Banda Aceh, Tuan Rumah Rakernas ‘Kota Pusaka’ 2016

29 Mei 2015

Foto: Humas Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh


Banda Aceh – Kota Banda Aceh akan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2016. Hal ini sudah diputuskan dalam Kongres JKPI ke III di Baubau, Sulawesi Tenggara.

“Peserta kongres juga sepakat menunjuk Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah untuk penyelenggaraan Rakernas JKPI tahun 2016 nanti,” kata Kabag Humas Setda Kota Banda Aceh, Marwan, Jumat 29 Mei 2015.

Selain menunjuk Banda Aceh sebagai tempat Rakernas, kongres yang berlangsung dari 25 hingga 28 Mei 2015 kemarin, juga menetapkan Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Saaduddin Djamal sebagai Presidium JKPI periode 2015-2017.

Dua presidium lainnya yang juga terpilih dalam kongres, sekaligus mendampingi Illiza adalah AS Tamrin (Wali Kota Baubau) dan Anak Agung Gede Agung Bharata (Bupati Gianyar).

Dalam kesempatan itu, Illiza juga tampil sebagai salah satu panelis pada sesi World Culture Forum, yang menyampaikan materi presentasi dengan tema ‘Banda Aceh Kota Tua Pusaka Raja’.

Pada sesi ini Wali Kota Banda Aceh menyampaikan tentang sejarah perjalanan Kota Banda Aceh dari masa ke masa. “Juga kesiapan Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah Rakernas JKPI tahun 2016,” sebut Marwan.

Kecuali pemilihan presidium, kegiatan bertema ‘Pusaka Masa Depan’ juga diisi beberapa acara lainnya seperti forum diskusi World Culture, Pameran Expo Heritage, Carnaval dan Pagelaran Seni yang diikuti oleh masing-masing tim kesenian dari kota dan kabupaten anggota JKPI.

Kegiatan ini digelar dalam rangka menuju Indonesia sebagai pusaka masa depan (future heritage), organisai jaringan kota pusaka. Kegiatan ini terselenggara berkat bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata. [SM]