Tarik Wisatawan, Aceh Singkil Gelar Festival Pulau Banyak

  • Festival Pulau Banyak1
  • festival pulau Banyak2
Next
  • Festival Pulau Banyak1
  • festival pulau Banyak2
Previous
Gubernur Aceh di Pulau Banyak | Foto: Heri, Humas Aceh,

Pulau Banyak – Menarik wisatawan, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil bersama Pemerintah Aceh menggelar Festival Pulau Banyak. Gubenur Aceh, Zaini Abdullah membuka langsung festival, Minggu sore 24 Juli 2016.

“Sektor kebudayaan dan pariwisata tidak boleh kita abaikan. Aceh punya potensi yang luar biasa dalam bidang ini,” ujarnya saat membuka Pagelaran Seni dan Budaya Festival Pulau Banyak, seperti siaran berita yang diterima www.bandaacehtourism.com.

Menurutnya, Aceh Singkil termasuk salah satu daerah yang punya potensi untuk pengembangan pariwisata dan pelestarian kebudayaan. Terbukti masyarakat Aceh Singkil masih banyak yang mempertahankan sejumlah tradisi lokal. Salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan adalah melalui pagelaran budaya yang diselenggarakan secara berkelanjutan.

Dalam hal pariwisata, gugusan Pulau Banyak di Aceh Singkil menjadi salah satu lokasi andalan wisata Aceh yang mengalami kemajuan pesat. Media Internasional bahkan menyebut kawasan Pulau Banyak sebagai surga tersembunyi di ujung selatan Aceh. “Kita harus dapat menunjukkan bahwa kita adalah tuan rumah yang baik bagi setiap tamu yang datang.”

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi mengatakan Pulau Banyak yang terdiri dari 99 gugus pulau-pulau layak dikembangkan menjadi objek wisata andalan. “Wisatawan dapat menikmati snorkling, diving, dan menikmati atraksi seni budaya serta kuliner Pulau Banyak,” katanya.

Festival dipusatkan di Pulau Balai berlangsung selama dua hari, 24-25 Juli 2016 dengan menampilkan Pagelaran Keragaman Budaya Singkil, Lomba Pancing, dan Pelatihan Tour Wisata Berbasis IT. “Kita berharap, sektor wisata menjadi salah satu sektor andalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Pulau Banyak,” kata Reza Pahlevi.

Festival Pulau Banyak diharapkan dapat menjadi event tahunan di Kepulauan Banyak dan dilaksanakan secara konsisten sehingga akan semakin baik dan wisatawan pun akan banyak berkunjung.

Menuju ke Aceh Singkil dapat ditempuh melalui perjalanan dari Medan dan Banda Aceh. Jaraknya dari Banda Aceh sebagai ibukota provinsi sekitar 660 kilometer, menyusuri pesisir Barat dan Selatan Aceh yang menyajikan banyak destinasi menarik. Dari Singkil, perjalanan ke Pulau Banyak harus ditempuh melalui jalur laut dengan kapal feri maupun menyewa boat nelayan. [AW]