Aceh Siapkan 19 Ribu Ekor Hewan Qurban

11 September 2016

Foto: Yayan

Foto: Yayan

Banda Aceh – Sebanyak 19 ribu ekor hewan qurban disiapkan di Aceh untuk menghadapai hari raya Idul Adha 1437 H atau pada 12 September 2016. Hewan-hewan qurban ini merupakan ternak lokal berupa sapi, kerbau dan kambing.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dsiperindag) Aceh, Arifin Hamid mengatakan pihaknya memastikan ketersediaan hewan qurban dengan kualitas baik. persediaan ternak untuk hari meugang dan qurban di Aceh dipastikan cukup untuk memenuhi permintaan masayarakat di daerah setempat. “Selain ada petugas yang sudah dilatih untuk memastikan kesehatan hewannya, semua hewan qurban yang ada adalah hewan lokal dengan bibit unggul,” katanya Kamis 8 September 2o16 lalu.

Selain itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh mengatakan harga daging sapi pada hari ‘meugang’ Hari Raya Idul Adha tidak akan melonjak seperti lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah. Harga daging sapi yang dijual di pasaran saat ini berkisar antara Rp120 ribu per kilogram hingga Rp130 ribu per kilogram.

“Masyarakat akan mendapat daging qurban di hari pertama Idul Adha atau hari kedua, sehingga permintaan daging di pasaran kemungkinan akan sedikit menurun.” [Yayan]