Memperkenalkan Aceh di PATA Travel Mart 2016

Dok Disbudpar Aceh

Dok Disbudpar Aceh


Banda Aceh – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh ikut serta pada PTM 2016, sekaligus memperkenalkan Aceh dalam ajang pertemuan para pelaku travel Asia. Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pacific Asia Travel Association (PATA) Travel Mart (PTM) 2016 ke-5, yang dibuka langsung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang – Banten.

Turut hadir juga Menteri Pariwisata Malaysia, Dato Seri Mohamed Nazri bin Abdul Aziz, Chairman PATA, Andrew Jones dan Chairman PATA Indonesia S.D. Darmono. PTM 2016 yang berlangsung dari tanggal 7-9 September 2016 dihadiri 262 buyers dari 56 negara. Sebanyak 416 delegasi mewakili 219 perusahaan dari 35 negara sebagai sellers. Beberapa badan promosi pariwisata mancanegara lainnya juga ikut berpartisipasi pada event wisata bergengsi tersebut dan diliput oleh hampir 65 media dari 15 negara dan blogger nusantara dan mancanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran, Rahmadhani menyebutkan, partisipasi Aceh pada PTM 2016 dianggap penting sebagian bagian potensial pengenalan Aceh kepada buyer dan seller. “Keikutsertaan Aceh tentu menjadi bagian penting dalam PTM 2016 ini, menjadi momentum yang sangat potensial mengenalkan kebangkitan industri pariwisata Aceh dengan semangat Destinasi Wisata Halal Dunia kepada masyarakat international,” sebutnya.

Selain itu, momentum PTM 2016 menjadi bagian bagus dalam memperkenalkan branding Aceh yang saat ini ikut serta dalam kompetisi wisata halal nasional.

Sementara itu, Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar RI, I Gde Pitana yang berkesempatan mengunjugi booth Aceh, mengungkapkan kebanggaannya kepada Aceh karena keseriusan dalam promosikan pariwisata.

Selama berlangsungnya PTM 2016, selain menyediakan berbagai informasi tentang potensi pariwisata Aceh, booth Aceh juga membagikan aneka souvenir khas Aceh menarik lainnya kepada pengunjung seperti tas bordir Aceh, topi, t-shirt Aceh, pin, kopiah serta mempromosikan Aceh lewat video visualisasi “The Light of Aceh”. [Yayan]