Jelajahi Pulau Terluar, Garuda Gunakan Explorer

13 Mei 2014

Garuda di Sabang | Foto: Humas Pemerintah Aceh

Garuda di Sabang | Foto: Humas Pemerintah Aceh


Jakarta – Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan maskapainya turut mendukung penambahan destinasi wisata nasional. Saat ini perusahaannya mengenalkan kluster penerbangan baru khusus ke daerah terpencil dengan Garuda Explorer.

“Tahun ini, kami concern ke pembukaan rute pendek di daerah kecil bagian barat dan timur Indonesia yang belum terjelajahi maskapai manapun,” ujar Arif di kantornya, Senin, 11 Mei 2015.

Perusahaan menyuplai 15 pesawat kecil jenis ATR 72600 yang mampu mendarat di bandara perintis. Garuda berharap rute-rute ini dapat terkoneksi dengan penerbangan maskapai ke kota besar lain.

Fokus Garuda Explorer bakal bertumpu di daerah tujuan wisata seperti Pulau Komodo ataupun Raja Ampat. Maskapai menargetkan pembukaan 25 rute Explorer baru. Hingga saat ini, 18 di antaranya sudah diresmikan. Salah satunya jalur PP Kuala Namu (Sumatera Utara) ke Kota Sabang (Aceh). Baca: Garuda Layani Kunjungan ke Sabang

Perusahaan menargetkan pengangkutan 3,7 juta penumpang terbang menggunakan Garuda Explrorer pada tahun ini. Anak perusahaannya, PT Citilink Indonesia, mencanangkan pengangkutan 1,5 juta penumpang.

Sementara untuk penerbangan domestik biasa, Garuda bakal menambah 10 rute menjadi 63 rute. “Rute juga akan terus diimbangi dengan penambahan pesawat,” kata Arif.

Indonesia menargetkan pertumbuhan wisatawan asing terjadi setiap tahun hingga 2019 mencapai 20 juta. Jumlah ini diharapkan mampu memasok devisa negara hingga Rp 241 triliun. [TEMPO.CO]