Forum Kajian Sejarah dan Peradaban Aceh Terbentuk

Banda Aceh – Pegiat sejarah dan budaya membentuk Forum Kajiaan Peradaban dan Sejarah Aceh. Forum ini menjadi ajang membahas, mengkaji tema-tema sejarah dan peradaban Aceh. Tiap bulan mereka akan menggelar diskusi di Museum Aceh.

Forum ini dibentuk atas kerjasama Pusat Dokumentasi Informasi Aceh (PDIA) bersama Institut Peradaban Aceh (IPA), Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT) dan Aceh Forum for the Study of Islamic Civilization (AFSIC).

Koordinator acara diskusi forum ini, Jabal Ali Husin Sab mengatakan, “Kerjasama ini adalah bentuk sinergitas antara lembaga pemerintah dengan elemen masyarakat sipil dan komunitas untuk bersama-sama memfasilitasi diskusi keilmuan bagi publik terkait sejarah dan peradaban di Aceh.”

Ketua IPA Haekal Afifa menjelaskan, diskusi publik Hamzah Fanshuri merupakan diskusi perdana forum ini. Pada acara-acara berikutnya, lanjut dia, forum siap menampilkan tema-tema sejarah dan peradaban yang dapat menambah keilmuan bersama dan menjadi sarana pembelajaran sejarah bagi masysrakat luas.

“Kedepan kita akan menghadirkan tema-tema sejarah dan peradaban lain yang tak kalah menarik. Kita harapkan masyarakat dan kaum muda untuk dapat berpartisipasi aktif dalam acara rutin ini, karena pada hakikatnya acara ini adalah milik kita bersama sebagai bangsa Aceh. Kita harapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai-nilai keislaman dan keacehan bagi kaum muda Aceh dalam membantu Aceh menjawab tantangan zaman” pungkas Haekal. [SM]