Delegasi Banda Aceh ke Turki, Jajaki Kerjasama

Dok Humas

Dok Humas


Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE bersama Ketua DPRK Arif Fadillah dan sejumlah anggota DPRK Kota Banda Aceh melakukan kunjungan kerja ke Istanbul Turki. Illiza dan rombongan tiba di Bandara Ataturk Turki, Rabu 6 Januari 2016, dan langsung menggelar peretmuan dengan Walikota Istanbul, Kadir Topbas besoknya.

Illiza mengungkapkan keberangkatan delegasi Banda Aceh ke Turki merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang dilakukannya pada November 2015 lalu dengan Duta Besar Turki untuk Indonesia, Zekeriya Akcam di Banda Aceh.

Pada pertemuan di Banda Aceh November tahun lalu, katanya, Zekeriya Akcam memandang perlu dilakukannya pertemuan lanjutan untuk membahas secara detail bidang-bidang kerjasama yang akan dijajaki Banda Aceh–Istanbul.

“Beliau mengundang delegasi Banda Aceh ke Turki dengan membawa proposal yang konkrit untuk dibahas langsung dengan Pemerintah Kota Istanbul,” ungkap Illiza megingat kembali pembicaraannya dengan Duta Besar Turki untuk Indonesia di Banda Aceh, November tahun lalu.

Kata Zekeriya Akcam, dengan membawa proposal yang konkrit, pihak Turki dapat mempelajari sehingga dapat menyiapkan formula atau lembaga yang tepat untuk membantu Banda Aceh nantinya.

Atas dasar itu, lanjut Illiza, dirinya memgambil kebijakan bersama dengan pihak legislatif melakukan kunjungan ke Istanbul pada Januari 2016 ini. Bersama Illiza juga berangkat Iskandar Bakri yang merupakan fasilitator dan penghubung pihak Pemerintah Istanbul dengan pihak Pemko Banda Aceh.

Illiza juga mengikutsertakan Dirut PDAM Tirta Daroy T Novizal Aiyub dalam rangka membahas kerjasama dibidang pengelolaan air bersih. Dari jajaran legislatif, ada beberapa anggota DPRK yang juga ikut serta, diantaranya Ketua DPRK Arif Fadillah, Ilmiza dan Sabri Badruddin. [AW|MKK|Ril]