Apa Keunikan Tari Saman Dari Aceh?

0 Comments

Apa Keunikan Tari Saman Dari Aceh
Berikut ini adalah keunikan tari Saman: 1.) Makna dan Fungsi Tari saman merupakan salah satu media dakwah. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan. Sebelum saman dimulai, sebagai mukaddimah atau pembukaan tampil seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

Pada zaman dahulu, tarian ini dipertunjukkan dalam acara adat tertentu, di antaranya dalam upacara peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Selain itu, khususnya dalam konteks masa kini, tarian ini dipertunjukkan pula pada acara-acara yang bersifat resmi, seperti kunjungan tamu-tamu antar kabupaten dan negara, atau dalam pembukaan sebuah festival dan acara lainnya.2.) Paduan Suara Tari Saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan paha mereka sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah.

Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syech. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna.3.) Nyanyian Bahasa syair atau lagu yang digunakan dalam Tari Saman adalah bahasa Arab dan Aceh yang memuat pesan-pesan dakwah, sindiran, dan pantun nasihat.

  1. Awalnya, tarian ini hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane.
  2. Namun, kemudian ditambahkan iringan syair-syair yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT.
  3. Cara menyanyikan lagu-lagu dalam tari saman dibagi dalam 5 macam, yaitu: a.
  4. Rengum: auman yang diawali oleh pengangkat.b.
  5. Dering: regnum yang segera diikuti oleh semua penari.c.
You might be interested:  Seorang Sultanah Yang Pernah Memerintah Di Kerajaan Aceh Yaitu?

Redet: lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.d. Syek: lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak e. Saur: lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.4.) Gerakan Tarian saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman, yaitu tepuk tangan dan tepuk dada.

  • Tarian saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik, kerena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, lingang, surang-saring.
  • Ada 2 baris orang yang menyanyi sambil bertepuk tangan dan semua penari harus menari dengan harmonis.
  • Dalam Tari Saman biasanya temponya semakin lama akan semakin cepat agar terlihat menarik.5.) Penari Tari ini biasanya dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki, tetapi jumlahnya harus ganjil.

Namun, dalam perkembangan selanjutnya, tarian ini dimainkan pula oleh kaum perempuan atau campuran antara laki-laki dan perempuan dengan modifikasi gerak lainnya. Dalam penampilan yang biasa saja (bukan pertandingan) dimana adanya keterbatasan waktu, Saman bisa saja dimainkan oleh 10-12 penari, akan tetapi keutuhan Saman setidaknya didukung 15-17 penari

Apa makna yang terkandung dalam tari saman?

Tari saman pada prinsipnya merupakan sebuah tarian yang memiliki makna yang begitu mendalam. Tari ini melambangkan tingginya pendidikan, Sopan santun, kekompakan, kebersamaan, serta kepahlawanan masyarakat Aceh yang Religius.

Apa nama tarian berasal dari Aceh?

Indonesia memiliki beragam budaya dan kesenian salah satunya provinsi Aceh. Provinsi di ujung atas pulau Sumatra ini memiliki tarian tradisional yang tersebar di beberapa daerah. Mengutip Media.acehprov.go.id, provinsi Aceh mempunyai 184 tarian tradisional yang tersebar di kota dan kabupaten.

  • Tarian Aceh ini memiliki gerakan dan keunikan masing-masing.
  • Tarian Aceh yang terkenal adalah tari saman yang dikukuhkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.
  • Mengutip dari Seminar Nasional Forum Asosiasi Prodi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik Indonesia (AP2SENI) 2015, tari saman Gayo diciptakan ulama besar Syekh Syaman.
You might be interested:  Tari Dari Aceh Yang Dipentaskan Secara Berkelompok Yaitu?

Tari saman merupakan tarian yang mengandalkan tepuk tangan ke paha sambil bernyanyi. Saman dilakukan secara berkelompok. Tarian ini dimaknai pemahaman ajaran Islam pada masyarakat Aceh. Tari saman termasuk tarian hiburan untuk merayakan upacara adat seperti hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, sunatan, dan menyambut tamu kenegaraan.