Banda Aceh Gelar Festival Seni dan Budaya Islami

26 November 2015

Seni Budaya Islami2015
Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh kembali menggelar Festival Seni dan Budaya Islami bertempat di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengundang wisatawan, juga untuk mensukseskan Banda Aceh sebagai Kota Destinasi Wisata Islami Dunia. Even tahunan ini berlangsung dari tanggal 28 – 30 November 2015.

Kadisbudpar Kota Banda Aceh,Drs Rizha MM mengatakan Festival Seni dan Budaya Islami 2015 akan menampilkan macam kebudayaan tradisional dan kesenian masyarakat yang berbasis ke-Islaman yang dikemas secara modern sebagai upaya untuk berinovasi dalam mempublikasikan syiar Islam.

Festival Seni dan Budaya Islami 2015 Banda Aceh diklaim, berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Tahun ini lebih membangun ikatan persaudaraan (ukhuwah) dan syiar Islam untuk mempromosikan tradisi seni budaya yang telah diwariskan oleh leluhur yang bernafaskan Islam. “Selain itu juga untuk memperkenalkan seni budaya Islam modern sebagai upaya inovasi untuk menyebarkan dakwah Islam.”

Menurutnya, Banda Aceh adalah kota pusaka dan kota para raja yang menjadi salah satu kota spiritual yang memiliki nilai sejarah Islam yang kuat. Pada usianya 810 tahun Banda Aceh telah dikukuhkan sebagai kota destinasi wisata Islami dunia. “Festival Seni dan Budaya Islami salah satu bentuk even yang bisa menggaet wisata lokal maupun mancanegara,” tukasnya.

Lebih lanjut Rizha mengaku, ada banyak kegiatan yang akan disajikan pada festival seni dan budaya islami kali ini, di antaranya pagelaran Seni Budaya Islami, artis religi nasional, da’i kondang, tarian rapa’i, teatrikal Islami, musikalisasi puisi, tarian sufi, nasyid, home band religi hits dan komunitas dan lembaga penggiat seni dan budaya Islami. [AW]

Berikut sejumlah kegiatan di Festival Seni dan Budaya Islami;
• Perlombaan da’i dan tahfidz cilik.
• Festival Musik Religi
• Audio visual yang menampilkan slide show & video Islami tentang sejarah perkembangan Islam di Kutaradja
• Dimeriahkan artis nasional seperti Medina Group Ray Shareza (mantan Vokalis Nine Ball) dan Da’i Musisi Nasional Saktia Ari Seno (mantan Gitaris Sheila On7)