Kerajinan Aceh Bisa Pikat Turis

27 Mei 2015

Kerajinan_Pikat turis
Banda Aceh – Kerajinan Aceh memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen mancanegara termasuk wisatawan, sehingga para pengrajin didorong untuk lebih kreatif dan inovatis dalam mengemas produk-produk kerajinannya.

“Persaingan di pasar kerajinan sangat ketat. Ada ratusan produk kerajinan yang bernuansa etnik dari berbagai daerah di Indonesia. Kita harus memenangkan persaingan itu dengan produk unggulan, yang desainnya kreatif dan inovatif,” Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Aceh, Niazah A Hamid.

Hal itu disampaikannya saat menutup Pelatihan Peningkatan Mutu Design Produk- Pengembangan Industri Kerajinan Daerah yang berlangsung lima hari, di Seramoe Kerajinan Aceh, Banda Aceh, Selasa, 26 Mei 2015. Pelatihan ini digelar agar dapat menciptakan produk yang lebih kreatif dan inovatif. Peserta dilatih dengan teknik-teknik desain agar menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Ketua Tim Pengerak PKK Aceh ini meyakini, jika produk-produk kerajinan yang dihasilkan menarik pasti akan menjadi pemenang di pasarsehingga memberikan keuntungan ekonomi yang lebih baik bagi pengrajin itu sendiri. “Kreatifitas dan produktifitas merupakan strategi paling jitu untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Cut Kartina, seorang peserta pelatihan dari Aceh Barat Daya mengatakan, banyak manfaat diperolehnya dalam pelatihan ini, terutama untuk mengembangkan pengetahuan dan skill. “Insya Allah nantinya ilmu ini bisa kami terapkan di daerah masing- masing,” katanya sembari berharap kegiatan ini digelar di seluruh kabupaten/kota sehingga para pengrajin di daerah dapat menghasilkan produk-produk kerjinan berkualitas. [SM]