Objek Wisata

Kuliner Banda Aceh
Sie Reuboh

  • Sie reuboh3
  • Sie reuboh2
  • Photos; Ahmad Ariska
  • Sie Reuboh4
Next
  • Sie reuboh3
  • Sie reuboh2
  • Photos; Ahmad Ariska
  • Sie Reuboh4
Previous
Foto: Ahmad Ariska

ADA ragam menu khas Aceh yang diolah dari daging. Salah satunya sie reuboh atau daging rebus. Kuliner khas Aceh Rayeuk (Aceh Besar) ini diracik dengan aneka rempah-rempah dan tahan berhari-hari.

Sie reuboh dibuat dari daging sapi yang dipotong seukuran dadu, selanjutnya dicuci hingga bersih. Bumbunya berupa bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, dan seulas jahe. Semuanya dihaluskan, terus aduk bersama daging.

Ketika memasaknya, tambahkan garam secukupnya dan perasan air meunteu (sejenis jeruk nipis berukuran besar). Biarkan bumbu meresap. Selanjutnya tuang air secukupnya dan tunggu hingga matang. Jelang mendidih tambahkan sedikit cuka, taburkan irisan lengkuas, agar lebih wangi dan terasa pedas.

Sie reuboh rasanya gurih, pedas, dan keasam-asaman. Sedap disantap dengan nasi atau disajikan langsung. Karena tanpa memakai penyedap atau pengawat kimia, makanan ini tahan berhari-hari. “Bisa disimpan berhari-hari dan tak basi,” kata Dewi, warga Banda Aceh yang jago membuat makanan itu.

Sie reuboh kerap disajikan dalam hajatan-hajatan adat di Aceh Besar. Pada saat hari meugang yang diperingati warga Aceh dua atau satu hari jelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri serta Idul Adha, bagi warga Aceh Besar, sie reuboh menjadi kuliner wajib yang harus selalu ada.

Dikutip dari Majalah Wisata Atjeh, Sie reboh punya sejarah panjang. Pengaruh perang ratusan tahun di Aceh, menjadikan makanan ini melagenda. Oleh masyarakat, memasak Sie reboh untuk kemudian dikirimkan kepada para pejuang di gunung. “Dalam perjuangan kemerdekaan, para pejuang diberikan bekal Sie reboh untuk dibawa ke gunung. Itu jadi makanan mereka, dan mereka membawanya sampai berbulan-bulan lamanya,” ujar Faisal Ishak, warga Aceh Rayeuk. Karena itu, sebagian menyebutnya, Sie reboh, sajian perang dari Aceh Rayeuk.

Kuliner ini warisan yang sudah turun-temurun di kalangan masyarakat setempat. Namun bagi Anda yang ingin mencicipi sie reuboh, sekarang tak harus lagi menunggu meugang atau hajatan adat. Sie reuboh kini mudah ditemui di tiap-tiap warung nasi khas Aceh Rayeuk yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Tertarik mencoba silakan kunjungi rumah-rumah makan di Banda Aceh, di antaranya;
– Rumah Makan Khas Aceh Rayeuk
Desa Lueng Bata, Banda Aceh

– Rumah Makan Asia Utama
Jalan Cut Mutia 39, Banda Aceh

– Rumah Makan Aceh Spesifik
Jalan T. Hasan Dek, Banda Aceh

– Rumah Makan Ujung Batee
Jalan T. Hasan Dek, Banda Aceh

[AW|SM]

Baca juga:
Kuliner Banda Aceh #Lincah Mameh
Kuliner di Banda Aceh #Sanger
Kuliner di Banda Aceh #Kuah Beulangong