Illiza Jadi Pembicara Forum PBB di Barcelona

23 Juni 2015

Foto: Ahmad Ariska

Foto: Ahmad Ariska


Banda Aceh – Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal diundang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjadi salah satu pembicara dalam forum international di Barcelona, Spanyol.

Kabag Humas Setda Kota Banda Aceh, Marwan mengatakan, saat ini Illiza sudah berada di ibu kota Catalan untuk menghadiri forum diikuti unsur PBB, beberapa wali kota di dunia, pengelola perkotaan, LSM Internasional, swasta, lembaga donor dan ahli-ahli perkotaan dunia.

“Wali kota akan menyampaikan presentasinya pada sesi diskusi dengan tema peran pemerintah kota dalam rehabilitasi dan rekontruksi pascabencana tsunami Aceh, besok (Selasa, 23 Juni 2015),” katanya Senin, 22 Juni 2015.

Banda Aceh dikenal dunia sebagai kota tangguh terhadap bencana. Ini telah diperlihatkan warga Banda Aceh bersama pemerintah kota pasca gempa dan tsunami 10 tahun lalu, “dimana kota yang telah luluh lantak mampu kemudian mampu bangkit dengan bantuan kemanusiaan dari berbagai negara di dunia.”

Wali Kota Banda Aceh, kata dia, diminta untuk berbagi pengalaman dalam menata kota ini secara berkelanjutan hingga kini, setelah tsunami dan ditinggal bantuan bantuan dunia. Baik melalui kebijakan dan pembangunannya.

“Wali kota di undang PBB untuk berkontribusi dikegiatan ini yang nantinya akan menjadi rekomendasi konkret bagi Forum World Humanitarian Summit (WHS) di tahun 2016,” ujar Marwan. “Tujuannya adalah untuk membangun daerah perkotaan yang lebih baik di seluruh dunia.” [SM]