HUT Banda Aceh, Aksi Sosial di Situs Tsunami

Foto: Ahmad A

Foto: Ahmad A


Banda Aceh – Berbagai aksi sosial digelar di situs wisata tsunami PLTD Apung, Punge Blang Cut, 2-3 Mei 2015. Kegiatan melibatkan lintas organisasi ini bagian dari merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banda Aceh ke 810.

Aksi yang diinisiasi Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Banda Aceh ini membuat suasana di area PLTD Apung makin ramai dan meriah. Beberapa pengunjung situs bukti keajaiban tsunami tersebut, menyempatkan diri mengunjungi stand dan tenda kegiatan sosial.

Kegiatan diawali dengan aksi sunatan massal, donor darah, serta penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat dilakukan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Di lokasi yang sama, Ikatan Agam Inong Banda Aceh juga membuka stand, memamerkan aksesoris khas Aceh, foto-foto dan informasi pariwisata, serta edukasi permainan tradisional. “Untuk memperkenalkan permainan-permainan tradisional sekarang yang mungkin banyak orang sudah melupakan,” kata Magfirah Rahmadhani, Wakil Duta Wisata Banda Aceh.

Hari kedua, digelar gotong royong bersama antara Disbudpar, pelaku usaha wisata, lintas komunitas serta masyarakat di area PLTD dan Masjid Subulussalam, Punge Blang Cut. Selanjutnya menyerahkan sumbangan berupa ambal dan kipas angin kepada masjid itu.

Sumbangan secara simbolis diserahkan Kepala Disbudpar Banda Aceh, Fadhil kepada Keusyik Punge Blang Cut, Armaya Surya, sekaligus penutupan secara resmi kegiatan sosial tersebut. Menurut Fadhil, aksi ini dilakukan selain membangun silaturrahmi juga untuk mengajak semua pihak termasuk masyarakat agar lebih mencintai kesehatan dan lingkungannya. [SM]