Banda Aceh Raih Anugerah Web Terfavorit 2015

29 Agustus 2015

Foto: Dok Humas Banda Aceh

Foto: Dok Humas Banda Aceh

Jakarta – Website resmi milik Pemerintah Kota Banda Aceh, menuai prestasi. Laman www.bandaacehkota.go.id menjadi website terfavorit dalam ajang KABTA Web Awards 2015.

Situs pemko jadi pilihan favorit pembaca situs beritasatu.com, lembaga yang menggelar ajang anugerah tersebut. Bandaacehkota.go.id berhasil menyisihkan sejumlah situs milik pemkab dan pemko lain di Indonesia.

Kabag Humas Pemko Banda Aceh, Marwan mengatakan, pada ajang KABTA Web Awards, para pembaca beritasatu.com ikut berpartisipasi memilih web kabupaten/kota terbaik versi pembaca selama periode 4 Mei-31 Juli 2015.

“Dari hasil polling, terpilih 3 web kabupaten dan 3 web kota yang menjadi favorit pembaca. Website resmi Pemko Banda Aceh berhasil menjadi yang terfavorit,” kata Marwan, Sabtu, 29 Agustus 2015.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE di Gedung Beritasatu Plaza, Jakarta, Jumat 28 Agustus 2015.

Marwan yang ikut mendampingi wali kota saat itu menyebutkan, tim penilai mengapresiasi pengelola website kota/kabupaten karena memiliki semangat yang tinggi dalam pembaharuan website.

Wali Kota Illiza mengatakan, penghargaan ini semakin memotivasi pemko untuk lebih gencar berdakwah daemi mewujudkan Banda Aceh sebagai Model Kota Madani, dan memberikan informasi kinerja Pemko Banda Aceh kepada masyarakat.

“Di era yang serba digital ini, tentu keberadaan sebuah website resmi pemerintah sangat berperan penting dalam mempromosikan wisata Kota Banda Aceh serta sebagai salah satu wadah untuk menampung aspirasi warga,” katanya.

Berdasarkan data Apkasi dan Apeksi, terdapat 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 369 web kabupaten dan 96 web kota memenuhi syarat untuk dinilai pada ajang KABTA Web Awards 2015.

Adapun enam kabupaten dan enam kota yang berhak atas penghargaan “Web Kabupaten/Kota Terfavorit” adalah Aceh Jaya, Simeulue dan Tabanan (Web Kabupaten Terfavorit). Untuk Web Kota Terfavorit diraih Banda Aceh, Denpasar dan Cilegon.

Sementara untuk kategori web kabupaten/kota terbaik, tim penilai menetapkan lima kriteria penilaian yakni dari segi konten, navigasi, aksesibilitas, estetika dan aktualitas dengan website New York City sebagai acuannya.

Penghargaan Web KabupatenTerbaik jatuh kepada, Bojonegoro, Banyuwangi, Karanganyar, Kerawang, Trenggaleh dan Pulau Morotai (Kabupaten). Selanjutnya Web Kota Terbaik diraih oleh Kota Malang, Kota Administrasi Jakarta Timur, Surabaya, Surakarta, Padang Panjang dan Denpasar.

KABTA Web Awards 2015 yang digelar oleh Beritasatu.com ini merupakan suatu upaya untuk memberikan apresiasi kepada Pemkab dan Pemko seluruh Indonesia dalam pengelolaan website resmi pemerintahan, dan sebagai salah satu upaya untuk mendorong terciptanya transparansi pemerintahan daerah. [SM]