Apa Penyebab Terjadinya Perang Aceh Melawan Portugis?

0 Comments

Apa Penyebab Terjadinya Perang Aceh Melawan Portugis
Pembahasan – Penyebab peperangan Aceh dengan Portugis adalah keinginan Portugis untuk menghancurkan Aceh yang berkembang pesat setelah Portugis menguasai Malaka dan para pedagang memindahkan jalur perdagangannya ke Aceh. Hal ini diangggap Portugis sebagai ancaman sehingga mereka melancarkan serangan pada tahun 1523 dan 1524 namun tidak berhasil menguasai Aceh.

  • Aceh juga menyerang Portugis di Malaka pada tahun 1629 namun tidak berhasil mengusir Portugis.
  • Penyebab perang Aceh antara Aceh dengan Belanda adalah penandatanganan Traktat Sumatera antara Belanda dengan Inggris yang memberi kesempatan kepada Belanda untuk mengintervensi Kesultanan Aceh.
  • Permintaan Belanda agar Aceh mengakui kedaulatan Belanda di Aceh ditolak mentah-mentah sehingga Belanda mengumumkan perang terhadap Aceh pada 26 Maret 1873.

Perang Aceh berlangsung sekitar tahun 1873 sampai 1904. Walaupun Belanda berhasil menguasai Kesultanan Aceh, namun perlawanan rakyat Aceh tetap terjadi sampai mendekati Perang Dunia II.

Bagaimana proses terjadinya serangan Portugis ke Aceh?

Perlawanan Rakyat Aceh Terhadap Portugis

Mengapa Portugis melancarkan serangan ke Aceh? – Pada tahun 1523 Portugis melancarkan serangan ke Aceh di bawah pimpinan Henrigues, dan menyusul pada tahun 1524 dipimpin oleh de Sauza. Portugis terus mencari cara untuk melemahkan posisi Aceh sebagai pusat perdagangan. Kapal-kapal Portugis selalu mengganggu kapal-kapal dagang Aceh di manapun berada. Kerajaan Aceh melakukan perlawanan terhadap Portugis setelah Kerajaan Aceh mendapatkan serangan dari Portugis. Penyebab Portugis melakukan serangan terhadap Kerajaan Aceh dikarenakan melihat pelabuhan Kerajaan Aceh yang ramai didatangi oleh para pedagang internasional yang lebih memilih berdagang di Aceh dibanding di Malaka yang di monopoli oleh Portugis.

Serangan dari Portugis tersebut berhasil dihalau oleh Kerajaan Aceh yang mendapat bantuan dari Turki, India, dan kerajaan Islam di Nusantara bahkan Kerajaan Aceh melakukan serangan balik kepada Portugis dibawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B | Oktober 27, 2020 | Soal Sejarah SMA | Terjadinya perlawanan rakyat Aceh di bawah pimpinan Sultan Iskandar Muda terhadap pihak Portugis tidak disebabkan oleh faktor berikut ini,A.

You might be interested:  Tokoh Perlawanan Aceh Yang Pernah Menjadi Anggota Militer Belanda?

adanya sikap monopoli Portugis dalam masalah perdagangan di Selat Malaka.B. larangan bagi Kerajaan Aceh untuk berlayar ke Laut Merah oleh pihak Portugis.C. Portugis menghianati perjanjian Trakta Sumatra dengan pihak Aceh tahun 1871.D. tindakan kapal kapal Portugis yang menangkapi kapal kapal Aceh.E.

  • adanya sikap monopoli Portugis dalam masalah perdagangan di Selat Malaka.
  • larangan bagi Kerajaan Aceh untuk berlayar ke Laut Merah oleh pihak Portugis.
  • tindakan kapal kapal Portugis yang menangkapi kapal kapal Aceh.
  • upaya politik perluasan Aceh ke wilayah semenanjung Malaka

Akan tetapi perlawanan dari Kerajaan Aceh tidak berhasil. Untuk meteri lebih lanjut mengenai Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Portugis silahkan link youtube berikut ini. Jika bermanfaat, jangan lupa subscribe, like, komen dan share. Terimakasih Kunci jawaban: Terjadinya perlawanan rakyat Aceh di bawah pimpinan Sultan Iskandar Muda terhadap pihak Portugis tidak disebabkan oleh faktor berikut ini,C. Mari berlomba lomba dalam kebaikan.

Mengapa Kerajaan Aceh melawan Portugis?

| Oktober 27, 2020 | Soal Sejarah SMA | Terjadinya perlawanan rakyat Aceh di bawah pimpinan Sultan Iskandar Muda terhadap pihak Portugis tidak disebabkan oleh faktor berikut ini,A. adanya sikap monopoli Portugis dalam masalah perdagangan di Selat Malaka.B.

adanya sikap monopoli Portugis dalam masalah perdagangan di Selat Malaka.larangan bagi Kerajaan Aceh untuk berlayar ke Laut Merah oleh pihak Portugis.tindakan kapal kapal Portugis yang menangkapi kapal kapal Aceh.upaya politik perluasan Aceh ke wilayah semenanjung Malaka

Akan tetapi perlawanan dari Kerajaan Aceh tidak berhasil. Untuk meteri lebih lanjut mengenai Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Portugis silahkan link youtube berikut ini. Jika bermanfaat, jangan lupa subscribe, like, komen dan share. Terimakasih Kunci jawaban: Terjadinya perlawanan rakyat Aceh di bawah pimpinan Sultan Iskandar Muda terhadap pihak Portugis tidak disebabkan oleh faktor berikut ini,C.