Peringatan Hari Bumi, Mahasiswa Tanam Cemara

Dok. Mapala Hukum Unsyiah

Dok. Mapala Hukum Unsyiah


Banda Aceh – Memperingati Hari Bumi Tahun 2016, UKM Mapala Hukum Unsyiah mengadakan kegiatan penanaman Cemara Laut (Australian Pine) sebanyak 100 batang. Kegiatan ini dilakukan di kawasan Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh, Jumat 22 April 2016.

Muhammad Azhari selaku Ketua Umum Mapala Hukum Unsyiah mengatakan sejak tahun 2007, UKM Mapala Hukum Unsyiah selalu ikut memperingati peringatan hari bumi dengan berbagai bentuk kegiatan seperti, seminar lingkungan hidup, aksi damai kampanye lingkungan, nonton bareng Film lingkungan, pembagian bibit tanaman.

Penanaman ini dilakukan bertujuan untuk melakukan penghijauan kawasan pesisir laut Kota Banda Aceh. Pada tahun ini kenapa diplih menanam pohon cemara laut karena pohon cemara laut merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah pantai berpasir. ”Jenis ini mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan.”

Penanaman pohon cemara laut merupakan salah satu teknik konservasi tanah secara vegetatif dan bersifat permanen, teknik ini berhasil diterapkan di beberapa daerah di Jawa dan di Aceh telah pernah dilakukan di kawasan pantai Ulee Lheu. “Semoga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan juga kalangan umum lainnya.”

Hari bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia. Dicanangkan oleh senator Amerika Serikat yaitu Gailord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. [AW|Ril]