Banda Aceh Peringati Hari Yatim Sedunia

3 Juli 2015

Foto: Humas Kota Banda Aceh

Foto: Humas Kota Banda Aceh


Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh kembali memperingati Hari Yatim Sedunia. Bersama Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan IDB ini, berbagai aksi melibatkan anak yatim digelar di Balai Kota, Kamis 2 Juli 2015 atau bertepatan 15 Ramadan 1436 Hijriah.

Di antaranya aksi baca Al Quran, saritilawah, lomba puisi, pidato bahasa Inggris, buka puasa bersama serta pembagian paket santunan kepada 250 anak yatim.

Direktur OKI perwakilan Aceh, Muqni Affan mengatakan, OKI telah menginisiasi 15 Ramadhan sebagai Hari Yatim Sedunia dalam sidang tahunan tingkat menteri luar negeri ke-40 di Conakry, Guinea.

Berdasarkan resolusi tersebut, katanya, OKI menyampaikan keputusan tersebut kepada semua pemerintah di 57 negara anggota, LSM dan organisasi-organisasi amal yang ada di seluruh negara anggota untuk memperingati Hari Yatim Sedunia Islam.

“Tujuan kita sama, mengajak semua pihak untuk memikirkan dan mengambil peran dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian kepada anak-anak yatim di seluruh dunia,” sebutnya seraya menambahkan, hingga kini pihaknya telah memberikan bantuan aktif kepada 2.300 anak yatim se-Aceh, dan 700 di antaranya berada di Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE dalam sambutannya mengucapkan rasa syukurnya karena telah dapat kembali berkumpul bersama-sama dengan anak-anak yatim untuk saling berbagi dan menyantuni mereka.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat sedikit meringankan dan memberikan kebahagian bagi mereka sama seperti yang dirasakan oleh anak-anak lainnya yang masih memiliki kedua orang tuanya,” kata Illiza.

Mewujudkan Kota Banda Aceh yang ramah dan memberikan perlindungan kepada anak yatim adalah salah satu prioritas dari Pemerintah Kota Banda Aceh dan merupakan indikator penting di dalam membangun kota yang Madani. [SM]