tanda-tanda akan terjadinya tsunami supaya dapat segera menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. Berikut rinciannya: 1.

  • Gempa Besar Tsunami yang diakibatkan reaksi tektonik akan diawali dengan gempa besar yang umumnya bermagnitudo lebih dari 7.
  • Menurut BNPB, pada umumnya di Indonesia didahului dengan gempa bumi besar dan susut laut.
  • Di Indonesia tsunami terjadi dalam waktu kurang dari 40 menit setelah gempa bumi besar di bawah laut.

Biasanya gempa akan berlangsung lebi dari 20 detik.2. Surutnya Air Laut Usai gempa bumi besar terjadi, tsunami biasanya ditandai dengan surutnya air laut. Biasanya ikan dan karang akan tampak di permukaan. Surutnya air laut bisa terjadi tiba-tiba usai gempa terjadi.

  • Hal ini disebabkan terbukanya lempengan bumi di bawah laut, otomatis air laut akan mengisi ruang yang dibuat oleh lempeng bumi yang terbuka.3.
  • Suara Gemuruh Suara gemuruh seperti suara deru kereta atau pesawat jet melintas bisa menandai gelombang tsunami akan datang.
  • Jika mendengar suara gemuruh tiba-tiba, perlu diwaspadai akan bahaya tsunami yang mungkin terjadi.
You might be interested:  Kapan Berdirinya Kerajaan Aceh?

Suara gemuruh ini terjadi akibat adanya pergeseran lempeng bumi dibawah laut.4. Perilaku Hewan Sekitar Tanda berikutnya adalah tanda-tanda hewan yang tidak lazim dari biasanya. Biasanya burung-burung akan muncul di area laut. Binatang akan cenderung menjauhi laut karena insting tajam mereka akan bahya yang terjadi.5.

  1. Aktivitas Laut yang Tak Biasanya Tanda-tanda akan terjadinya tsunami lainnya adalah aktivitas laut yang tidak normal.
  2. Gelombang air laut akan datang secara mendadak dan berulang dengan energi yang sangat kuat.
  3. Beberapa menit sebelum adanya gelombang besar, akan ada gelombang-gelombang kecil yang menandai kembalinya air laut.

Larilah menuju dataran tinggi, pegunungan, ataupun perbukitan untuk menyelamatkan diri dari sapuan gelombat tsunami.

Apa arti mimpi tsunami besar?

Bola.com, Jakarta – Mimpi merupakan suatu kejadian yang terjadi saat kita sedang tidur. Tidak sedikit yang memercayai mimpi yang terjadi memiliki makna di baliknya. Satu di antara mimpi yang mungkin dialami saat kita tidur adalah pengalaman tidur tentang tsunami.

Mimpi tentang tsunami memiliki arti yang berbeda, tergantung peristiwa yang kita dapatkan saat tidur. Secara umum, mimpi tentang tsunami merupakan sebuah pertanda Anda akan segera menerima rezeki dari orang-orang yang tidak pernah Anda duga. Meski terdengar miliki tafsiran yang bagus, mimpi ini juga mengandung makna yang cukup buruk.

Bisnis atau usaha yang Anda tekuni akan mengalami kerugian. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini, arti mimpi tentang tsunami. Berikut ini beberapa arti mimpi tentang tsunami yang dipercaya banyak orang, dikutip dari laman Siopung dan Firasatmimpi, Selasa (14/6/2022).