Apa Seni Yang Terkenal Dari Aceh?

0 Comments

Apa Seni Yang Terkenal Dari Aceh
7. Tari Laweut atau Tari Seudati – Apa Seni Yang Terkenal Dari Aceh Kesenian tradisional khas Aceh memang identik dengan wadah dakwah Islam yang diiringi doa dan pujian pada Tuhan Yang Maha Esa. Tari Laweut sendiri dibawakan dengan menyanyikan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Sebanyak delapan penari wanita dan satu penyanyi tampil dalam pertunjukkan tarian asal daerah Pidie ini yang juga dikenal dengan nama Tari Seudati.

Apa seni yang dikembangkan di Aceh?

Seni tari yang terkenal dari Aceh antara lain Seudati, Seudati inong, dan Seudati tunang. Seni lain yang dikembangkan adalah seni kaligrafi Arab, seperti yang banyak terlihat pada berbagai ukiran mesjid, rumah adat, alat upacara, perhiasan, dan sebagainnya.

Apa sajakah yang termasuk karya seni terapan daerah?

Seni pahat – Menurut Mikke Susanto dalam buku Diksi Seni Rupa Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa (2011) menyebutkan seni patung adalah kaya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong dan menatah) atau aditif (menambahkan seperti mengecor dan mencetak). Contoh ragam seni pahat di Indonesia adalah:

Seni patung Suku Asmat Papua Seni Patung Batak (Batak Toba, Simalungun, Pakpak Dairi, dan Karo) Seni topeng Batak (Simalungun, Tapanuli, Pakpak Dairi, dan Karo) Topeng Reog dari Jawa Timur Seni patung Nias Seni Ukir dari Toraja Seni Ukir Suku Asmat Miniatur dari Sulawesi Selatan

Baca juga: Pengertian Bentuk Geometris dan Non-Geometris pada Seni Rupa

Jelaskan apa yang dimaksud dengan seni rupa dan seni terapan?

Fungsi seni rupa terapan – Melansir dari jurnal Hindara, B. (2010), s eni Rupa Terapan, ada dua fungsi dalam seni rupa terapan, yaitu fungsi individual dan fungsi sosial. Baca juga: Seni Tari: Pengertian dan Gerak Tari Apa Seni Yang Terkenal Dari Aceh KOMPAS.com/RAJA UMAR Komunitas seniman di Aceh menggelar pameran seni rupa Siaran Tunda di Gedung Taman Budaya Kota Banda Aceh, Senin (20/7/2020). Pameran yang juga dapat disaksikan online melalui Youtube ini mengangkat tema Normal, sebagai sebuah pemicu untuk tetap menjaga semangat dan kewarasan melampaui kondisi yang tak biasa selama masa pandemi Covid-19. Berikut penjelasannya:

You might be interested:  Tari Saman Yang Berasal Dari Suku Gayo Aceh Menggunakan Gerakan?

Fungsi individual

Digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai insan fisik dan psikis. Pada fungsi fisik bisa memenuhi kebutuhan langsung terhadap wujud fisik bendanya, seperti kebutuhan manusia pakaian dan tas. Sementara pada fungsi psikis memenuhi kebutuhan manusia akan kebutuhan batin dari benda, seperti benda yang memiliki nilai nostalgia akan daerah tertentu, oleh-oleh khas kota kelahirannya.

Fungsi Sosial

Fungsi sosial dapat dinikmati dan bermanfaat bagi orang dalam kalangan dan komunitas tertentu, seperti: Baca juga: Seni Grafis: Pengertian dan Contoh

Rekreasi atau hiburan yang memiliki fungsi menghilangkan kejenuhan karena masalah pribadi, beban pekerjaan, contohnya, film, komik, photo booth. Sarana komunikasi. media yang dapat memberikan informasi maupun menampung keluhan orang banyak seperti, iklan, poster, spanduk, website. Pendidikan atau edukasi, sarana penunjang pendidikan seperti, ilustrasi dalam buku pelajaran, poster tata cara prosedur suatu sistem. Keagamaan, seperti pakaian religi modern, perabotan rumah tangga bernuansa religi, hingga ke kebutuhan ibadah itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.