Apa Nama Pakaian Suku Aceh?

0 Comments

Apa Nama Pakaian Suku Aceh
Nama pakaian adat Aceh adalah Ulee Balang.

Apa itu pakaian Bundo Kanduang?

Fakta Menarik Pakaian Adat Bundo Kanduang – Apa Nama Pakaian Suku Aceh Image Credit: Seringjalan.com Pakaian Bundo Kanduang berasal dari Sumatera Barat, tepatnya Minangkabau. Pakaian adat ini biasanya digunakan oleh wanita yang sudah menikah dan merupakan simbol akan peran penting seorang ibu di dalam keluarga. Nama lain baju adat ini adalah Limpapeh Rumah Nan Gadang.

  1. Istilah ‘limpapeh’ memiliki arti tiang tengah pada bangunan rumah adat di Sumatera Barat,
  2. Sesuai artinya, peran limpapeh sangat penting agar bangunan rumah gadang dapat kokoh, apabila limpapeh roboh maka rumah gadang juga akan roboh.
  3. Itu artinya peran ibu dalam sebuah keluarga sangatlah penting karena beliau berperan dalam mengurus rumah tangga.

Apabila ibu tidak pandai dalam mengurus rumah tangganya maka keluarga juga tidak bisa bertahan lama.

Apa nama baju adat nusa tenggara timur?

Fakta Menarik – Pakaian Adat Aceh – Seri Budaya Indonesia – Animasi Baju Adat Tradisional

4. Pakaian Adat NTT dari Suku Dawan – Apa Nama Pakaian Suku Aceh (oddav.com) Pakaian adat NTT yang terakhir dimiliki suku Dawan yang bernama baju amarasi. Berbeda dengan pakaian tradisional NTT yang lainnya, baju amarasi memiliki aksesori cukup banyak. Kau pria memakai baju amarasi berupa selimut dari tenun ikat, baju bodo, kalung habas berbandung gong, ikat kepala dengan hiasa tiara, mutik salak dan gelang timor.

  1. Sementara itu, untuk perempuannya, memakai kain berbentuk sarung tenun pada bagian bawah, selendang penutup dada, kebaya, kalung muti salak, hiasan kepala berbentuk tusuk konde dengan tiga buah koin, sisir emas dan sepasang gelang kepala ular.
  2. Itulah macam-macam dan jenis baju adat NTT yang memiliki keberagaman.
You might be interested:  Harga Maha Villa Banda Aceh?

Semoga informasi di atas bermanfaat ya Parents!