Wakil Wali Kota dan CJ Kool Bahas Pemeliharaan Kerkhof

Foto: Humas Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh


Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Drs H Zainal Arifin melakukan pertemuan dengan Kolonel C J Kool, Mantan Atase Militer Belanda, Rabu 25 November 2015. Pertemuan yang digelar di ruang kerja Zainal, membahas pemeliharaan dan perawatan kuburan serdadu belanda (Kerkhof) yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Banda Aceh.

J Kool mengungkapkan kuburan serdadu Belanda akan didaftarkan ke UNESCO sebagai sebuah heritage warisan dunia. “Ini penting, sebagai bukti sejarah Aceh dan Belanda,” ujar J Koool yang aktif membantu Aceh saat rehab-rekon pascatsunami dulunya.

Zainal Arifin mengatakan Pemko Banda Aceh selama ini telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam merawat kuburan peninggalan Belanda tersebut. “Selama ini kita rutin merawat kuburan bersejarah ini, penghijauan juga telah kita lakukan karena pada dasarnya di lokasi tersebut dulunya memang di penuhi pohon-pohon yang rindang,” ungkap Zainal Arifin.

Dalam kesempatan tersebut, Zainal Arifin dan J Kool juga membahas kemungkinan kerjasama lainnya antara Belanda dan Banda Aceh. Misalnya, terkait kemungkinan investasi para pengusaha Belanda di Aceh.

Sementara itu, J Kool berjanji akan membicarakan hal tersebut dengan Pemerintah dan pengusaha di Belanda. “Saya tahu saat ini Banda Aceh dan Apeldorn memiliki kerjasama sister city. Bukan tidak mungkin akan kita coba membicarakan kerjasama yang lain, seperti investasi,” kata J Kool. [AW|MKK]

Baca juga: Kerkhof, Tempat Belanda Mengubur Tentara