Pemerintah Pariaman Belajar Program Smart City ke Banda Aceh

Pegawai Kota Pariaman belajar di Banda Aceh | Foto: Humas Banda Aceh

Pegawai Kota Pariaman belajar di Banda Aceh | Foto: Humas Banda Aceh

Banda Aceh – Tim Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat study banding ke Kota Banda Aceh. Mereka ingin mempelajari sistem peningkatan disipilin dan kinerja PNS serta pengembangan program smart city dari Banda Aceh.

Kunjungan mereka diterima langsung Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi, Teuku Taufik, dan Kabid Komtel dan Ketua harian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Banda Aceh, Jailani, Selasa, 4 Agustus 2015.

Tim dari Pariaman mengungkapkan keinginan mereka ingin kerjasama dengan Banda Aceh, sebagai upaya memajukan daerahnya dari berbagai aspek. Mereka juga ingin studi banding terkakt pelayanan informasi publik dan mempelajari Aplikasi Online Kota Banda Aceh.

Pemko Banda Aceh menyambut positif kunjungan Pemerintah Pariaman yang berinisiatif untuk mau sharing, dan bersinergi bekerjasama meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi publik.

Di ruang Pengembangan Sistem Informasi, tim juga dipaparkan bagaimana mengoperasikan aplikasi online, program dan jaringan yang dipandu oleh Staf Ahli Programmer Dishubkominfo Banda Aceh Dwi Febri.

Utusan dari Pemko Pariaman mengaku berterima kasih atas penjelasan terhadap aplikasi yang ada di Kota Banda Aceh. “Kita akan manfaatkan ilmu yang kita dapatkan di Banda Aceh ini untuk meningkatkan pelayanan informasi di Pariaman nanti,” ujar perwakilan mereka.

Dalam kunjungan ini, perwakilan dari Pemerintah Pariaman juga dijelaskan secara rinci aplikasi yang ada di Kota Banda Aceh. Mereka juga diberi kesempatan melihat rancangan ruang Area Traffic Controll System, yang merupakan suatu sistem untuk meremot program pengatur lampu lalu lintas di Banda Aceh yang nantinya ada di gedung baru Dishubkominfo. [SM]