Banda Aceh Gelar Festival Anak Saleh Indonesia 2015

8 - 11 Juni 2015

Foto: Humas Banda Aceh

Foto: Humas Banda Aceh


Banda Aceh – Untuk menumbuh kembangkan kreativitas anak-anak, Pemerintah Kota Banda Aceh kembali menggelar Festival Anak Saleh Indonesia (FASI). Kegiatan tahunan ini Kota Banda Aceh akan berlangsung dari Senin hingga Kamis, 8-11 Juni 2015.

“Kegiatan kita pusatkan di Mesjid Baitusshalihin Ulee Kareng, dan beberapa titik lokasi yaitu di SD 56 Lamglumpang, dan Kantor Keuchik Ceurih,” kata Kasubbag Sosial Kemasyarakatan Bagian Keistimewaan Setdakota Banda Aceh M. Zaki Almubarak.

Festival ini akan diikuti 1.500-an peserta dari 54 TKA, TPA, TQA yang ada di Kota Banda, dan mempertandingkan 17 cabang lomba yang dibagi 37 nomor.

Menurutnya tujuan kegiatan ini selain untuk membentuk kader (generasi muda) Islam yang mampu menguasai dan menerapkan nilai-nilai ajaran qurani, sekaligus mempercepat proses penerapan syariat Islam di Kota Banda Aceh. Juga untuk memotivasi dan menggiatkan pengajian anak-anak di mesjid-mesjid, mushalla dan meunasah di gampong-gampong. “Kemudian, ajang ini juga kita manfaatkan untuk menyeleksi peserta yang mewakili Kota Banda Aceh untuk FASI tingkat Provinsi dan Nasional,” sebutnya.

Dia berharap FASI dapat terus dilaksanakan sebagai bentuk komitmen pemko dalam menerapkan syariat Islam. “Menuju Banda Aceh Model Kota Madani yang kita idam-idamkan.

Adapun cabang-cabang yang yang diperlombakan pada FASI 2015 ini adalah: Tartil Al quran, Adzan dan Iqamah, peragaan shalat berjamaah, ikrar dan lagu islami (nasyid), cerdas cermat Alquran, mewarnai gambar, ceramah Islam bahasa Indonesia, dan peragaan shalat perorangan.

Berikutnya lomba menggambar, hafalan surat pendek dan ayat pilihan, tilawah Alquran, hafalan/tahfidz juz’amma, terjamah lafdziyah, kisah Islami, kaligrafi, baca kitab arab melayu, serta peragaan shalat jenazah. [SM]