Parlemen Salatiga Belajar ke Banda Aceh

20 Mei 2015

Banda Aceh – 25 anggota DPRD Salatiga, Jawa Tengah study banding ke Kota Banda Aceh, untuk mempelajari tata kelola pemerintahan yang baik. Ibu kota Provinsi Aceh ini dinilai memiliki kemajuan dalam tata kelola pemerintahan dan mengalami kemajuan pesat di segala bidang.

Rombongan semuanya berjumlah 30 orang dipimpin Ketua DPRD Salatiga, Tedy Sulistio SE dan wakilnya Fatur Rachman. Mereka diterima Asisten Keistimewaan, Ekonomi dan Pembangunan Setdakota Banda Aceh, Ir Gusmeri MT di ruang rapat Wali Kota Banda Aceh, Rabu, 20 Mei 2015.

“Kami ingin pelajari terkait pengelolaan keuangan dimana Banda Aceh telah meraih WTP 7 kali berturut-turut. UMKM juga jadi objek studi kami, kemudian pendidikan, tata ruang dan bidang kesehatan,” ujar Tedi Sulistyo.

Dia kagum melihat Kota Banda Aceh yang telah bangkit pascamusibah gempa dan tsunami tahun 2004, dimana denyut perekonomian begitu terasa serta pembangunan infrastruktur yang begitu pesat.

Dalam pertemuan itu selain Gusmeri, pejabat Pemko yang hadir diantaranya Kepala DPKAD Drs Purnama Karya MM, Kadis PU Ir Samsul Bahri, Kabag Humas Drs Marwan, Kabag Pembangunan Maulidar SP ME dan sejumlah Kepala SKPD lainnya.

Dia menyampaikan program-program pembangunan Pemko Banda Aceh pasca tsunami hingga saat ini dibawah kepemimpinan Illiza Sa’aduddin Djamal SE.

“Semua ini berkat kerja kersa pemimpin dan aparatur, dukungan masyarakat dan tentunya bantuan dari sejumlah pihak, baik dalam negeri maupun dari luar negeri, sehingga Banda Aceh bisa pulih seperti saat ini,” kata Gusmeri.

“Terkait bidang tata kelola keuangan, pendidikan, infrastruktur dan lainnya silahkan ditanyakan ke Kepala SKPD, ini memang kita hadirkan untuk menerima bapak-bapak dari Salatiga,” ujarnya. [SM]