Turis Mancanegara Kagum Pameran 100 Tahun Museum Aceh

31 Juli 2015

Museum Aceh12
Banda Aceh – Di antara pengunjung pameran sejarah nasional 100 tahun Museum Aceh, juga terlihat beberapa wisatawan mancanegara. Mereka ikut berbaur dengan warga lokal yang sama-sama menikmati pameran di komplek museum Jalan SA Mahmudsyah, Banda Aceh.

Emily salah satunya. Turis asal Amerika Serikat ini antusias menyaksikan bermacam koleksi dari beberapa museum di Indonesia yang ditampilkan. “Ini bagus sekali, saya suka,” kata perempuan muda berambut pirang ini disela pameran, Kamis, 30 Juli 2015.

Dia mengaku suka melihat koleksi benda-benda klasik dan gambar-gambar serta foto-foto bersejarah di situ. “Gambarnya bagus, warnanya saya suka,” sebutnya.

Emily datang bersama Karen, pelancong asal Singapura. Keduanya didampingi beberapa perempuan lokal yang sudah jadi temannya. Mereka terlihat akrab.

Sepertinya halnya Emily, Karen juga mengungkapkan kesukaannya pada pameran ini. Ketika ditanya apa yang paling dinikmatinya, Karen mengatakan lagu Indonesia Raya klasik yang diputar di salah satu ruang pameran. “Suka dengarnya.”

Emily dan Karen sudah berkunjung ke beberapa objek wisata di Aceh. Namun yang paling mereka sukai adalah destinasi di Sabang dan Pantai Lampuuk di Aceh Besar paling mereka sukai.

Sabang, kata Emily, memiliki pemandangan yang indah dan alam bawah laut yang memukau. “Pantainya keren, berenang jadi suka,” katanya.

Bagaimana dengan Pantai Lampuuk? “Ya Lampuuk juga, pantainya bagus.” Dia terkesan dengan keramahan orang Aceh. “Orangnya baik-baik, suka membantu,” tutur Emily.

Emily juga suka menikmati jajanan kuliner di Kota Banda Aceh. “Nasi goreng suka, ayam panyet juga.” [SM]