Raih Sanipura Award, Banda Aceh Dapat Reward

25 Agustus 2016

Foto: Humas Aceh

Foto: Humas Aceh

Banda Aceh – Pada ajang City Sanitation Summit (CSS) XVI yang digelar di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Kamis 24 November 2016, Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) memberikan penghargaan Sanipura Award kepada 10 kabupaten/kota.

Penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki sistem sanitasi terbaik dan berkomitmen terhadap program dimaksud, diserahkan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani didampingi Menteri PUPR Muhammad Basoeki Hadimoeljono kepada 10 bupati/walikota penerima.

Adapun kabupaten/kota yang mendapatkan Sanipura Award adalah Kota Banda Aceh, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sleman, Kota Bogor, Kota Makasar, Kota Balikpapan, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ngawi dan Kota Surabaya. Kesepuluh daerah tersebut dinilai sukses memberikan inovasi berkelanjutan dalam program penanganan sanitasi.

Usai menyerahkan penghargaan, Puan Maharani berharap prestasi yang telah diraih ini dapat memacu kabupaten/kota lainnya di Indonesia untuk lebih peduli terhadap program sanitasi.

Kepada Menteri PUPR, Puan meminta agar 10 kabupaten/kota ini diberikan reward dalam bentuk program yang afirmatif. “Semoga ke depan akan lebih banyak lagi daerah yang mendapat Sanipura Award,” katanya.

Permintaan Puan Maharani langsung direspon oleh Menteri PUPR yang berjanji akan memberikannya di tahun 2017 nanti. “Akan kami tawarkan apa program yang dibutuhkan dari KemenPUPR. Salah satunya mungkin pengadaan alat berat untuk mendukung program-program terkait sanitasi bagi daerah penerima Sanipura Award 2016,” sebutnya. [AW|Ril]