Komunitas Dongeng Ajar Anak Bahasa Jerman

Dok. DOA Comm

Dok. DOA Comm


Banda Aceh – Komunitas Dongeng Aceh atau Dongeng Aceh Community (DOA Comm), Sabtu 23 Januari 2016 memulai program mengajar bahasa Jerman untuk anak-anak. Kegiatan yang berlangsung di ruang baca anak, Perpustakaan Wilayah, Lamnyong, Banda Aceh, tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 30 anak yang umumnya merupakan para siswa sekolah dasar.

DOA Comm menghadirkan tutor bahasa Jerman berpengalaman untuk kegiatan ini, yaitu Beby Haryanti Dewi, yang merupakan lulusan Volkshochschule, Leipzig, Jerman. Beby yang juga pengajar bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Banda Aceh dan di kursus bahasa Jerman Deutschkurs Perhimpunan Alumni Jerman-Aceh (DPAJ) ini juga merupakan seorang penulis dan editor nasional.

Selain Klub Bahasa Asing (Jerman dan Inggris), DOA Comm juga membuat Klub Dongeng Cilik (Docil), Klub Penulis Cilik (Pencil), dan Klub Fun Craft. Umumnya kegiatan setiap klub tersebut adalah belajar mendongeng, menulis cerita, dan membuat keterampilan tangan sederhana.

DOA Comm sendiri adalah komunitas yang bergerak di bidang edukasi literasi untuk anak-anak melalui metode bercerita atau mendongeng. Komunitas yang dibentuk pada 10 November 2015 dan secara resmi telah launching pada 9 Januari 2016 ini diprakarsai oleh para ibu muda pegiat dunia anak: Zuchairiah, Beby Haryanti Dewi, Zikrayanti, Sri Mulyana, Nurmala Dewi dan Yuli Yana.

Koordinator DOA Comm, Zuchairiah, menyatakan bahwa tujuan jangka pendek pembinaan klub ini adalah memfasilitasi anak-anak untuk mengikuti berbagai lomba berbasis membaca dan menulis baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional, seperti event KPCI (Konfrensi Penulis Cilik Indonesia), ARKI (Akademi Remaja Kreatif Indonesia), International Story Telling, serta Lomba Bercerita Badan Arsip dan Perpustakaan. DOA Comm juga memfasilitasi publikasi hasil karya dan tulisan anak-anak binaan klub di majalah Anak Cerdas.

“Siapa saja yang berminat, silakan bergabung. Semua klub kita terbuka untuk umum. Jadwal belajar DOA Comm setiap Sabtu, mulai pukul 14.00 hingga 15.30 WIB, bertempat di ruang baca anak, Perpustakaan Wilayah, Banda Aceh,” kata Zuchairiah bersemangat.

Program-program DOA Comm mendapat sambutan baik dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Kota Banda Aceh, Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, serta majalah Anak Cerdas yang sangat mendukung terlaksananya kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan kreativitas dan minat baca anak. [AW|Ril]