Banda Aceh Siapkan Sistem Informasi Online

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh akan menerapkan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) online, atau perangkat database berbasis website berisi layanan bagi masyarakat dan pemerintahan gampong (Desa).

Lewat situs ini nanti juga memudahkan update data kependudukan secara dinamis, layanan pemberitahuan jadwal bagi ibu hamil, menyusui dan orangtua si anak melalui pesan singkat serta akses data bagi seluruh stakeholder sebagai baseline dalam perencanaan pembangunan.

“Sebagai sebuah sistem, semuanya akan diintegrasikan dari data kependudukan yang bebasis dari SIAK agar database dalam SIPBM bisa digunakan oleh semua stakeholder,” kata Isra Safril, Aceh Social Protection Officer-Katahati Institute di Banda Aceh, baru-baru ini.

SIPBM online merupakan programme cooperation agreement (PCA) atau perjanjian kerjasama program antara UNICEF selaku donor, dengan Katahati Institute sebagai lembaga pelaksana dan bertanggung jawab dalam program perlindungan sosial Aceh hingga Desember 2015.

Isra telah mengadakan pertemuan dengan para camat se-Banda Aceh di Balai Kota beberapa hari lalu guna membahas SIPBM Online. Selain Pemko menyiapkan SIPBM online, menurutnya, Bappeda Aceh juga akan melahirkan rencana aksi perlindungan sosial Aceh.

“Penerapan program SIPBM online ini sebagai langkah bagi Pemerintah Gampong guna adanya data kependudukan detail yang masih tertinggal, karena selama ini pasca survey atau pendataan, tidak ada data penduduk detail,” katanya.

Program ini dijalankan dalam tiga tahapan yakni jangka pendek, menengah dan jangka panjang. [SM]