HUT Banda Aceh, 10.300 Warga ‘Jalan Asik’

  • Foto; Salman M
Next
  • Foto; Salman M
Previous
Foto: Salman Mardira

Banda Aceh – Sedikitnya 10.300 orang ikut dalam gerak jalan santai massal menelusuri jalan protokol di Banda Aceh, Minggu, 26 April 2015 pagi. Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) kota ini ke-810.

Aksi ‘Jalan Asik’ dipusatkan di Lapangan Blang Padang digelar Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar), bekerjasama dengan Harian Serambi Indonesia, serta para sponsor lainnya.

Gerak jalan dilepaskan Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal di Lapangan Blang Padang, disaksikan Ketua DPRK Arif Fadhilah, Manajer Telkomsel wilayah Aceh, Pemimpin Umum Serambi Indonesia, Sjamsul Kahar dan Kadisbudpar Banda Aceh, Fadhil.

Para peserta kemudian berjalan serentak ‘mengular’ menelusuri rute yang sudah ditentukan. Di barisan peserta gerak jalan, para siswa groupmarching band terus menabuh alat musik penyemangat, dan menari dengan tongkat dan mengibas bendera.

Peserta yang mengekor memenuhi sebagian badan jalan. Dari Blang Padang mereka mengarah ke Pendopo Gubernur Aceh, kemudian Jalan Teungku Chik di Tiro hingga ke Simpang Surabaya, dan berbelok ke Jalan T. Hasan Dek.

Rute selanjutnya Kuta Alam menuju Bundaran Simpang Lima, terus ke Jembatan Pante Pirak, lurus ke Simpang Kodim dan Masjid Raya Baiturrahman kemudian finish lagi ke Blang Padang. Di sini tiket peserta diundi, yang beruntung mendapatkan aneka hadiah.

Wali Kota lliza Saaduddin Djamal mengatakan, kegiatan jalan santai memeriahkan hari jadi Banda Aceh ini, sekaligus menjadi ajang kampanye sehat dan mencintai lingkungan. Dia mengajak warga membantu pemerintah mewujudkan Banda Aceh menjadi Kota Madani serta destinasi wisata dunia.

“Dengan kebersamaan ini mari sama-sama kita membangun Banda Aceh, mewujudkan Kota Banda Aceh menjadi Kota Madani. Beginilah cirri-ciri masyarakat madani, rajin berolahraga, menjaga kesehatan dan rajin ibadah,” ujarnya.

Sementara Kepala Disbudpar Banda Aceh, Fadhil mengatakan, kegiatan gerak santai ini olahraga, juga menjadicity tour bagi masyarakat, karena jalan-jalan yang dilalui terdapat beberapa situs wisata. “Kami berharap kegiatan ini bisa menambah kebahagiaan masyarakat, dan makin mencintai kota ini.” [SM]