Objek Wisata

Kuliner Banda Aceh
Kuah Pliek U

  • Kuah Pliek U2
  • Kuah Pliek U1
  • Kuah Pliek U3
Next
  • Kuah Pliek U2
  • Kuah Pliek U1
  • Kuah Pliek U3
Previous
Foto: Ahmad Ariska

SATU dari sekian banyak kuliner khas Aceh yang bisa ditemui di Banda Aceh adalah Sayur Pliek-u. Dari namanya saja sudah terdengar unik. Ini tak lain karena bahan baku masaknya juga unik bernama Pliek-U.

Saat kerajaan Aceh berjaya di masanya, abad ke-16, masakan yang dikenal dengan nama Kuah Pliek-U ini merupakan makanan kerajaan yang dikonsumsi para raja.

Gulai ini terdiri dari campuran berbagai jenis sayuran ditambah “pliek-u” dan kepala ikan asin sebagai penyedapnya. “Pliek-u” atau disebut juga patarana adalah sisa atau ampas kopra (kelapa) yang minyaknya sudah diperas. Masyarakat di pedesaan Aceh, memang menggunakan minyak kelapa untuk memasak. Minyak kelapa didapat dengan cara memeras kelapa dan ampas kelapanya digunakan sebagai bumbu masak yang disebut dengan Pliek-U yang sudah melalui proses fermentasi dan penjemuran.

Olahan kelapa ini menghasilkan minyak goreng yang disebut dengan “minyeuk reutik.” Ampas kelapa ini tidak dibuang, tetapi dijemur kembali sehingga menjadi “pliek-u” yang perlahan berwarna hitam. Pliek-u memancarkan aroma minyak kelapa yang khas. Dalam tradisi masyarakat Aceh, “pliek-u” menjadi salah satu bumbu penyedap untuk mengolah sayuran menjadi gulai (kuah) pliek-u.

Gulai ini terdiri dari aneka sayuran mulai dari nangka muda, daun melinjo ditambah buah melinjo muda, kacang panjang, terong hijau, daun singkong, papaya muda, jagung muda dan buah labu siam. Bumbu pelengkapnya terdiri dari pliek-u, ketumbar, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kelapa sangrai (gongseng), merica dan asam sunti (belimbing bulat). Dan untuk menambah sedapnya rasa bisa dicampurkan dengan ikan asin. Biasanya bagian kepala ikan menjadi pilihan untuk dimasukkan kedalam gulai/kuah Pliek-U.

Semua sayuran dirajang dan direbus hingga lunak. Kemudian masukkan bumbu yang sudah digiling kecuali kepala ikan asin tadi dalam sayuran tersebut. Biarkan bumbu-bumbu itu terserap oleh sayuran dan kemudian ditambahkan santan (yang tidak terlalu kental), lalu masak hingga mendidih tersebut.

Gulai (kuah) pliek-u sudah siap untuk disantap apabila sudah mengeluarkan aroma khas, harum dan merangsang selera makan. Aroma ini muncul dari Pliek-U yang ada dalam gulai. Kalau anda sudah mencium aroma ini dipastikan anda tidak akan pindah dari meja makan dan selalu ingin mencicipinya lagi dan lagi.

Mau mencoba, banyak rumah makan khas Aceh di Banda Aceh dan kota-kota di wilayah pesisir timur Aceh, yang menawarkan sayur gulai Pliek U ini. Dijamin akan ketagihan. Banyak kaum hawa dari luar Aceh yang diam-diam menanyakan resepnya kepada pemilik rumah makan, untuk dicobanya sendiri. Selamat mencoba kuah pliek-u dan rasakan sensasi sebagai seorang raja.

– Rumah Makan Khas Aceh Rayeuk
Lueng Bata, Banda Aceh
Buka siang dan malam

– Rumah Makan Tringgadeng
Jalan Daud Beureueh, Banda Aceh
Buka siang dan malam

[Yayan]