Apa Nama Rumah Adat Masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam?

0 Comments

Apa Nama Rumah Adat Masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam
Jakarta – Rumah adat masyarakat Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam disebut dengan Rumoh Aceh. Beberapa literatur juga menyebutnya sebagai rumah Krong Bade. Banyak orang Aceh pada zaman dahulu mendiami rumah dengan tipe rumah seperti Rumoh Aceh ini.

Namun, sayangnya hanya tersisa beberapa tempat saja sekarang. Melansir dari laman resmi Kemendikbud, Rumoh Aceh bahkan sudah diabadikan di komplek Kantor Museum Aceh, Banda Aceh, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Rumah Cut Nyak Dhien di Desa Lampisang, 10 km dari pusat Kota Banda Aceh. Aceh merupakan pintu masuk bagi penyebaran agama Islam di Indonesia.

Hal inilah yang menyebabkan budaya Aceh erat berkait dengan budaya Islam. Hal ini terbukti dari bentuk bangunan rumah adatnya beserta keunikan di dalamnya.

Apa nama rumah adat daerah asal?

Nama-nama Rumah Adat Daerah di Indonesia beserta Daerah Asalnya

No. Nama Rumah Adat Daerah Asal
1 Rumah Adat Krong bade atau Rumoh Aceh Nanggroe Aceh Darussalam
2 Rumah Adat Bolon Sumatera Utara
3 Rumah Adat Gadang Sumatera Barat
4 Rumah Adat Melayu Selaso Jatuh Kembar Riau / Kepulauan Riau

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rumah adat?

Bola.com, Jakarta – Rumah adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas khusus, digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu. Di Indonesia terdapat berbagai macam rumah adat yang tersebar di berbagai provinsi. Rumah adat menjadi satu di antara representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat.

  1. Dengan wilayah yang begitu luas, membuat Indonesia memiliki banyak faktor perbedaan budaya di setiap daerah.
  2. Eberagaman tersebut merupakan ciri khas dan kekuatan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.
  3. Dengan memiliki ribuan pulau dan ratusan juta penduduk, Indonesia merupakan satu di antara negara yang memiliki ragam budaya yang sangat kaya.
You might be interested:  Npwp Pusat Banda Aceh?

Satu di antara keberagaman yang ada di Indonesia adalah adanya rumah adat di masing-masing daerah. Rumah adat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai arti yang penting dalam perspektif sejarah, warisan, serta kemajuan masyarakat dalam sebuah peradaban.