Apa Saja Peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam?

0 Comments

Apa Saja Peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam
6 Peninggalan Kerajaan Aceh

  • Masjid Raya Baiturrahman. Masjid Baiturrahman di Banda Aceh.(
  • 2. Taman Sari Gunongan. Lihat Foto.
  • 3. Benteng Indra Patra. Lihat Foto.
  • Meriam Kesultanan Aceh. Ada tiga meriam peninggalan Kerajaan Aceh di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.
  • Makam Sultan Iskandar Muda.
  • 6 Uang Emas Kerajaan Aceh.

Apa corak Kerajaan Aceh agama?

Selasa, 08 Jun 2021 13:00 WIB Sejak pertama berdiri, Kerajaan Aceh sudah berlandaskan ajaran Islam hingga sampai pada puncak kejayaan di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda. (Ilustrasi Foto: ANTARA FOTO/Ampelsa) Jakarta, CNN Indonesia – Kerajaan Aceh merupakan kerajaan bercorak Islam yang berdiri di Banda Aceh Darussalam sekitar 1496 Masehi.

Merujuk Sumatra and the Malay Peninsula, 16th Century dalam Digital Atlas of Indonesian History, kerajaan ini didirikan di wilayah Kerajaan Lamuri dan mengalami ekspansi hingga menyatukan kawasan Daya, Pedir, Lidie, sampai Nakur. Kerajaan di tanah rencong ini terlahir dari gabungan dua kerajaan sebelumnya yaitu Lamuri dan Aceh, atas dasar ikatan pernikahan antara Raja Lamuri dengan Putri Raja Aceh.

Setelah resmi bergabung, kerajaan pun menciptakan kekuasaan baru dengan sebutan Kesultanan Aceh Darussalam. Sejak pertama berdiri, Kesultanan Aceh sudah lebih dulu berlandaskan ajaran Islam. Penggagas sekaligus pendiri Kerajaan Aceh yang menjabat sebagai raja pertama yaitu Ali Mughayat Syah (1496-1530 M).

Apa saja peninggalan Kerajaan Aceh yang berhasil diselamatkan pada masa Agresi Militer?

3. Taman Sari Gunongan – Apa Saja Peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam * sumber: zalyantravel.blogspot.com Nah, peninggalan lainnya dari Kerajaan Aceh yang tak kalah memukau adalah taman Sari Gunongan. Taman Sari Gunongan memiliki cerita sejarah yang cukup menarik, yaitu mengenai kisah asmara antara Sultan Iskandar Muda dan Putri Boyongan dari Kerajaan Pahang.

You might be interested:  Faktor Yang Mempengaruhi Kejayaan Kerajaan Aceh?

Siapa Penasihat Kerajaan Aceh Darussalam?

10. Kitab Bustanus Salatin – Dan yang terakhir, Kitab Bustanus Salatin merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Nuruddin ar-Raniri pada tahun 1636 lalu. Ia adalah penasihat Kerajaan Aceh Darussalam ketika dipimpin oleh Sultan Iskandar Thani. Buku yang cukup tebal ini berisi tujuh bab.